Bisakah kamu minum kopi sambil menyusui?

KUTULIS INFOMenyusui bisa melelahkan, terutama pada periode hari-hari awal ketika seorang bayi mungkin tidur tidak teratur dan bangun berkali-kali setiap malam.
Secangkir kopi pagi mungkin membantu seseorang mengelolakurang tidur , tetapi banyak orang khawatir tentang efek kafein pada bayi mereka. Namun, kafein aman dalam jumlah sedang untuk orang yang sedang menyusui.
Dalam artikel ini, pelajari tentang minum kopi sambil menyusui, termasuk risiko, manfaat, dan sumber kafein lainnya.
Bisakah kamu minum kopi sambil menyusui?

Kopi dan menyusui

Banyak orang diberitahu untuk membatasi atau bahkan menghilangkan kafein selama kehamilan karena risiko kafein melintasi plasenta dan mempengaruhi janin yang sedang berkembang.Namun, kafein jauh lebih kecil kemungkinannya mempengaruhi bayi yang menyusui.
Tubuh memetabolisme sebagian besar kafein dalam kopi sebelum mencapai ASI atau memiliki kesempatan untuk mempengaruhi bayi.
Menurut Dr. Thomas Hale dalamPengobatan dan Susu Ibu , kafein adalah obat berisiko rendah dalam jumlah sedang. Hanya sekitar 1 persenkafein yang dikonsumsi wanita masuk ke ASInya, dan jumlah sangat kecil ini tidak cukup untuk membahayakan kebanyakan bayi.
Menyusui orang tua yang ingin mengambil pendekatan teraman harus mempertimbangkan membatasi asupan kafein hingga sekitar 300 miligram (mg) per hari, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) .Jumlah kafein ini setara dengan 2-3 cangkir kopi.
Bahkan konsumsi kafein lebih dari 300 mg tidak mungkin membahayakan bayi. Namun, CDC mencatat bahwa konsumsi kafein yang berlebihan lebih dari 10 cangkir sehari dapat menyebabkan gejala pada bayi, seperti kerewelan dan kegelisahan.
Kadar kafein dalam puncak ASI 1-2 jamsetelah minum kopi. Seseorang yang baru-baru ASI dapat memilih untuk menonton bayi mereka selama waktu ini untuk melihat apakah mereka mengalami efek dari kafein.

Risiko dan manfaat

Sementara potensi risiko minum kopi selama kehamilan terdengar menakutkan, risiko kafein pada bayi yang menyusui ringan.
Beberapa ahli menyatakan kekhawatiran bahwa kafein dapat mempengaruhi tidur bayi, tetapi studi tahun 2012 yang dilakukan pada 885 bayi di Brasil tidak setuju. Studi ini tidak menemukan dampak yang signifikan secara statistik pada kualitas tidur bayi berusia 3 bulan ketika disusui oleh seseorang yang mengkonsumsi kafein.
Sebuah penelitian di Korea juga tidak menemukan risiko serius minum kopi kafein saat menyusui, terutama dengan konsumsi moderat beberapa cangkir sehari.
Beberapa orang percaya bahwa asam dalam kopi dapat menurunkan kandungan zat besi dari ASI, meskipun tidak ada bukti ilmiah terbaru untuk mengkonfirmasi hal ini. ASI secara alami rendah zat besi, tetapi bayi membutuhkan zat besi untuk berkembang secara normal, sehingga orang yang minum kopi harus mendiskusikan suplementasi zat besidengan dokter.
Orang harus melakukan apa yang terasa nyaman bagi mereka, karena tidak ada alasan medis untuk menghindari minum kopi saat menyusui.
Juga tidak ada bukti bahwa kafein secara langsung bermanfaat bagi bayi.

Bagaimana dengan kopi tanpa kafein?

Kopi tanpa kafein memiliki sedikit kafein di dalamnya. Itu sama aman atau bahkan lebih aman daripada kopi berkafein. Kopi tanpa kafein masih sangat asam, sehingga dapat mempengaruhi jumlah zat besi dalam ASI.

Sumber kafein lainnya

Kopi bukan satu-satunya sumber kafein. Orang-orang khawatir tentang konsumsi kafein mereka atau mereka yang memperhatikan bahwa kafein tampaknya berdampak buruk pada bayi harus memperhatikan makanan kaya kafein lainnya.
Beberapa sumber kafein umum meliputi :
  • minuman berenergi
  • teh hitam, hijau, dan putih
  • minuman cola
  • produk cokelat dan kakao

Bawa pulang

Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa seseorang harus berhenti minum kafein saat menyusui, meskipun bijaksana untuk menikmatinya dalam jumlah sedang.
Beberapa cara untuk mengelola asupan kafein meliputi:
  • Memonitor bayinya . Beberapa bayi sensitif terhadap kafein dan bisa menjadi rewel atau gelisah ketika ASI mengandung terlalu banyak kafein.
  • Mempertimbangkan bagaimana pilihan diet lainnya, tidak hanya kafein, mempengaruhi bayi .Misalnya, minuman tinggi gula dapat memengaruhi bayi sama seperti kafein.
  • Mengetahui bahwa kesejahteraan orang dewasa juga penting .Orang-orang yang membutuhkan kafein untuk membantu mereka mempertahankan energi dan menangani sering bangun malam dan pagi-pagi tidak perlu merasa bersalah tentang konsumsi moderat.
  • Minum kafein tepat setelah sesi menyusui atau memompa .Tergantung pada seberapa sering seorang perawat bayi, ini memungkinkan cukup waktu untuk kandungan kafein dalam susu untuk turun sebelum sesi menyusui berikutnya.
  • Membuat pengecualian untuk bayi prematur . Jika bayi prematur atau memiliki kondisi medis tertentu, seperti riwayat intoleransi makanan, yang terbaik adalah berbicara dengan dokter atau konsultan laktasi tentang kafein.
  • Memotong mundur . Orang yang mengonsumsi lebih dari 2-3 cangkir kopi sehari, dapat mencoba mengurangi jumlah kafein secara perlahan dengan membuat cangkir "setengah kafe", yang merupakan campuran kopi biasa dan kopi tanpa kafein.
Untuk saran lebih lanjut tentang menyeimbangkan risiko dan manfaat kafein, orang yang sedang menyusui dapat berbicara dengan dokter atau konsultan laktasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisakah kamu minum kopi sambil menyusui?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel