Apa sajakah makanan yang baik terhadap kulit?

KUTULIS INFOKelimpahan produk perawatan kulit ada di pasaran, tetapi rahasia untuk kulit yang sehat mungkin terletak pada pola makan seseorang.

Apa sajakah makanan yang baik terhadap kulit?

Banyak makanan yang bermanfaat bagi kulit mengandung:
  • -omega 3 asam lemak
  • asam lemak omega-6
  • vitamin E
  • antioksidan
Penelitian menunjukkan bahwa ini dan nutrisi dan senyawa lain dalam makanan tertentu dapat bermanfaat bagi kulit. Selain itu, hidrasi sama pentingnya untuk kesehatan kulit seperti pada bagian tubuh lainnya.
Sementara produk eksternal dapat membantu mengobati kondisi sepertijerawat , diet dapat memainkan peran langsung dalam memberi nutrisi pada kulit dan menjaganya tetap menyehatkan.

1. Ikan berlemak

Beberapa orang dengan masalah kulit menjauh dari makanan berlemak.Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua lemak sama.
Ikan berlemak air dingin, termasuk herring, sarden, dan salmon, dapat bermanfaat bagi kulit, karena mereka mengandung banyak sumber asam lemak omega-3.
Penulis studi dari tahun 2016 menemukan " bukti yang cukup besar " bahwa asam lemak omega-3 membantu mengurangi risiko kankerkulit non-melanoma , terutama pada orang yang memiliki risiko tertinggi.
Para peneliti menemukan bahwa asam mengurangi kerusakan dari radiasi ultraviolet (UV) dan penandaperadangan dan imunosupresi di kulit.Diet tinggi asam omega-3 dapat membantu mengurangi gejala peradangan dan membuat kulit kurang reaktif terhadap sinar UV dari matahari.
Ikan berlemak juga menyediakan vitamin E, antioksidan penting. Vitamin E melindungi kulit dari peradangan dan radikal bebas berbahaya.

2. Kenari

Kacang-kacangan dapat memberikan manfaat yang sama seperti ikan berlemak, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet, terutama untuk vegan dan vegetarian.
Kacang kenari adalah salah satu sumber terkaya asam lemak tak jenuh omega-3 dan omega-6, menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan pada tahun 2012.
Para penulis juga memperkirakan bahwa 95-99 persen dari populasi mengkonsumsi lebih sedikit asam lemak omega-3 daripada yang diperlukan untuk kesehatan yang baik.
Mempertahankan keseimbangan antara dua asam lemak ini sangat penting. Makanan khas Barat mengandung kadar lemak omega-6 yang berlebihan, yang dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk kondisi kulit yang meradang, seperti eksim atau psoriasis.

3. Almond

Almond kaya akan asam lemak tak jenuh, dan mereka adalah sumber vitamin E yang sangat baik.
Banyak biji yang kaya akan sumber antioksidan dan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

4. Biji bunga matahari

Seperti kacang, biji bunga matahari kaya akan minyak lemak pelindung.
Menurut angka dari Departemen Pertanian AS , biji bunga matahari juga mengandung sejumlah besar seng dan vitamin E. Keduanya dapat membantu melindungi sel-sel kulit.

5. Biji rami

Biji rami kaya asam lemak omega-3 yang disebut alpha-linolenic acid (ALA).
Menggiling biji rami segar menjadi smoothie atau salad adalah cara sederhana untuk menambahkan lebih banyak lemak omega-3 ke dalam diet dan menjaga kulit tampak sehat.
Penulis studi dari 2011 menemukan bahwa peserta perempuan dengan kulit sensitif yang mengambil suplemen minyak biji rami selama 12 minggu mengalami:
  • mengurangi sensitivitas kulit
  • mengurangi kekasaran
  • mengurangi skala
  • peningkatan hidrasi
  • kulit lebih halus

6. Kedelai

Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, yang mungkin memainkan peran penting dalam melindungi kulit, terutama untuk wanita.
Para penulis review dari 2017 mengutip temuan yang menunjukkan bahwa peserta wanita paruh baya yang mengkonsumsi lebih banyak isoflavon spesifik yang ditemukan dalam kedelai memiliki lebih sedikit kerutan halus dan lebih banyak elastisitas kulit.
Para penulis menyimpulkan bahwa isoflavon ini mungkin memiliki efek yang lebih signifikan selamamenopause , ketika berkurangnyakadar estrogen menyebabkan elastisitas kulit berkurang.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan vitamin E, yang mendukung kesehatan kulit.
Lemak dalam alpukat adalah lemak esensial, yang perlu dikonsumsi manusia karena tubuh tidak dapat menghasilkannya.
Penulis review dari 2013 mencatat bahwa alpukat juga mengandung senyawa seperti lutein dan zeaxanthin, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan radiasi UV dan terlihat.

8. Minyak zaitun

Di antara minyak goreng, minyak zaitun mungkin pilihan yang paling sehat untuk kulit.
Hasil studi dari 2012 mendukung kesimpulan yang lebih luas bahwa diet kaya minyak zaitun mengurangi efek fotoaging pada kulit wajah.
Para peneliti menghubungkan efek ini dengan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak, serta senyawa lain, seperti squalene, yang menurut penulis dapat melindungi terhadap kekeringan dan kerusakan dari radikal bebas.

9. Teh hijau

Teh hijau membuat minuman yang menyehatkan dan memberi energi, dan mengandung senyawa tertentu yang bermanfaat bagi kulit.
Menurut penulis studi dari 2011, teh hijau sangat kaya antioksidan yang disebut katekin, yang meningkatkan aliran darah ke kulit. Peningkatan aliran darah memastikan bahwa sel-sel kulit secara teratur menerima oksigen dan nutrisi segar, yang membantu menjaga kesehatan mereka.
Para peneliti menemukan bahwa peserta yang minum teh hijau secara teratur selama 12 minggu telah meningkatkan kesehatan kulit, termasuk:
  • elastisitas yang lebih baik
  • lebih sedikit kekasaran
  • mengurangi skala
  • peningkatan densitas kulit
  • jumlah air yang lebih menyehatkan di kulit
Antioksidan dalam teh hijau juga dapat melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya.

10. Cokelat hitam

Cokelat berkualitas tinggi dengan kandungan kakao tinggi juga dapat membantu melindungi kulit.
Penulis review dari 2014 mencatat bahwa kakao kaya akan antioksidan dan mineral yang memiliki efek anti-inflamasi pada kulit. Mereka juga mengeksplorasi penggunaan cokelat dalam pencegahan dan perawatan masalah kulit, termasuk jerawat dan psoriasis.

11. Air

Air mendukung fungsi setiap sistem dalam tubuh, dan bermanfaat bagi kulit dalam banyak hal.
Misalnya, tetap terhidrasi melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, termasuk yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Juga, hidrasi membuatnya lebih mudah bagi sel-sel kulit untuk menyerap nutrisi dan melepaskan racun.
Minum lebih banyak air mungkin merupakan cara termudah untuk mendukung kesehatan kulit.

12. Karoten dan beta-karoten

Antioksidan yang disebut karotenoid memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan paparan sinar matahari berlebihan.
Sayuran hijau, kuning, oranye, atau merah yang beraneka warna sering kali merupakan sumber yang kaya akan antioksidan pelindung ini.
Makan lebih banyak dari yang berikut dapat membantu meningkatkan jumlah karotenoid dalam diet:
  • mangga
  • pepaya
  • wortel
  • ubi jalar
  • ubi jalar
  • paprika
  • bayam
  • kubis

Hal-hal yang harus dihindari

Faktor diet dan gaya hidup berikut dapat merusak kulit:
  • Terlalu banyak kafein : Kafein adalah stimulan dan diuretik.Mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar secara teratur dapat menghilangkan sejumlah air yang tidak sehat dari tubuh dan mengeringkan kulit.
  • Bahan kimia keras : Untuk menenangkan flare-up atau mengobati sengatan matahari , seseorang dapat mengaplikasikan produk topikal yang mengandung bahan kimia, aditif, atau parfum yang keras. Ini dapat memperburuk banyak kondisi kulit, dan mereka mungkin sangat berbahaya bagi orang-orang dengan kulit sensitif.
  • Makanan olahan atau makanan olahan : Makanan yang mengandung gula dan karbohidratolahan dalam jumlah besar dapat mempercepat proses penuaan kulit. Orang yang ingin melindungi kulit mereka mungkin ingin menghindari makanan ini.

Bawa pulang

Sementara makanan tertentu lebih mungkin bermanfaat bagi kulit daripada yang lain, penting untuk menemukan keseimbangan.
Makan diet kaya berbagai antioksidan dan nutrisi memberi tubuh berbagai cara untuk mendukung kesehatan kulit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa sajakah makanan yang baik terhadap kulit?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel