Mengapa diet rendah karbohidrat mungkin tidak begitu baik untuk Anda

KUTULIS INFOSebuah studi dua bagian berskala besar yang sekarang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Public Health mengkaji efek asupan karbohidrat yang tinggi, sedang, dan rendah pada risiko kematian.


Karena semakin banyak orang yang khawatir dengan penurunan berat badan, prevalensi diet rendah karbohidrat meningkat.
Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa terlalu banyak karbohidrat dan terlalu sedikit dalam makanan kita mungkin menjadi perhatian.

Baca Juga : Sinestesia: Mendengar warna dan merasakan suara
Juga, menurut penelitian baru , jika Anda harus memilih antara dua jenis diet rendah karbohidrat, Anda harus memilih salah satu yang menggantikan karbohidrat dengan protein dan lemak yang berasal dari tumbuhan.
Diet semacam itu dapat membantu memperpanjang usia - tidak seperti diet yang menggantikan karbohidrat dengan protein hewani dan lemak.
Mengapa diet rendah karbohidrat mungkin tidak begitu baik untuk Anda

Dr. Sara Seidelmann, yang merupakan rekan klinis dan penelitian dalam kedokteran kardiovaskular di Brigham and Women's Hospital di Boston, MA, memimpin penelitian.
Menurutnya, "Diet rendah karbohidrat yang menggantikan karbohidrat dengan protein atau lemak mendapatkan popularitas yang luas sebagai strategi penurunan berat badan dan kesehatan.
"Namun, data kami menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat berbasis hewani, yang lazim di Amerika Utara dan Eropa, mungkin terkait dengan jangka hidup keseluruhan yang lebih pendek dan harus berkecil hati."
"Sebaliknya, jika seseorang memilih untuk mengikuti diet rendah karbohidrat, maka bertukar karbohidrat untuk lebih banyak lemak dan protein nabati mungkin benar-benar meningkatkan penuaan yang sehat dalam jangka panjang."
Sara Seidelmann

Mempelajari asupan dan mortalitas karbohidrat

Seidelmann dan rekannya menjelaskan motivasi untuk penelitian mereka. Studi sebelumnya, mereka mengatakan, telah menyarankan bahwa diet rendah karbohidrat baik untuk menurunkan berat badan dan kesehatan metabolik.
Namun, temuan ini hanya mengacu pada jangka pendek. Efek jangka panjang dari konsumsi karbohidrat yang rendah pada risiko kematian belum mendapatkan perhatian yang cukup di komunitas penelitian, dan studi yang telah meneliti materi menghasilkan hasil yang bertentangan.
Juga, penelitian belum melihat sumber lemak dan protein dalam diet rendah karbohidrat ini, dan dampaknya pada risiko kematian.
Untuk mengatasi hal ini, para peneliti mempelajari lebih dari 15.400 orang, berusia 45-64 tahun, yang terdaftar dalam Studi Risiko Atherosclerosis di Komunitas pada 1987-1989.
Para peserta studi laki-laki melaporkan asupan 600-4200 kilokalori per hari, rata-rata, sementara perempuan mengatakan bahwa mereka mengkonsumsi 500–3600 kilokaleri per hari.
Para peserta menjawab pertanyaan tentang kebiasaan diet mereka baik di awal penelitian dan 6 tahun kemudian, saat follow-up. Kuesioner ditanya tentang jenis makanan dan minuman apa yang dikonsumsi peserta, dalam porsi apa, dan dengan frekuensi apa.
Kemudian, para ilmuwan menganalisis hubungan antara konsumsi karbohidrat secara keseluruhan dan mortalitas dari penyebab apa pun.
Pada tahap kedua penelitian, tim melakukan meta-analisis terhadap penelitian kohort yang menyimpulkan lebih dari 430.000 orang dari seluruh dunia.

Diet menengah-karbohidrat, nabati mungkin ideal

Bagian pertama dari penelitian ini mengungkapkan bahwa asupan rendah karbohidrat (kurang dari 40 persen dari total asupan energi yang berasal dari karbohidrat) dan asupan yang tinggi (atau lebih dari 70 persen) berkorelasi dengan risiko kematian dini yang lebih tinggi.
Sebagai perbandingan, asupan karbohidrat moderat 50-55 persen dari total energi ditemukan berkorelasi dengan 4 tahun lagi harapan hidup, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi terlalu sedikit karbohidrat.
Bagian kedua dari penelitian ini memperkuat temuan ini dan menemukan bahwa mengganti karbohidrat dengan protein hewani dalam diet rendah karbohidrat berkorelasi dengan risiko kematian yang lebih tinggi daripada mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedang.
"Terlalu banyak dan terlalu sedikit karbohidrat dapat berbahaya tetapi yang paling penting adalah jenis lemak, protein, dan karbohidrat," kata rekan penulis studi Walter Willett, seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, MA.
Penulis studi senior Dr. Scott Solomon, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School, membebani temuan ini.

Baca Juga : Senyawa psikedelik memicu pengalaman mendekati kematian
"Pekerjaan ini," katanya, "memberikan studi paling komprehensif tentang asupan karbohidrat yang telah dilakukan hingga saat ini, dan membantu kita lebih memahami hubungan antara komponen-komponen khusus diet dan kesehatan jangka panjang."
"Sementara uji coba secara acak belum dilakukan untuk membandingkan efek jangka panjang dari berbagai jenis diet rendah karbohidrat, data ini menunjukkan bahwa beralih ke konsumsi berbasis tanaman lebih mungkin untuk membantu mengurangi penyakit morbid utama."
Dr. Scott Solomon

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa diet rendah karbohidrat mungkin tidak begitu baik untuk Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel