Makan gandum utuh dapat mencegah diabetes tipe 2

KUTULIS INFOSebuah penelitian besar menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi biji-bijian jenis apa pun setiap hari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes tipe 2. Para peneliti mendorong orang untuk tidak keliru menghindari biji-bijian jika mereka berniat mengikuti diet rendah karbohidrat.

Makan gandum utuh dapat mencegah diabetes tipe 2

Para ilmuwan di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia, menyelidiki data yang berhubungan dengan kesehatan dari puluhan ribu orang selama bertahun-tahun untuk memahami bagaimana makan gandum mempengaruhi risiko diabetes tipe 2 .
Studi sebelumnya, kata mereka, melihat terutama pada konsumsi satu jenis biji-bijian, yaitu gandum, dan menyarankan bahwa itu mungkin memiliki peran protektif melawandiabetes .
Namun, tim ingin melihat apakah berbagai jenis biji-bijian juga memiliki efek yang sama.
"Kebanyakan penelitian yang serupa dengan kami sebelumnya telah dilakukan di [Amerika Serikat], di mana orang-orang terutama mendapatkan gandum dari gandum," jelas peneliti senior Prof. Rikard Landberg.
"Kami ingin melihat apakah ada perbedaan antara sereal yang berbeda. Orang mungkin berharap akan ada, karena mengandung berbagai jenis serat makanan dan zat bioaktif, yang telah terbukti mempengaruhi faktor risiko untuk diabetes tipe 2."
Namun, seperti yang dilaporkan para peneliti dalam makalah penelitian yangdipublikasikan di The Journal of Nutrition , semua biji-bijian yang biasa dimakan tampaknya memiliki efek perlindungan positif yang sama.

Semua biji-bijian baik untuk Anda

Para ilmuwan bekerja dengan data yang dikumpulkan dari 55.465 peserta melalui studi diet Denmark, Kanker, dan kohort Kesehatan . Semua peserta berusia antara 50 dan 65 tahun dan bebas diabetes pada awal, dan mereka ditindaklanjuti selama rata-rata 15 tahun.
Ketika mereka bergabung dengan penelitian, mereka mengisi formulir di mana mereka memberikan rincian tentang kebiasaan diet mereka, yang termasuk berapa banyak biji-bijian - seperti gandum, gandum hitam, dan gandum - mereka makan setiap hari.
Para peserta juga menunjukkan jenis produk biji-bijian apa yang mereka konsumsi, seperti gandum hitam dan roti gandum lainnya, bubur oatmeal, dan muesli.
Untuk menentukan berapa banyak dari peserta ini yang kemudian mengembangkan diabetes, para peneliti juga menggunakan data dari daftar diabetes nasional Denmark.Sebanyak 7.417 peserta menerima diagnosis diabetes tipe 2 selama masa tindak lanjut.
Prof. Landberg dan tim mengungkapkan bahwa memakan semua jenis biji-bijian setiap hari tampaknya mencegah diabetes tipe 2.
Namun, mereka yang melaporkan mengonsumsi biji-bijian paling banyak setiap hari - setidaknya 50 gram setiap hari, atau sekitar satu porsi bubur oatmeal dan satu potong roti gandum - memiliki risiko paling rendah terkena diabetes.
Semakin sedikit biji-bijian yang dikonsumsi seorang peserta setiap hari, semakin besar risiko diabetesnya, para peneliti menjelaskan.
Di antara mereka yang mengonsumsi biji-bijian paling banyak setiap hari, risiko diabetes adalah 22 persen lebih rendah untuk perempuan dan 34 persen lebih rendah untuk laki-laki, dibandingkan dengan orang-orang yang melaporkan mengonsumsi paling sedikit biji-bijian.
"Adalah tidak biasa untuk dapat menyelidiki kisaran besar seperti itu ketika menyangkut berapa banyak biji-bijian yang dimakan orang," kata Prof. Landberg.
"Jika Anda membagi peserta Amerika menjadi empat kelompok, kelompok yang memakan biji-bijian paling banyak akan memiliki tingkat yang sama dengan kelompok yang memakan biji-bijian paling sedikit di Denmark. Di Eropa, Skandinavia makan paling banyak, Spanyol dan Italia, paling sedikit," dia menambahkan.

'Hasil penelitiannya jelas'

Para peneliti juga menjelaskan bahwa hasil mereka memperkuat saran diet yang ada untuk pencegahan diabetes, yang menunjukkan beralih dari produk yang terbuat dari tepung putih ke makanan gandum.
Mereka juga mencatat bahwa membuat perubahan pola makan lainnya - seperti menghindari daging merah - dapat membantu orang-orang tetap menderita diabetes.
"Hasil kami sejalan dengan saran diet, yang merekomendasikan mengganti makanan yang mengandung tepung putih untuk biji-bijian," kata Prof. Landberg.
"Anda mendapatkan manfaat kesehatan ekstra - tepung putih memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan, sementara gandum memiliki beberapa efek positif, di luar perlindungan terhadap diabetes tipe 2," tambahnya.
Selain itu, penulis memperingatkan bahwa beberapa orang mungkin salah menghindari makan biji-bijian sama sekali karena mereka ingin mengikuti diet rendah karbohidrat. Namun, mereka menjelaskan, tidak semua makanan yang tinggi karbohidrat juga berbahaya.
"Karbohidrat adalah kelompok makanan yang sangat bervariasi, termasuk gula, pati, dan serat," kata Prof. Landberg, menambahkan, "Kita harus membahas ini secara lebih individual, dan tidak membuangnya bersama dalam satu kelompok, karena mereka memiliki efek yang sama sekali berbeda pada kami fisiologi dan kesehatan."
"Ketika datang ke biji-bijian," ia menyimpulkan, "hasil penelitiannya jelas: di antara banyak penelitian yang telah dilakukan, dalam berbagai kelompok orang di seluruh dunia, belum ada satu studi pun yang menunjukkan kesehatan negatif. efek. "

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makan gandum utuh dapat mencegah diabetes tipe 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel