Sebelas makanan kaya zat besi untuk balita

KUTULIS INFOBalita memang sangat pemilih, tetapi ada banyak makanan kaya zat besi yang bahkan akan dimakan oleh balita yang paling fussiest.


Balita diketahui menolak makanan karena berbagai alasan - mungkin terlalu merah, terlalu lembek, atau menyentuh sesuatu yang hijau. Hal ini dapat menyebabkan pengasuh khawatir tentang batita yang tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan tubuh mereka.
Kekurangan zat besi umum terjadi pada anak-anak, dan diperkirakan 8 persen balita mungkin mengalami kekurangan zat besi.

Dalam artikel ini, kami melihat berapa banyak kebutuhan balita besi, daftar 11 makanan kaya zat besi yang cocok untuk balita, dan menawarkan ide untuk resep atau cara untuk memasukkan makanan ini dalam diet yang sehat.

Sebelas makanan kaya zat besi untuk balita


Berapa banyak zat besi yang dibutuhkan balita?

Menurut National Institutes of Health , anak-anak harus mendapatkan asupan zat besi harian berikut dalam miligram (mg):
  • bayi 7-12 bulan, 11 mg
  • balita usia 1-3 tahun, 7 mg
  • anak-anak berusia 4-8 tahun, 10 mg
Namun, rekomendasi zat besi setiap hari berbeda tergantung pada makanan yang dikonsumsi balita.
Ada dua bentuk besi: heme dan non-heme. Heme iron hanya tersedia dari produk hewani, seperti daging dan makanan laut. Besi non-heme berasal dari sumber non-hewani dan makanan yang diperkaya.
Kedua bentuk besi dapat membantu seseorang memenuhi kebutuhan zat besi harian mereka. Namun, besi heme lebih mudah bagi tubuh untuk rusak.Untuk alasan ini, orang-orang yang mendapatkan zat besi hanya dari sumber non-daging - termasuk vegan, vegetarian, dan balita yang sangat pemilih - harus mengkonsumsi 1,8 kalilebih banyak zat besi daripada yang direkomendasikan untuk kelompok usia mereka.
Memasangkan zat besi dari sumber tanaman dengan vitamin C, seperti lemon atau jeruk, dapat meningkatkan seberapa baik tubuh menyerap zat besi.

11 makanan kaya zat besi untuk balita

Banyak anak yang sangat rewel dan akan menolak makanan berkali-kali sebelum mereka makan dan menikmatinya, jadi jangan berkecil hati - tetap menawarkan makanan sehat.
Untuk diet seimbang, cobalah memutar sumber zat besi dan mendorong balita untuk makan berbagai macam makanan.
Makanan berikut ini merupakan sumber zat besi yang sangat baik yang akan dimakan oleh banyak balita:

1. Sereal sarapan yang diperkaya dengan besi

Banyak sereal sarapan, termasuk sereal yang dibuat untuk anak-anak, diperkaya dengan zat besi. Mereka sering mengandung 100 persen dari asupan zat besi harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Periksa label untuk mengetahui kandungan zat besi spesifik.
Perhatikan bahwa banyak sereal sarapan juga tinggi gula dan sodium.Pertimbangkan untuk menawarkan sereal ini sebagai sajian sesekali, atau dalam porsi kecil sebagai bagian dari makanan yang lebih seimbang.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah camilan bergizi yang disukai banyak balita. Menurut satu sumber, ¾ secangkir oatmeal mengandung 4,5 hingga 6,6 mg zat besi.
Oatmeal juga kaya serat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk anak-anak dengan masalah perut atau pencernaan, termasukkonstipasi .
Coba taburkan kayu manis dan sedikit gula merah di atas oatmeal untuk membuatnya lebih menarik bagi balita.Tambahkan segenggam kismis untuk tambahan zat besi.

3. Daging

Semua produk daging kaya akan zat besi. Namun, banyak batita sering menolak daging, tetapi strategi sederhana ini mungkin meyakinkan mereka bahwa daging patut dicoba:
  • Gunakan pemotong kue untuk membuat irisan daging deli menjadi bentuk yang menyenangkan. Tingkatkan kandungan zat besi lebih banyak lagi dengan meletakkan daging di atas sepotong roti putih yang dibentengi, yang dapat menawarkan sekitar 1 mg zat besi.
  • Coba nugget ayam. Banyak balita yang menolak daging lain akan dengan senang hati memakan nugget ayam. Namun, berhati-hati karena sering mengandung kadar natrium dan lemak jenuh yang tinggi.
  • Cobalah mencampur daging sapi atau kalkun dalam food processor dengan sedikit susu sebelum memasaknya. Ini menawarkan tekstur creamier yang lebih menarik bagi banyak balita.

4. Roti selai kacang

Jumlah zat besi dalam selai kacang bervariasi antara merek, tetapi biasanya mengandung sekitar 0,56 mgzat besi per sendok makan. Untuk zat besi ekstra, buat sandwich menggunakan sepotong roti gandum yang bisa menyediakan sekitar 1 mg zat besi.
Selai kacang juga relatif tinggi protein, menjadikannya pilihan yang bagus untuk balita yang tidak akan makan daging.
Untuk alternatif manis untuk kue dan camilan gizi buruk lainnya, membuat selai kacang panggang dan madu atau selai kacang dan sandwich pisang .

5. Cokelat hitam

Coklat hitam menawarkan sajian kaya antioksidan yang dapat membantu meningkatkan asupan zat besi anak Anda. Selain daging, cokelat hitam adalah salah satu makanan paling kaya zat besi yang dapat dimakan balita Anda, menawarkan 7 mg zat besi per porsi 3 ons (oz).
Beberapa balita tidak menyukai rasa coklat pahit yang lebih pahit. Dorong mereka untuk mencobanya dengan mencairkannya dan mencampurnya dengan selai kacang; kemudian menyebarkannya ke roti untuk sajian kaya zat besi.

6. Telur

Telur rebus menawarkan 1 mg zat besi.Beberapa balita suka mengupas telur.Cobalah membuat waktu camilan lebih menyenangkan dengan mewarnai telur menggunakan pewarna makanan sebelum memakannya.
Jika balita Anda bukan kekasih telur rebus, cobalah telur orak-arik sebagai gantinya. Gunakan pemotong kue untuk memotong telur orak-arik menjadi bentuk hewan yang menyenangkan.
Beberapa anak suka sandwich telur goreng. Goreng telur dengan ringan, lalu taruh di sandwich dengan sedikit saus tomat. Roti itu menambahkan sekitar 1 mg zat besi.

7. Kacang 

Kacang adalah sumber zat besi yang bagus. Kacang putih adalah salah satu sumber zat besi terkaya, menawarkan 8 mg per porsi.
Ajak balita untuk makan kacang, menggunakan resep berikut:
  • masak kacang putih dan ubi jalar, lalu haluskan dan tambahkan sedikit kayu manis
  • bentuk kacang menjadi patties, kemudian potong menjadi bentuk yang tidak biasa atau taruh dalam sandwich

8. Kacang

Kacang-kacangan, termasuk kacang mete dan pistachio, merupakan sumber zat besi, protein, dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik.
Namun, kacang dapat menjadi bahaya tersedak, jadi jangan pernah memberikan kacang utuh pada balita yang baru belajar mengunyah.
Coba hancurkan kacang, atau olesi selai kacang di atas biskuit atau roti gandum.

9. Ikan

Cobalah untuk memperkenalkan ikan ke dalam diet balita karena itu adalah makanan yang bergizi tinggi. Ikan juga merupakan sumber protein yang sangat baik, dan beberapa ikan, seperti mackerel dan salmon, memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi dan asam lemak otak yang sehat .
Canned tuna menawarkan 1 mg zat besi per porsi. Cobalah menyajikannya di atas kerupuk dengan senang hati, atau dalam sandwich.
Ikan tuna kalengan bahkan bekerja dengan baik sebagai saus untuk anak-anak yang suka mencelupkan satu makanan ke makanan lain. Cobalah mencampur tuna dengan alpukat untuk versi krim yang mudah dipelupkan ke kerupuk atau keripik.

10. Sayuran

Balita tidak makan sayuran mereka adalah masalah yang meluas. Cobalah memadukan sayuran menjadi smoothie untuk menciptakan kudapan kaya nutrisi yang kaya zat besi yang bahkan akan disukai oleh para balita yang rewel.
Coba salah satu resep berikut:
  • Rebus dan bubur puree, yang menawarkan 0,81 mg zat besi per cangkir. Campur semangka,blueberry beku , raspberry beku, dan sepotong alpukat untuk mengisi dan bergizi.
  • Campurkan satu sendok makan madu, rebus dan bubur brokoli dan chard, melon, blewah, dan buah ara menjadi camilan yang lezat.

11. Buah

Buah-buah tertentu merupakan sumber zat besi. Anda dapat menemukan jumlah zat besi berikut dalam sekitar 1 cangkir buah-buahan ini:
  • kismis, 4 mg
  • parut aprikot kering, 3,46 mg
  • ceri merah, 0,71 mg
  • buah semangka potong dadu, 0,36 mg
  • plum, 0,36 mg
Smoothie buah rasanya dicampur dengan sedikit yogurt atau madu.
Cobalah membuat irisan buah yang kaya akan zat besi dan memasukkannya ke dalam cetakan es loli. Bekukan selama 2-3 jam, lalu nikmati es loli yang kaya zat besi.

Apa tanda-tanda kekurangan zat besi pada balita?

Siapa pun yang khawatir bahwa balita mungkin kekurangan zat besi seharusnya tidak menunggu gejala muncul. Sebagai gantinya, mintalah seorang dokter untuk menguji darah anak-anak untuk zat besi. Lanjutkan memberi makan anak-anak yang kaya zat besi dan tanyakan kepada dokter tentang menambahkan suplemen zat besi ke dalam makanan mereka.
The American Academy of Pediatricsmerekomendasikan bahwa bayi dan balita muda memiliki tes untuk anemiadefisiensi besi antara 9 dan 12 bulan, dan kemudian lagi sekitar 15 bulan.
Gejala defisiensi besi meliputi:
  • kulit sangat pucat
  • tangan atau kaki dingin
  • lidah yang menyakitkan atau halus
  • tingkat energi sangat rendah
  • detak jantung yang cepat
  • mendambakan hal-hal yang bukan makanan, meskipun itu umum bagi semua balita untuk meletakkan sesuatu di mulut mereka
  • kelemahan otot
Anak-anak dengan kondisi medis tertentu dapat berjuang untuk menyerap zat besi tanpa diet.Bicarakan dengan dokter atau ahli diet tentang mencegah defisiensi besi pada anak dengan gangguan pencernaan, sering diare , gangguan jantung, gangguan metabolisme, atau kanker .


Pandangan

Pengasuh mungkin merasa kewalahan oleh kebutuhan gizi balita yang hanya akan makan beberapa makanan.Kuncinya adalah terus mencoba.
The Ellyn Satter Institute , yang meneliti dan menerbitkan praktik terbaik untuk memberi makan anak-anak, merekomendasikan yang berikut;strategi:
  • memilih dan menyiapkan makanan sehat dengan jadwal teratur
  • hindari menawarkan makanan tambahan di antara jam makan dan camilan
  • menghindari menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman
  • mendorong anak-anak untuk makan sebanyak atau sesedikit yang mereka inginkan
  • menghindari memberi tahu anak-anak untuk memiliki "satu gigitan lagi," atau mendorong mereka untuk makan lebih banyak dari satu hal yang tidak mereka sukai untuk mendapatkan lebih banyak dari sesuatu yang mereka sukai
  • menjadi panutan untuk makan sehat
  • makan malam bersama sebagai sebuah keluarga
Balita baru untuk makan sehat. Seperti setiap keterampilan, belajar makan dengan sehat membutuhkan waktu.Dengan komitmen dan kesediaan untuk terus berusaha, orang dapat membantu balita menikmati beragam makanan bergizi dan kaya zat besi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sebelas makanan kaya zat besi untuk balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel