Penurunan berat badan: Seberapa pentingkah makan pagi?

KUTULIS INFOSatu studi baru tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa makan makanan pertama hari itu dapat membantu menurunkan berat badan.

Penurunan berat badan: Seberapa pentingkah makan pagi?

Setiap hari, orang-orang di seluruh dunia duduk di meja untuk menikmati apa yang oleh banyak orang dianggap sebagai "makanan terpenting hari ini."
Tradisi sarapan bervariasi: mereka yang berasal dari Amerika Serikat dan Inggris cenderung menyukai telur dan daging, sedangkan yang di Italia dan Prancis sering lebih suka croissant.
Terlepas dari apa yang orang pilih untuk sarapan, banyak orang melihat makanan ini sebagai bagian penting dari hari itu.
Ini karena memberi tubuh nutrisi dan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari. Yang mengatakan, perdebatan tentang peran sarapan dalam kesehatan telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Mitos sarapan terbantahkan

Sebuah studi baru - temuan yang muncul di BMJ - tidak melihat bukti untuk mendukung gagasan bahwa makan sarapan adalah strategi yang baik untuk menurunkan berat badan, atau melewatkan sarapan memiliki efek sebaliknya.
Beberapa penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa makan sarapan dapat membantu seseorang mempertahankan berat badan yang sehat. Tim peneliti Jepang, misalnya, menemukan bahwa melewatkan sarapan lebih kuat terkait dengan obesitas daripada makan malam dalam waktu 3 jam sebelum tidur.
Kami harus menafsirkan temuan ini dengan hati-hati, karena keterbatasan penelitian. Sebagai contoh, para peneliti tidak mempertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi orang untuk sarapan. Pilihan gaya hidup dan makanan individu memainkan peran penting dalam manajemen berat badan.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hubungan antara sarapan dan perubahan berat badan, tim peneliti dari Universitas Monash di Melbourne, Australia, menganalisis 13 uji coba terkontrol secara acak - kebanyakan dari AS dan Inggris - dari 28 tahun terakhir.
Temuan ini membantah dua mitos:
  • Pertama, mereka tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa makan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan karena pembakaran kalori yang efisien sejak dini untuk mencegah makan berlebihan di kemudian hari.
  • Kedua, mereka menemukan bahwa melewatkan sarapan tidak terkait dengan orang yang merasa lebih lapar.

Tidak ada pendekatan 'satu ukuran untuk semua'

Partisipan adalah pemakan sarapan kebiasaan dan tidak higienis dengan bobot tubuh yang berbeda. Tim menemukan bahwa total asupan energi harian lebih tinggi pada orang yang makan sarapan daripada mereka yang melewatkannya. Juga, orang yang melewatkan sarapan, rata-rata, 0,44 kilogram (0,97 pon) lebih ringan.
Beberapa uji coba difokuskan pada efek makan atau melewatkan sarapan dan perubahan pada berat badan . Yang lain melihat dampak sarapan pada asupan energi harian. Mengingat kualitas penelitian yang bervariasi, penulis penelitian memperingatkan bahwa kita harus menafsirkan temuan dengan hati-hati.
Meskipun ada beberapa keterbatasan, penulis penelitian menjelaskan bahwa bukti yang dikumpulkan oleh semua penelitian yang dilakukan hingga saat ini tidak mendukung diet untuk orang dewasa yang termasuk makan sarapan sebagai strategi yang baik untuk menurunkan berat badan. Penulis menyimpulkan:
"Meskipun makan sarapan secara teratur dapat memiliki efek penting lainnya, kehati-hatian diperlukan ketika merekomendasikan sarapan untuk menurunkan berat badan pada orang dewasa, karena mungkin memiliki efek sebaliknya."
Dalam sebuah opini yang terkait dengan penelitian ini, Tim Spector - yang adalah profesor epidemiologi genetik di King's College London di Inggris - mengingatkan kita bahwa makan atau melewatkan sarapan mungkin memiliki efek berbeda pada orang yang berbeda karena kita semua memiliki metabolisme yang unik.
Dia berkata, "Tidak ada 'satu ukuran yang cocok untuk semua,' dan pedoman diet lambat bergerak yang diisi dengan informasi yang keliru terlihat semakin kontraproduktif dan mengurangi pesan-pesan kesehatan yang penting."
"Sambil menunggu pedoman untuk berubah, tidak ada salahnya dilakukan dalam mencoba eksperimen pribadi Anda dalam melewatkan sarapan," Prof. Spector menyimpulkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penurunan berat badan: Seberapa pentingkah makan pagi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel