Tendon Achilles pecah

KUTULIS INFOPecah tendon Achilles (uh-KILL-eez) adalah cedera yang memengaruhi punggung kaki bagian bawah Anda. Ini terutama terjadi pada orang yang bermain olahraga rekreasi, tetapi itu bisa terjadi pada siapa saja.


Tendon Achilles adalah tali fibrosa yang kuat yang menghubungkan otot-otot di belakang betis Anda dengan tulang tumit Anda. Jika Anda meregangkan tendon Achilles Anda, tendon Achilles Anda dapat robek (pecah) sepenuhnya atau hanya sebagian.
Jika tendon Achilles Anda pecah, Anda mungkin mendengar bunyi letusan, diikuti dengan rasa sakit yang langsung terasa di bagian belakang pergelangan kaki dan kaki bagian bawah yang kemungkinan akan memengaruhi kemampuan Anda untuk berjalan dengan benar. Pembedahan sering dilakukan untuk memperbaiki ruptur.Namun, bagi banyak orang, perawatan non-bedah juga berhasil.

Gejala

Meskipun mungkin untuk tidak memiliki tanda atau gejala dengan ruptur tendon Achilles, kebanyakan orang memiliki:
  • Perasaan ditendang di betis
  • Nyeri, mungkin parah, dan bengkak di dekat tumit
  • Ketidakmampuan untuk menekuk kaki ke bawah atau "mendorong" kaki yang terluka saat berjalan
  • Ketidakmampuan untuk berdiri di atas jari-jari kaki yang terluka
  • Suara letupan atau gertakan saat cedera terjadi

Kapan menemui dokter Anda

Segera dapatkan saran medis jika Anda mendengar bunyi letupan di tumit Anda, terutama jika Anda tidak dapat berjalan dengan benar sesudahnya.

Penyebab

Tendon Achilles Anda membantu Anda mengarahkan kaki ke bawah, berdiri dengan jari-jari kaki dan mendorong kaki saat berjalan. Anda mengandalkannya setiap kali Anda berjalan dan menggerakkan kaki Anda.
Pecah biasanya terjadi pada bagian tendon yang terletak dalam 2 1/2 inci (sekitar 6 sentimeter) dari titik di mana ia melekat pada tulang tumit. Bagian ini mungkin rentan pecah karena aliran darah yang buruk, yang juga dapat mengganggu kemampuannya untuk sembuh.
Pecah sering disebabkan oleh peningkatan tiba-tiba pada stres pada tendon Achilles Anda. Contoh umum termasuk:
  • Meningkatkan intensitas partisipasi olahraga, terutama dalam olahraga yang melibatkan lompat
  • Jatuh dari ketinggian
  • Melangkah ke dalam lubang

Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko pecahnya tendon Achilles meliputi:
  • Usia. Usia puncak untuk ruptur tendon Achilles adalah 30 hingga 40 tahun.
  • Seks. Ruptur tendon Achilles hingga lima kali lebih mungkin terjadi pada pria daripada pada wanita.
  • Olah raga rekreasi. Cedera tendon Achilles lebih sering terjadi selama olahraga yang melibatkan berlari, melompat, dan mulai tiba-tiba dan berhenti - seperti sepak bola, bola basket dan tenis.
  • Suntikan steroid. Dokter terkadang menyuntikkan steroid ke sendi pergelangan kaki untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Namun, obat ini dapat melemahkan tendon di dekatnya dan telah dikaitkan dengan ruptur tendon Achilles.
  • Antibiotik tertentu. Antibiotik fluorokuinolon, seperti ciprofloxacin (Cipro) atau levofloxacin (Levaquin), meningkatkan risiko pecahnya tendon Achilles.
  • Kegemukan. Kelebihan berat badan menyebabkan ketegangan pada tendon.

Pencegahan

Untuk mengurangi peluang Anda mengembangkan masalah tendon Achilles, ikuti tips ini:
  • Regangkan dan perkuat otot betis.Regangkan betis Anda sampai Anda merasakan tarikan yang nyata tetapi tidak sakit. Jangan terpental saat melakukan peregangan.Latihan penguatan betis juga dapat membantu otot dan tendon menyerap lebih banyak kekuatan dan mencegah cedera.
  • Variasikan latihan Anda. Berganti-ganti olahraga berdampak tinggi, seperti berlari, dengan olahraga berdampak rendah, seperti berjalan, bersepeda atau berenang. Hindari aktivitas yang memberi tekanan berlebihan pada tendon Achilles Anda, seperti berlari di bukit dan aktivitas melompat.
  • Pilih permukaan yang berjalan dengan hati-hati. Hindari atau batasi berlari di permukaan yang keras atau licin.Pakaian yang layak untuk pelatihan cuaca dingin, dan kenakan sepatu atletik yang pas dengan bantalan yang tepat di tumit.
  • Tingkatkan intensitas latihan secara perlahan. Cedera tendon Achilles umumnya terjadi setelah peningkatan intensitas latihan yang tiba-tiba.Tingkatkan jarak, durasi dan frekuensi pelatihan Anda dengan tidak lebih dari 10 persen setiap minggu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel