Apa perbedaan antara protein hewani dan nabati?

KUTULIS INFOProtein adalah bagian penting dari diet. Ini membantu membangun, memperbaiki, dan memelihara struktur tubuh. Makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan dapat memberikan protein, tetapi ada beberapa perbedaan.

Protein ada di seluruh tubuh, mulai dari otot dan organ hingga tulang, kulit, dan rambut. Tubuh tidak menyimpan protein seperti halnya macronutrients lain, jadi protein ini harus berasal dari diet.
Protein terdiri dari asam amino. Tubuh seseorang membutuhkan keseimbangan dari semua 22 jenis asam amino untuk berfungsi dengan benar.
Tubuh tidak dapat menghasilkan sembilan dari asam ini, yang disebut asam amino esensial.
Sumber protein lengkap mengacu pada jenis makanan yang mengandung kesembilan.

Memiliki keseimbangan asam amino yang tepat dapat membangun otot dan membantu tubuh untuk pulih dari latihan dengan cepat. Memahami perbedaan antara protein nabati dan hewani penting bagi siapa saja yang ingin memastikan bahwa pola makan mereka sehat.
Dalam artikel ini, kita melihat perbedaan antara protein hewani dan tumbuhan. Kami juga menyelidiki efek pada kesehatan, menjelaskan jenis yang lebih baik untuk binaraga, dan daftar sumber terbaik masing-masing.

Menanam vs protein hewani

Salah satu perbedaan utama antara protein tumbuhan dan hewan melibatkan kandungan asam amino mereka.
Asam amino adalah blok pembangun protein. Ketika tubuh mencerna protein dalam makanan, ia menguraikannya menjadi asam amino.
Tubuh mungkin membutuhkan asam amino yang berbeda pada waktu yang berbeda. Banyak orang percaya bahwa diet harus mencakup sumber protein lengkap, yang mengandung semua sembilan asam amino esensial.
Beberapa produk hewani adalah sumber protein lengkap, seperti:
  • ikan
  • berbagai jenis telur
  • produk susu, seperti keju, susu, dan whey
  • daging merah dari sapi, banteng, dan rusa
  • unggas dari sumber seperti ayam,kalkun , dan burung puyuh
  • daging dari sumber yang kurang umum, termasuk babi hutan, kelinci, dan kuda
Sebagian besar protein nabati tidak lengkap, yang berarti bahwa mereka kehilangan setidaknya satu dari asam amino esensial.
Namun, beberapa makanan nabati, seperti quinoa dan buckwheat, adalah sumber protein lengkap.
Penting bagi vegetarian dan vegan untuk mencampur sumber protein mereka dan memastikan bahwa mereka mendapatkan semua asam amino esensial.
Juga, perlu diingat bahwa beberapa sumber protein nabati membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna dan digunakan.
Berikut ini adalah contoh makanan nabati yang kaya protein:
  • biji-bijian
  • kacang-kacangan
  • gila
  • kacang polong
  • kacang-kacangan
  • buah-buahan tertentu, seperti alpukat
  • kedelai
  • rami
  • Nasi
  • kacang polong
Banyak kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran lainnya juga mengandung banyak protein.

Mana yang lebih baik untuk kesehatan?

Ketika memilih antara tanaman dan sumber protein hewani, penting untuk mempertimbangkan nutrisi lain yang disediakan makanan.
Makanan kaya protein dapat memiliki profil nutrisi yang luas.
Sumber protein hewani tertentu dapat mengandung zat besi heme danvitamin B-12 yang tinggi, sementara beberapa makanan nabati tidak memiliki nutrisi ini.
Di sisi lain, nutrisi spesifik tanaman, yang disebut fitonutrien, dan beberapaantioksidan tidak ada dari sumber protein hewani.
Produk hewani mengandung lemak jenuh dan tingkat kolesterol yang lebihtinggi daripada sumber protein nabati.Seseorang mungkin ingin menghindari produk hewani karena alasan ini.
Banyak digunakan untuk percaya bahwa diet kolesterol dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Bukti terbaru menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan .
Serat adalah faktor penting lainnya.Hanya makanan nabati yang mengandung serat, yang membantu menjaga keseimbangan sistem pencernaan.
Makan lebih banyak protein nabati juga dapat meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan.
Hasil meta-analisis 2016 menunjukkan bahwa makan lebih banyak protein hewani, terutama yang berasal dari daging merah olahan, dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.
Namun, para peneliti mencatat bahwa mereka hanya menemukan hubungan antara protein hewani dan penyakit kardiovaskular pada orang dengan setidaknya satu faktor risiko yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti merokok, asupan alkohol berat, atau kelebihan berat badan atau obesitas.
Hasilnya juga menunjukkan bahwa makan lebih banyak protein nabati dapat membantu mengurangi risiko ini dan yang lain.
Secara umum, cara terbaik untuk menutupi kebutuhan makanan seseorang adalah dengan makan berbagai macam makanan.

Mana yang lebih baik untuk membangun otot?

Atlet dan lainnya yang ingin meningkatkan massa otot dan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk pulih dari latihan sering memperhatikan asupan protein mereka.
Protein membantu memperbaiki dan membangun otot setelah latihan yang ketat.
Banyak atlet beralih ke protein whey untuk membangun otot. Protein jenis ini lebih mudah bagi tubuh untuk dipecah dan diserap, yang dapat memberikan whey keunggulan atas sumber lain, seperti daging, telur, dan sayuran.
Mengenai sumber-sumber nabati, satu studi menunjukkan bahwa isolat protein beras mungkin menawarkan manfaat yang sama dengan protein whey.
Banyak orang merekomendasikan mengonsumsi kombinasi protein yang berasal dari tumbuhan setelah berolahraga. Ini dapat memberikan tubuh dengan berbagai asam amino.

Sumber protein nabati dan hewani terbaik

Cukup mendapatkan cukup protein dalam diet mungkin lebih penting daripada berfokus pada jenis protein.
Satu studi menemukan bahwa termasuk tingkat protein di atas rata-rata dalam makanan meningkatkan tanda-tanda kesehatan otot, seperti massa ramping dan kekuatan di paha depan. Para peneliti mencatat bahwa jumlah protein lebih penting daripada jenisnya.
Namun, beberapa sumber protein mungkin lebih baik untuk kesehatan umum. Misalnya, ikan dan daging putih cenderung mengandung lebih sedikit lemak daripada daging merah.

Bawa pulang

Bagi banyak orang, pilihan antara protein hewani dan tumbuhan melibatkan berbagai pertimbangan.
Daripada berfokus pada satu jenis protein, mungkin lebih baik untuk fokus pada makan berbagai macam makanan. Ini dapat membantu memastikan bahwa seseorang mendapat keseimbangan asam amino dan nutrisi penting lainnya yang menyehatkan.
Siapa pun dengan pertanyaan khusus tentang persyaratan dan sumber protein harus berbicara dengan ahli diet.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa perbedaan antara protein hewani dan nabati?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel