Gejala penurunan nikotin dan cara mengatasinya

KUTULIS INFOKetika nikotin mulai meninggalkan tubuh setelah merokok, orang mengalami efek penarikan fisik dan psikologis.

Nikotin adalah zat adiktif yang ditemukan dalam produk tembakau, seperti rokok dan cerutu. Ini adalah obat yang dapat mempengaruhi fungsi otak seseorang.
Setelah tubuh beradaptasi dengan asupan nikotin biasa, orang akan berhenti merokok karena gejala penarikan nikotin yang tidak nyaman.
Gejala penurunan nikotin dan cara mengatasinya

Gejala putus napas biasanya memuncak setelah 1-3 hari dan kemudian menurun selama 3 - 4 minggu. Setelah waktu ini, tubuh telah mengeluarkan sebagian besar nikotin, dan efek penarikannya terutama bersifat psikologis.
Memahami gejala penarikan nikotin dapat membantu orang untuk mengelola ketika mereka berhenti merokok . Artikel ini akan membahas penarikan nikotin, termasuk gejala dan kiat tentang cara mengatasinya.

Apa itu penurunan nikotin?

Nikotin memiliki sejumlah efek yang berbeda pada tubuh seseorang.
Ketika seseorang menggunakan produk nikotin, seperti rokok, mereka menyerap nikotin melalui selaput hidung, mulut, dan paru-paru mereka.Dari lokasi-lokasi ini, ia memasuki aliran darah.
Ketika nikotin mencapai otak, ia mengaktifkan area - area yangberkaitan dengan perasaan senang dan memberi hadiah dan meningkatkan tingkat zat kimia yang disebut dopamine.
Nikotin juga mempengaruhi area di otak yang berhubungan dengan:
  • pernafasan
  • ingatan
  • nafsu makan
  • denyut jantung
Ketika orang menggunakan nikotin untuk jangka waktu yang panjang, itu menyebabkan perubahan keseimbangan pembawa pesan kimia di otak mereka.
Ketika seseorang berhenti menggunakan nikotin dengan cepat, mereka mengganggu keseimbangan kimia ini dan mengalami efek samping fisik dan psikologis, seperti mengidam dan suasana hati rendah.
Para ahli menggambarkan gangguan zat kimia otak ini sebagai kecanduannikotin , dan itu adalah bagian dari alasan mengapa orang merasa sangat sulit untuk mengurangi atau berhenti merokok

Gejala penarikan nikotin

Gejala-gejala penarikan nikotin bersifat fisik dan psikologis.
Efek samping fisik hanya berlangsung selama beberapa hari sementara nikotin meninggalkan tubuh, tetapi efek samping psikologis dapat berlanjut lebih lama.
Meskipun mungkin terasa tidak menyenangkan, penarikan nikotin tidak memiliki bahaya kesehatan yang terkait dengannya.
Gejala psikologis penarikan nikotin meliputi:
  • keinginan yang kuat atau keinginan untuk nikotin
  • lekas marah atau frustrasi
  • suasana hati rendah
  • kesulitan berkonsentrasi
  • kegelisahan
  • perubahan suasana hati
Orang-orang mungkin juga mengalami gejala-gejala fisik berikut dari penarikan nikotin:
  • sakit kepala
  • berkeringat
  • kegelisahan
  • tremor
  • kesulitan tidur
  • bangun di malam hari
  • nafsu makan meningkat
  • kram perut
  • masalah pencernaan, termasuksembelit
  • kesulitan berkonsentrasi

Timeline penarikan nikotin

Setiap orang memiliki pengalaman penarikan nikotin yang berbeda.
Beberapa orang mungkin merasakan efek samping fisik lebih kuat daripada yang lain. Beberapa akan mengalami gejala ringan selama beberapa hari, sedangkan yang lain mungkin memiliki keinginan dan gejala yang kuat yang berlangsung beberapa minggu.
Gejala penarikan ditetapkan antara 4 dan 24 jam setelah seseorang menghisap rokok terakhir mereka.Gejala-gejala memuncak sekitar hari ke-3 berhenti dan kemudian secara bertahap mereda selama 3 sampai 4 minggu berikutnya.
Bagi beberapa orang, mengidam bisa bertahan lebih lama daripada gejala lain, dan tempat-tempat akrab, orang-orang, atau situasi di mana seseorang yang terbiasa merokok dapat memicu mereka.
Dua jam setelah rokok terakhir, tubuh sudah melepas sekitar setengahnikotin. Tingkat nikotin terus menurun selama beberapa hari berikutnya hingga tidak lagi mempengaruhi tubuh.
Bersamaan dengan gejala penarikan, orang juga akan mulai memperhatikan perubahan positif. Ini bisa menjadi perbaikan dalam indera penciuman dan rasa mereka, kurang batuk, dan pernapasan yang lebih mudah, terutama ketika berolahraga.

Mengobati penarikan nikotin

Berhenti nikotin bisa sulit karena kecanduan itu bersifat fisik dan psikologis. Banyak orang mendapat manfaat dari berbagai macam dukungan selama periode penarikan nikotin.
Perawatan untuk penarikan nikotin termasuk:

Terapi penggantian nikotin

Terapi penggantian nikotin (NRT) adalah di mana seseorang berhenti menggunakan tembakau dan menggunakan salah satu zat berikut yang mengandung nikotin dalam jumlah yang lebih kecil sebagai gantinya:
  • mengunyah permen karet
  • patch kulit
  • inhalator
  • tablet
  • semprotan hidung atau mulut
Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa satu metode lebih efektif daripada metode lainnya.Menggabungkan berbagai jenis NRT dapat memiliki efek yang lebih kuat daripada satu metode saja.
Penelitian telah menemukan bahwa menggunakan NRT dapat meningkatkan kemungkinan berhenti sebesar 50 hingga 60 persen. Pada titik ini, seorang individu dapat secara bertahap mengurangi dosis nikotin sampai tidak diperlukan perawatan lebih lanjut.
NRT adalah pengobatan umum dan sukses untuk penarikan nikotin.Namun, banyak orang masih akan mengalami gejala penarikan tertentu, yang mungkin lebih kuat pada beberapa individu daripada yang lain.
Sementara efek samping dari NRT adalah mungkin, gejala penarikan dari nikotin tanpa NRT sering dapat menjadi lebih buruk. Kemungkinan efek samping dari NRT meliputi:
  • mual
  • pusing
  • insomnia
  • sakit kepala
  • ketidaknyamanan perut

Obat

Beberapa jenis obat dapat membantu mengobati penghentian nikotin, seperti:
  • Varenicline : Di bawah nama merek Chantix, obat ini dapat mengurangi hasrat dan menghalangi efek yang menguntungkan dari merokok.
  • Bupropion : Obat ini dijual sebagai Zyban, dan orang-orang juga menggunakannya sebagaiantidepresan . Baru-baru ini, itu telah digunakan untuk membantu mengurangi rasa lapar.

E-rokok

Rokok elektronik atau e-rokok mengandung nikotin, yang dikonsumsi sebagai uap tetapi tidak mengandung zat berbahaya yang sama seperti kebanyakan produk tembakau lainnya.E-rokok dapat digunakan sebagai pengganti produk tembakau tradisional.
Namun risiko kesehatan rokok-e rokok belum diketahui. Mereka mungkin kurang berbahaya daripada merokok tembakau, tetapi saat ini tidak ada penelitian yang cukup untuk mengkonfirmasi hal ini.

Konseling

Konseling dapat membantu beberapa orang mengatasi aspek psikologis dan fisik dari penarikan nikotin. Ini bisa menjadi tambahan yang berharga bersama NRT.
Konseling dapat membantu orang untuk mengidentifikasi dan mengatasi pemicu yang mencegah mereka berhenti.
Orang dapat melihat terapis atau bergabung dengan kelompok pendukung.

Kiat untuk mengatasi

Orang harus ingat bahwa banyak keinginan hanya akan berlangsung selama 15-20 menit . Ini berarti bahwa ketika seseorang merasakan keinginan datang, mereka dapat mengalihkan perhatian mereka sampai akhirnya berlalu.
Banyak orang menemukan kiat dan strategi berikut dapat membantu mereka mengatasi gejala-gejala penarikan nikotin:
  • mempersiapkan mental untuk realitas gejala penarikan
  • membuat daftar manfaat dari berhenti, dan membacanya kembali ketika ketagihan melanda
  • berolahraga lebih teratur selama penarikan, terutama sebagai pengalihan dari mengidam
  • menambahkan tekanan sosial dengan memberi tahu orang-orang tentang keputusan mereka untuk berhenti
  • menghindari pemicu, seperti minum alkohol atau mengunjungi tempat-tempat tertentu
  • bersikap realistis tentang berapa lama waktu berhenti merokok
  • mengambil hobi baru dan tetap sibuk
  • menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman yang tidak menggunakan nikotin

Pandangan

Gejala penarikan nikotin dapat menjadi tidak nyaman dan mungkin terasa luar biasa pada waktu tertentu, terutama pada minggu pertama. Beberapa orang kambuh karena ini atau takut mencoba berhenti.
Tetapi banyak orang berhasil mengatasi tantangan penarikan nikotin karena manfaat berhenti. Terkadang perlu beberapa kali mencoba sebelum seseorang menendang kebiasaan untuk selamanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gejala penurunan nikotin dan cara mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel