Bagaimana makan sebelum berolahraga memengaruhi tubuh?

KUTULIS INFOApakah Anda lebih suka makan sarapan terlebih dahulu kemudian melakukan rutinitas kebugaran pagi Anda, atau apakah Anda melewatkan sarapan sama sekali? Peneliti dari Inggris melihat bagaimana makan versus berpuasa sebelum berolahraga dapat mempengaruhi metabolisme dan latihan seseorang.


Para ilmuwan, yang berasal dari beberapa lembaga akademis bergengsi di Inggris - Universitas Bath, Birmingham, Newcastle, dan Stirling - melihat bagaimana makan makanan pagi sebelum bersepeda selama satu jam akan mempengaruhi tubuh dibandingkan efek berpuasa sebelum bersepeda .

Bagaimana makan sebelum berolahraga memengaruhi tubuh?

The temuan - dilaporkan dalamAmerican Journal of Physiology: Endokrinologi dan Metabolisme - menunjukkan bahwa makan pertama sebenarnya membantu tubuh membakar lebih banyak karbohidratselama latihan.
Tidak hanya itu, tetapi sarapan pagi sebelum siklus pagi juga dapat membantu pencernaan setelah latihan, menurut penelitian.

Baca juga : Apakah minum kopi akan memperpanjang hidup Anda?
"Ini adalah studi pertama yang meneliti cara-cara di mana sarapan sebelum latihan mempengaruhi tanggapan kita terhadap makanan setelah olahraga," kata peneliti co-lead Dr Javier Gonzalez.
"Kami menemukan bahwa, dibandingkan dengan melewatkan sarapan, makan sarapan sebelum olahraga meningkatkan kecepatan di mana kita mencerna, menyerap, dan memetabolisme karbohidrat yang mungkin kita makan setelah berolahraga."
Dr Javier Gonzalez

Apa yang terjadi jika Anda makan sebelum berolahraga?

Untuk penelitian ini, Dr. Gonzalez dan rekannya merekrut 12 peserta laki-laki yang sehat. Untuk mendapatkan pengukuran kontrol, para peneliti meminta peserta studi untuk sarapan dan kemudian beristirahat selama 3 jam.
Untuk percobaan itu sendiri, peserta sarapan bubur dengan susu, dan 2 jam setelah ini, mereka mengikuti latihan yang terdiri dari bersepeda selama satu jam.
Setelah kedua periode istirahat dan berolahraga, para ilmuwan menilai glukosa darah peserta (kadar gula darah) dan kadar glikogen otot, sejenis karbohidrat.
Para peneliti mengungkapkan bahwa dengan sarapan sebelum latihan mereka, tubuh peserta membakar karbohidrat pada tingkat yang lebih cepat selama latihan. Selain itu, makan sebelum berolahraga sepertinya juga merangsang pencernaan pasca latihan dan meningkatkan metabolisme makanan.
"Kami [...] menemukan bahwa sarapan sebelum latihan meningkatkan pembakaran karbohidrat selama latihan, dan bahwa karbohidrat ini bukan hanya berasal dari sarapan yang baru saja dimakan," catat rekan penulis Rob Edinburgh, "tetapi juga dari karbohidrat yang disimpan. di otot-otot kita sebagai glikogen. "
"Peningkatan penggunaan glikogen otot ini dapat menjelaskan mengapa ada pembersihan gula darah lebih cepat setelah 'makan siang' ketika sarapan telah dikonsumsi sebelum latihan," tambah Edinburgh.

Studi sebelumnya mungkin tidak 'representatif'

Para peneliti juga mencatat bahwa temuan terbaru mereka menggarisbawahi aspek penting ketika datang untuk menarik kesimpulan tentang hasil kesehatan berdasarkan studi tentang efek latihan.
Banyak penelitian, kata mereka, melihat efek latihan pada orang-orang yang berpuasa sebelum latihan dan menarik kesimpulan mereka berdasarkan itu. Namun, mereka menjelaskan, hasilnya mungkin berbeda jika peserta diizinkan untuk makan sebelum bekerja.
Gonzalez melanjutkan untuk menunjukkan, "Sementara berpuasa sebelum uji laboratorium adalah umum untuk mengendalikan status metabolik dasar, kondisi ini dapat menghalangi aplikasi temuan untuk situasi yang paling mewakili kehidupan sehari-hari, karena kebanyakan orang tidak berpuasa selama hari itu. "
Adapun untuk penelitian ini, tim peneliti mencatat bahwa sementara temuannya menarik, penelitian lebih lanjut yang akan menilai efek jangka panjang dari berolahraga setelah makan harus dilakukan.
"Karena penelitian ini hanya menilai tanggapan jangka pendek untuk sarapan dan olahraga, implikasi jangka panjang dari pekerjaan ini tidak jelas, dan kami memiliki studi yang sedang berlangsung untuk melihat apakah makan sarapan sebelum atau setelah berolahraga secara teratur mempengaruhi kesehatan," kata Edinburgh.

Baca juga : Apakah sel-sel kekebalan tubuh membentuk perilaku seksual?
Saat ini, para peneliti ingin melihat bagaimana berbagai jenis makanan dapat mempengaruhi dampak olahraga, terutama pada individu dengan berbagai kondisi metabolik seperti diabetes .
"Secara khusus," lanjut Edinburgh, "ada kebutuhan yang jelas untuk lebih banyak penelitian yang melihat efek dari apa yang kita makan sebelum berolahraga pada hasil kesehatan, tetapi dengan peserta yang kelebihan berat badan yang mungkin berada pada peningkatan risiko diabetes tipe 2dan penyakit kardiovaskular. Ini adalah beberapa pertanyaan yang sekarang akan kami coba jawab. "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel