July 12, 2018

Osteoporosis: Diet Mediterania dapat memperlambat pengeroposan tulang

KUTULIS INFOSebuah uji coba di Eropa terhadap sekitar 1.150 orang menunjukkan bahwa diet Mediterania bisa baik untuk kesehatan tulang.


Ditemukan bahwa para manula denganosteoporosis yang mengikuti diet ala Mediterania selama 12 bulan memiliki tingkat kehilangan tulang pinggul yang jauh lebih lambat daripada rekan-rekan yang tidak mengikuti diet.
Osteoporosis meningkatkan risikofraktur dengan mengurangi massa tulang dan merosotkan struktur jaringan tulang.
Patah tulang pinggul sering terjadi pada orang tua dengan osteoporosis.
Hal ini menambah semakin banyak penelitian tentang banyak manfaat kesehatan dari diet Mediterania, yang kaya akan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, gandum, dan minyak zaitun.
Sebuah makalah tentang uji coba - yang dipimpin oleh University of Bologna di Italia - sekarang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition .
Osteoporosis: Diet Mediterania dapat memperlambat pengeroposan tulang

Mengurangi tingkat keropos tulang

Studi selama setahun secara acak menugaskan lebih dari 1.000 sukarelawan, berusia 65–79 tahun, yang tinggal di Prancis, Italia, Belanda, Polandia, dan Inggris ke salah satu dari dua kelompok.
Satu kelompok mengadopsi "diet seperti Mediterania" untuk durasi, dan yang lain - kelompok kontrol - tidak.
Uji coba adalah yang pertama untuk menguji efek dari diet Mediteraniapada kesehatan tulang pada manula di beberapa pusat Eropa selama jangka waktu ini.
Diet seperti Mediterania memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada peserta yang kepadatan tulangnya normal, tetapi itu mengurangi tingkat kehilangan tulang pada individu dengan osteoporosis.
Mengomentari hasil, penulis studi yang sesuai, Susan J. Fairweather-Tait, seorang profesor di University of East Anglia, Norwich Medical School di Inggris, menjelaskan bahwa satu tahun tidak lama dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk membentuk tulang.
"Jadi," dia menjelaskan, "fakta [bahwa] kami dapat melihat perbedaan yang nyata antara kelompok-kelompok bahkan hanya dalam satu area ini adalah signifikan."

Tulang dan osteoporosis

Tulang bukanlah bahan mati, tetapi jaringan hidup yang dapat mengisi sendiri. Komponen utamanya adalah protein kolagen dan mineral yang disebut kalsium fosfat. Bersama-sama, ini membuat tulang fleksibel, kuat, dan tangguh.
Tulang melewati siklus resorpsi terus menerus - selama tulang tua diambil - dan pembentukan. Dari lahir sampai remaja dan awal masa dewasa, "pembentukan melampaui resorpsi ," dan tulang meningkatkan ukuran, berat, dan kepadatan.
Tetapi pada sekitar usia 30, kepadatan tulang dan kekuatan puncak, dan massa tulang mulai menurun karena resorpsi bertahap melampaui formasi.
Osteoporosis adalah penyakit yang dapat dicegah dan diobati yang membuat tulang rapuh dan meningkatkan risiko patah tulang di pinggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang.
Ini muncul ketika laju resorpsi terlalu cepat atau pembentukan terlalu lambat dan lebih mungkin terjadi pada individu yang tidak mencapai "massa tulang puncak yang optimal."
Setelah menopause , tingkat kehilangan tulang mempercepat pada wanita, yang bertanggung jawab atas sekitar 80 persen kasus osteoporosis.
Di Amerika Serikat, ada lebih dari 53 juta orang yang "sudah menderita osteoporosis" atau berisiko lebih tinggi mengembangkannya karena massa tulang yang rendah.

Menyiapkan persidangan

Tujuan dari percobaan baru-baru ini - yang didanai oleh Uni Eropa - adalah untuk menguji pengaruh diet Mediterania pada kepadatan mineral tulang dan penanda "degradasi tulang dan kolagen" di Eropa yang lebih tua.
Diet yang digunakan dalam uji coba ini terdiri dari: buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan; sejumlah kecil daging dan produk susu; dan alkohol dalam jumlah sedang.
Orang-orang dalam kelompok yang mengikuti diet Mediterania diberi "saran yang disesuaikan secara individual" tentang cara mempertahankan diet. Mereka juga diberi makanan seperti pasta gandum dan minyak zaitun, dan dosis kecil 10 mikrogram vitamin D-3 per hari.
Para penulis mencatat bahwa tujuan melengkapi diet Mediterania dengan sejumlah kecil vitamin D-3 adalah untuk "meratakan" perbedaan dalam pengaruh bahwa jumlah sinar matahari yang berbeda mungkin ada di negara yang berbeda.
Para peserta dalam kelompok kontrol tidak menerima instruksi apa pun, tetapi mereka diberi brosur tentang cara makan yang sehat yang mungkin secara tipikal diberikan di negara mereka.
Tiga ukuran kepadatan tulang, serta sampel darah, diambil pada awal dan akhir penelitian.

Mengurangi kehilangan tulang pinggul pada osteoporosis

Temuan menunjukkan bahwa pada peserta yang memiliki kepadatan tulang yang normal, ada sedikit efek pada langkah-langkah kesehatan tulang dari diet.
Juga, dari para peserta yang mengalami osteoporosis, ada penurunan kepadatan tulang terkait usia yang diharapkan pada kelompok kontrol.
Penurunan kepadatan tulang juga terlihat pada dua ukuran kepadatan tulang - tulang belakang lumbar dan seluruh tubuh - pada peserta dengan osteoporosis pada kelompok diet Mediterania. Namun, ada "peningkatan setara" dalam kepadatan tulang di leher tulang paha.
Leher femur adalah bagian atas tulang paha tepat sebelum ujung berbentuk bola yang cocok di soket sendi pinggul.
"Ini adalah daerah yang sangat sensitif untuk osteoporosis," Prof Fairweather-Tait mengatakan, "seperti kehilangan tulang di leher femoralis sering menjadi penyebab patah tulang pinggul, yang umum terjadi pada orang tua dengan osteoporosis."

Lebih besar, diperlukan penelitian lebih lama

Para penulis percaya bahwa jika percobaan telah berlangsung lebih lama, mereka mungkin telah mendeteksi perubahan yang disebabkan oleh diet lainnya - termasuk pada peserta dengan kepadatan tulang yang normal.
Mereka menyerukan lebih lama, uji coba yang lebih besar dari orang-orang dengan osteoporosis untuk mengkonfirmasi temuan mereka dan menetapkan apakah perubahan diet juga dapat mempengaruhi tulang lainnya.
Sementara itu, tim tersebut melihat "tidak ada alasan" mengapa orang yang khawatir tidak harus bergerak ke arah diet ala Mediterania.
"Diet Mediterania sudah terbukti memiliki manfaat kesehatan lain, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, Parkinson, Alzheimer, dan kanker ."
Prof Susan J. Fairweather-Tait
Advertisement

No comments:

Post a Comment