Karbohidrat apa yang harus Anda hindari?

KUTULIS INFOKarbohidrat telah lama menjadi bahan perdebatan di kalangan peneliti, terutama yang berkaitan dengan apa mereka dan apakah mereka sehat.

Karbohidrat apa yang harus Anda hindari?

Karbohidrat , lemak, dan protein membentuk tiga kelompok makronutrien yang merupakan komponen penting dari diet apa pun.
Namun demikian, ada berbagai jenis karbohidrat dan penting untuk mengetahui perbedaan di antara mereka untuk memahami makanan mana yang harus dimakan dan mana yang sebaiknya dihindari.

Karbohidrat sederhana vs. kompleks

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh dan merupakan bagian penting dari diet sehat apa pun.
Berbagai jenis karbohidrat bervariasi dalam hal dampaknya terhadap kesehatan seseorang.
Serat, pati, dan gula adalah semua karbohidrat.
Ada tiga kelompok besar karbohidrat:
  1. Monosakarida : Ini adalah bentuk karbohidrat yang paling mendasar.Contoh monosakarida termasuk glukosa dan fruktosa.
  2. Disakarida : Ini adalah dua molekul monosakarida yang terikat bersama. Contohnya termasuk laktosa dan sukrosa.
  3. Polisakarida : Ini mengacu pada rantai lebih dari dua molekul monosakarida yang terikat bersama. Contohnya termasuk serat dan pati.
Monosakarida dan disakarida membentuk berbagai jenis gula dan dikenal sebagai karbohidrat sederhana. Mereka menyediakan sumber energi yang cepat.
Serat dan pati terbuat dari polisakarida dan dikenal sebagai karbohidrat kompleks. Mereka mengandung rantai molekul yang lebih panjang yang membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk memecah dan mencerna.
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks umumnya lebih bergizi daripada makanan yang mengandung karbohidrat sederhana.Contoh karbohidrat kompleks termasuk makanan biji-bijian dan sayuran.Contoh karbohidrat sederhana termasuk sirup jagung, soda, dan kue.

Cara makan karbohidrat dengan cara yang sehat

Banyak orang memilih untuk mempertahankan diet rendah karbohidrat atau memangkas karbohidrat sepenuhnya.
Namun, bukanlah ide yang baik untuk melakukan diet rendah atau tanpa karbohidrat kecuali dokter menyarankan secara khusus, karena ini mungkin tidak bermanfaat bagi sebagian orang.
Karbohidrat adalah makronutrien penting dan sumber energi yang berharga.
Namun, diet yang sehat harus mencakup karbohidrat kompleks yang lebih bergizi daripada karbohidrat sederhana yang mengandung sedikit atau tidak ada nilai gizi.
Sangat mudah untuk menggantikan banyak jenis karbohidrat sederhana dengan alternatif yang lebih sehat.Sebagai contoh:
  • Ganti minuman bersoda atau jus buah yang terbuat dari konsentrat dengan air atau jus buah alami.
  • Pilih buah utuh alih-alih makanan yang kaya akan gula tambahan, seperti kue atau kue kering.
  • Makan pasta gandum utuh, couscous gandum, atau quinoadaripada pasta putih.
  • Tukar roti putih untuk roti gandum utuh, atau bungkus.
  • Camilan kacang, bukan keripik kentang.
Banyak produsen makanan menawarkan versi 'rendah karbohidrat' dari produk mereka. Namun, ketahuilah bahwa beberapa mungkin sangat diproses dan mengandung pemanis buatan, pengemulsi, dan aditif tidak sehat lainnya.
Beberapa produk ini mengandung banyak kalori dan tidak memiliki manfaat gizi. Ini karena produsen sering memindahkan biji-bijian dan menggantinya dengan pengisi lainnya.
Diet seimbang harus mencakup karbohidrat kompleks alami yang belum diolah yang kaya nutrisi termasuk:
  • Sayuran
  • gila
  • kacang-kacangan
  • kacang polong
  • gandum utuh
Banyak dari makanan ini mengandung serat tinggi. Serat adalah nutrisi penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2pada beberapa orang. Mengganti makanan tinggi lemak jenuh atau gula dengan karbohidrat kompleks kaya serat juga merupakan cara efektif untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori.
Meskipun mengandung fruktosa, yang merupakan karbohidrat sederhana, buah-buahan sangat bergizi dan mengandung kadar tinggi vitamin , mineral, dan serat.
Meskipun jus buah alami mengandung kadar vitamin dan mineral yang tinggi, seratnya rendah. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah mengonsumsi jus buah secukupnya dan makan buah utuh sebagai gantinya.
Hindari jus buah yang terbuat dari konsentrat karena mengandung kadar tinggi gula tambahan. 

Bawa pulang

Karbohidrat sangat bergizi dan sumber energi yang berharga.
Namun demikian, penting untuk mengetahui perbedaan antara karbohidrat sederhana dan kompleks.
Batasi karbohidrat sederhana karena mereka tidak memuaskan rasa lapar dengan baik dan biasanya hadir dalam makanan dengan kandungan nutrisi rendah.
Tingkatkan jumlah karbohidrat kompleks karena mereka dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan biasanya sangat bergizi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karbohidrat apa yang harus Anda hindari?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel