Cara mengontrol diabetes: Kurangi asupan daging

KUTULIS INFOManfaat potensial dari makan pola makan nabati telah berkembang sekali lagi. Sebuah makalah baru menyimpulkan bahwa, bagi penderita diabetes, memotong produk hewani meningkatkan kontrol glukosa dan kesejahteraan selain meningkatkan penurunan berat badan.


Cara mengontrol diabetes: Kurangi asupan daging


Selama beberapa tahun terakhir, vegetarianisme dan veganisme telah berangsur-angsur bergerak dari pinggiran ke arus utama.
Dengan banyak menyebutnya sebagai pilihan yang lebih menyehatkan, para peneliti tampaknya menambahkan bukti yang mendukung pola makan nabati setiap minggu.
Studi terbaru untuk meneliti efek dari asupan daging yang dikurangi dianggap dampaknya pada penderita diabetes .
Secara khusus, para ilmuwan ingin memahami apakah mengurangi asupan makanan hewani dapat membantu meningkatkan kontrol glukosa dan keseluruhan kesejahteraan psikologis.Untuk menyelidiki ini, mereka menganalisa kembali dan menggabungkan data dari studi yang ada.

Diabetes: Fisik dan mental

Diabetes tidak perlu diperkenalkan. Di Amerika Serikat, itu mempengaruhi sekitar 9,4 persen dari populasi, dengan hampir 15 persen orang dewasa di beberapa negara memiliki diagnosis diabetes.
Adalah mungkin untuk memoderasi dampak negatif diabetes tipe 2 dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup, tetapi, tanpa kontrol yang tepat, bisa ada konsekuensi berat. Misalnya, diabetes meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, nefropati (kerusakan ginjal), dan kehilangan penglihatan.
Selain dampak fisik diabetes, itu juga dapat memiliki efek psikologis yang besar. Penderita diabetes sering melaporkan tingkat kesejahteraan psikologis yang lebih rendah. Risikodepresi di antara orang-orang dengan diabetes tipe 2 hampir dua kali lebih tinggi daripada populasi umum.
Aspek psikologis diabetes dapat menciptakan spiral negatif, karena depresi membuat lebih sulit bagi orang untuk makan dengan sehat, berolahraga secara teratur, dan mengikuti rutinitas pengobatan. Ini menyebabkan stres, yang bisa membuat depresi lebih buruk.
Dengan temuan ini dalam pikiran, penulis menyelidiki penelitian yang ada yang melihat bagaimana diet mempengaruhi kesejahteraan psikologis pada individu-individu ini.

Pola makan nabati

Ada bukti ilmiah bahwa makan daging merah dalam jumlah besar meningkatkan risiko diabetes tipe 2.Demikian pula, penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang kaya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian tetapi rendah dalam produk hewani dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini.
Akibatnya, para ahli sekarang mempertimbangkan pola makan nabati menjadi pilihan terbaik untuk mencegah dan mengendalikan diabetes.
Pada tahun 2018, Asosiasi Endokrinologis Klinis Amerika dan American College of Endocrinology merilis pedoman baru . Mereka menulis bahwa orang dengan diabetes "harus berusaha untuk mencapai dan mempertahankan berat badan optimal melalui rencana makan nabati."
Meskipun hubungan antara pola makan nabati dan dampak fisik diabetes cukup terdokumentasi dengan baik, lebih sedikit studi yang mencatat efek psikologis dari perubahan pola makan ini.
Untuk tujuan ini, para peneliti melakukan tinjauan. Secara total, mereka menemukan 11 uji coba terkontrol yang relevan dengan total 433 peserta. Hasil meta-analisis mereka ditampilkan baru-baru ini di jurnal BMJ .

Manfaat makan lebih sedikit produk hewani

Analisis menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi pola makan nabati atau vegan mengalami peningkatan signifikan dalam kesehatan fisik dan emosional mereka. Individu yang mengalami gejala depresi juga mencatat perbaikan.
Secara khusus, nyeri saraf ( neuropati ) yang berkaitan dengan diabetes meningkat lebih banyak pada kelompok berbasis tanaman dibandingkan kelompok eksperimental lainnya. Selain itu, kadar glukosa puasa turun lebih tajam, yang merupakan tanda peningkatan kontrol glukosa.
Demikian pula, kadar HbA1c - penanda glukosa darah rata-rata selama beberapa minggu atau bulan terakhir - juga menurun untuk orang-orang ini.
Penurunan berat badan meningkat pada peserta yang mengurangi asupan produk hewani; faktanya, mereka kehilangan hampir dua kali lipat beratnya. Selain itu, kadar lemak dalam darah turun lebih cepat dalam kelompok yang mengonsumsi pola makan nabati atau vegan.
Lemak dalam darah dan membawa kelebihan berat badan keduanya faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular, jadi ini merupakan temuan penting. Para penulis menyimpulkan:
"Pola makan nabati yang disertai dengan intervensi pendidikan dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan psikologis, kualitas hidup, tingkat HbA1c, dan berat badan, dan oleh karena itu manajemen diabetes."
Dalam enam studi yang dianalisis para peneliti, individu yang mengikuti pola makan nabati atau vegan mampu menghentikan atau mengurangi pengobatan mereka untuk diabetes atau tekanan darah.
Temuan ini mendukung klaim sebelumnya dari manfaat fisik dari diet nabati. Namun, ketika menyangkut faktor psikologis, bukti kumulatif, hingga saat ini, agak kurang. Penelitian ini menambah badan penelitian yang ada, tetapi, seperti dicatat oleh penulis, "Studi yang disertakan memiliki ukuran sampel yang agak kecil." Lebih banyak pekerjaan akan diperlukan.
Penelitian telah menunjukkan bahwa membatasi asupan daging dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan memberikan orang yang memiliki diabetes lebih mengontrol kadar gula darah mereka. Sekarang, tampaknya itu juga dapat membantu aspek psikologis penyakit.
Bergerak menuju pola makan nabati yang lebih banyak merupakan intervensi yang sederhana dan hemat biaya. Jika memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan emosional individu dengan diabetes, itu adalah intervensi yang layak diselidiki secara menyeluruh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel