Bagaimana cara mengetahui apakah stres memengaruhi tidur Anda

KUTULIS INFOStres sering berdampak pada kualitas dan durasi tidur. Stres dan kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Para ahli merekomendasikan bahwa orang-orang bertujuan untuk tidur 7-9 jam setiap malam, tergantung pada usia dan faktor lainnya.

Bagaimana cara mengetahui apakah stres memengaruhi tidur Anda

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 35,2 persen orang dewasa di Amerika Serikat mendapatkan kurang dari 7 jam tidur setiap malam. Hal ini dapat menyebabkan defisit tidur yang menghasilkan masalah kesehatan fisik dan mental yang langgeng .
Peran tidur yang sebenarnya tidak jelas, tetapi penelitian menunjukkan bahwa ia memfasilitasi berbagai proses tubuh. Ini termasuk perubahan fisik, seperti perbaikan otot, dan tugas-tugas mental, seperti konsentrasi.

Efek tidur kurang

Tidak cukup tidur dapat menyebabkan suasana hati negatif, energi rendah, kesulitan berkonsentrasi, dan ketidakmampuan umum untuk berfungsi seperti biasa.
Kurang tidur dapat berakibat buruk dalam beberapa keadaan, seperti jika seseorang mengemudi atau mengoperasikan alat berat saat lelah.
Kadang-kadang malam tidur yang buruk tidak mungkin menyebabkan bahaya, tetapi kekurangan tidur yangpersisten dapat meningkatkan risiko beberapa kondisi kesehatan kronis.
Menurut laporan oleh CDC, orang-orang yang kurang dari 7 jam tidur per malam memiliki peningkatan risiko dari kondisi berikut:
  • kegemukan
  • penyakit jantung
  • diabetes
  • pukulan
  • depresi
  • radang sendi
  • penyakit ginjal
Meskipun berbagai faktor dapat menyebabkan kondisi ini, kurang tidur dapat berkontribusi pada perkembangan mereka.

Hubungan antara stres dan tidur

Stres memiliki banyak konotasi negatif, tetapi itu adalah respons yang telah berevolusi pada manusia dan hewan untuk memungkinkan mereka menghadapi situasi penting atau berbahaya.
Pada manusia, stres dapat menyebabkan sistem saraf pusat (CNS) melepaskan hormon, seperti adrenalin dan kortisol. Hormon-hormon ini meningkatkan denyut jantung untuk mensirkulasikan darah ke organ-organ vital dan otot secara lebih efisien, mempersiapkan tubuh untuk mengambil tindakan segera jika diperlukan.
Reaksi CNS ini dikenal sebagai respons fight-or-flight, dan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia selama tahap awal evolusi.
Saat ini, isu-isu yang bukan ancaman untuk bertahan hidup dapat memicu respons fight-or-flight. Misalnya, masalah di tempat kerja atau kesulitan hubungan.

Apa yang stres lakukan pada tubuh dalam jangka panjang

Adalah normal untuk merasa stres sesekali, tetapi perasaan stres yang kronis dapat menyebabkan CNS mempertahankan status gairah yang tinggi untuk waktu yang lama. Berada dalam kondisi ini dapat sangat memengaruhi kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang.
Salah satu efek stres adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan kurang tidur.Sering berada dalam keadaan kewaspadaan yang tinggi dapat menunda timbulnya tidur dan menyebabkan pikiran cepat dan cemas terjadi di malam hari. Tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan stres lebih lanjut.
Menurut survei National Sleep Foundation, 43 persen orang berusia 13-64 tahun telah dilaporkan terbangun di malam hari karena stres setidaknya sekali dalam sebulan terakhir.

Mengurangi tingkat stres untuk memperbaiki tidur

Dengan menurunkan tingkat stres mereka di malam sebelum tidur, banyak orang dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur mereka.
Perubahan gaya hidup di bawah ini dapat membantu mengurangi stres:

Meditasi mindfulness

Meditasi mindfulness adalah teknik relaksasi yang bertujuan untuk membuat orang lebih sadar akan saat ini. Tujuannya adalah untuk mengakui semua pikiran, perasaan, dan sensasi yang terjadi di dalam dan di luar tubuh tanpa bereaksi terhadapnya.
Penelitian telah menunjukkan bahwa teknik ini menawarkan beberapa manfaat untuk kesejahteraan mental.Sebuah tinjauan terhadap 47 percobaan, yang mencakup total 3.515 partisipan, menemukan bahwa meditasi kesadaran mengarah pada perbaikan kecil-ke-moderat dalamkecemasan , depresi, dan stres.
Lebih banyak penelitian berkualitas tinggi diperlukan untuk menentukan apakah kesadaran bekerja atau tidak sebagai perawatan klinis, tetapi mungkin merupakan metode yang bermanfaat di rumah bagi orang-orang untuk digunakan.
Mempraktekkan kesadaran selama 10–30 menit sebelum tidur dapat menjadi metode efektif untuk mengurangi stres dan memperbaiki tidur.

Olahraga

Latihan fisik adalah alat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan, serta memberikan manfaat fisik.
Penelitian menunjukkan bahwa efek latihan fisik pada kesejahteraan psikologis dapat membuatnya menjadi pengobatan yang cocok untuk gangguan kecemasan dan stres, mengurangi kebutuhan untuk mengejar perawatan lain.
Sebuah ulasan yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa aktivitas fisik efektif mengurangi gejala kecemasan dan stres.
Bukti lebih lanjut juga menunjukkan bahwa olahraga memiliki dampak langsung pada peningkatan kualitas tidur pada orang yang berusia di atas 40 tahun dengan kesulitan tidur.
Terlibat dalam latihan fisik intensitas sedang atau tinggi, seperti lari 30 menit, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Perubahan gaya hidup lainnya

Perubahan gaya hidup berikut juga dapat membantu beberapa orang mengurangi tingkat stres mereka:
  • beradaptasi dengan diet yang lebih sehat
  • menurunkan asupan kafein dan alkohol
  • menghindari mengambil pekerjaan di rumah atau memeriksa email kerja di malam hari
  • mencari dukungan dari teman dan keluarga
Mengurangi stres bisa sangat menantang. Penting untuk mengidentifikasi sumber stres, yang sering berkaitan dengan pekerjaan atau hubungan. Meskipun masalah ini bisa sulit dan lambat untuk diselesaikan, menghilangkan sumber stres sangat penting untuk menjadi lebih baik.

Bawa pulang

Stres dan tidur terkait erat. Stres dapat mempengaruhi kualitas dan durasi tidur, sementara kurang tidur dapat meningkatkan tingkat stres. Stres dan kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental yang langgeng.
Sangat penting bahwa orang-orang yang mengalami masalah dengan stres atau kurang tidur tidak mencoba untuk mengatasi masalah ini sendirian.
Para profesional kesehatan mental dapat memberikan perawatan dan bimbingan, dan teman-teman dan anggota keluarga dapat menawarkan dukungan tambahan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana cara mengetahui apakah stres memengaruhi tidur Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel