Lama duduk: Aktivitas singkat mengurangi risiko kesehatan

KUTULIS INFOMetaanalisis yang baru dipublikasikan telah menemukan bahwa istirahat singkat dari duduk yang lama dapat mengurangi beberapa efek metabolik buruk yang terkait dengannya. Tugas singkat aktivitas tingkat rendah dapat membuat perbedaan nyata.


Dalam masyarakat Barat, duduk untuk jangka waktu yang lama sekarang menjadi norma; di kantor, menonton televisi, bermain video game, hidup kita mudah diisi dengan aktivitas fisik.
Konsekuensi kesehatan negatif dari hidup menetap juga semakin jelas.
Seperti Dr. Meredith Peddie, rekan penulis studi baru, menjelaskan, "Sebagian besar dari kita menghabiskan sekitar 75 persen dari hari kita duduk atau menjadi tidak aktif, dan perilaku ini telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat diabetes , penyakit kardiovaskular, beberapa kanker , dan mortalitas secara keseluruhan. "

Baca Juga : Struktur sel seperti rambut dapat mendorong melanoma
Alasan pasti mengapa duduk yang lama tidak sehat tidak sepenuhnya diketahui, tetapi faktor-faktor metabolik tertentu dianggap berperan.
Misalnya, periode panjang dengan sedikit usaha mengurangi sensitivitas insulin dan toleransi glukosa, sementara meningkatkan kadar trigliserida - penyusun utama lemak tubuh - di dalam darah.
Lama duduk: Aktivitas singkat mengurangi risiko kesehatan

Mengurangi dampak dari duduk

Dr. Peddie memimpin sekelompok peneliti di Universitas Otago di Selandia Baru; mereka bergabung dalam upaya mereka oleh para ilmuwan dari Universitas Prince Edward Island dan University of Guelph, keduanya di Kanada.
Mereka berangkat untuk mengeksplorasi apakah perubahan kecil dalam perilaku mungkin efektif untuk meminimalkan beberapa efek metabolik dan vaskular negatif akut dari periode lama perilaku menetap.
Untuk menyelidiki, tim menilai 44 penelitian yang ada yang berfokus pada menyela duduk yang berkepanjangan dengan berbagai jumlah dan jenis gerakan. Temuan mereka dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Sports Medicine .
Lebih khusus lagi, mereka tertarik dengan efek hingga 24 jam duduk berkepanjangan setelah makan.Mereka mengukur pengaruhnya pada berbagai faktor, termasuk glukosa,insulin , dan kadar trigliserida, tekanan darah , dan fungsi vaskular.
Mereka membandingkan efek ini dengan individu yang duduknya terganggu dengan aktivitas ringan hingga sedang.
Mereka menemukan bahwa aktivitas intensitas cahaya setiap 30 menit memiliki efek yang signifikan.
Aktivitas fisik dari setiap intensitas ditunjukkan untuk mengurangi konsentrasi glukosa dan insulin dalam darah hingga 9 jam setelah makan.Demikian pula, kadar lemak dalam darah juga berkurang, tetapi ini hanya terjadi 12-16 jam setelah aktivitas dimulai.

Efek yang kuat dan positif

Dr. Peddie dan rekannya sangat terkejut bahwa perubahan bermanfaat yang mereka lihat tidak dipengaruhi oleh intensitas aktivitas atau usia atau berat masing-masing peserta.Demikian pula, jenis makanan yang dimakan sebelum duduk lama tidak mempengaruhi hasil, baik.
"Kita semua harus mencari cara untuk menghindari duduk dalam waktu lama, dan untuk meningkatkan jumlah gerakan yang kita lakukan sepanjang hari."
Meredith Peddie
Masih banyak lagi penelitian yang masih harus dilakukan untuk memahami bagaimana cara mengurangi dampak dari duduk yang lama.
Selanjutnya, para peneliti berharap untuk mengungkap lebih banyak informasi tentang bagaimana waktu istirahat berdampak pada hasil. Mereka juga ingin mengetahui aktivitas mana yang paling efektif, dan berapa lama sesi aktif yang diperlukan.

Baca Juga : Sinestesia: Mendengar warna dan merasakan suara
Namun, penelitian yang para ilmuwan analisis tidak mencatat cukup data pada tekanan darah dan pengukuran vaskular. Mereka berharap bahwa penelitian masa depan mungkin termasuk lebih banyak informasi tentang efek kardiovaskular duduk dengan atau tanpa istirahat aktif pendek.
Pesan yang dibawa pulang, bagaimanapun, sederhana: kita semua perlu berusaha untuk bergerak lebih banyak. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lama duduk: Aktivitas singkat mengurangi risiko kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel