July 11, 2018

Makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda

KUTULIS INFOSistem kekebalan yang kuat membantu menjaga seseorang tetap sehat. Dapatkah makanan tertentu meningkatkan sistem kekebalan?


Sistem kekebalan terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein. Bersama-sama, ini melakukan proses tubuh yang melawan patogen, yang merupakan virus, bakteri, dan benda asing yang menyebabkan infeksi atau penyakit.
Ketika sistem kekebalan bersentuhan dengan patogen, sistem kekebalan memicu respons kekebalan. Sistem kekebalan melepaskan antibodi, yang menempel pada antigen pada patogen dan membunuhnya.
Memasukkan makanan tertentu ke dalam diet dapat memperkuat respons kekebalan seseorang. Baca terus untuk menemukan 15 makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda


Makanan apa yang meningkatkan sistem kekebalan?

Diet yang sehat dan seimbang memainkan peran penting untuk tetap sehat. Makanan berikut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan:

1. Blueberry

Blueberry mengandung sejenis flavonoid yang disebut anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sebuahstudi 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernafasan.
Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan makanan kaya flavonoid cenderung tidak mendapatkan infeksi saluran pernapasan atas, atau flu biasa, daripada mereka yang tidak.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandungantioksidan yang disebut theobromine , yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.
Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh tubuh saat memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.
Meskipun manfaat potensinya, cokelat hitam tinggi kalori dan lemak jenuh, jadi penting untuk memakannya dalam jumlah sedang.

3. Kunyit

Kunyit adalah bumbu kuning yang banyak digunakan orang dalam memasak. Itu juga ada dalam beberapa obat alternatif. Mengkonsumsi kunyit dapat meningkatkan respons kekebalan seseorang. Hal ini disebabkan oleh kualitas kurkumin, senyawa dalam kunyit.
Menurut review 2017 , curcumin memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.
4. Ikan berminyak
Salmon, tuna, pilchard, dan ikan berminyak lainnya adalah sumber asam lemak omega-3 yang kaya .
Menurut laporan tahun 2014 , asupanasam lemak omega-3 jangka panjangdapat mengurangi risiko rheumatoid arthritis (RA).
RA adalah kondisi autoimun kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagian tubuh yang sehat.

5. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin C lainnya . Ini juga mengandung antioksidan kuat, seperti sulforaphane.Untuk alasan ini, itu adalah pilihan yang baik dari sayuran untuk dimakan secara teratur untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

6. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten , sejenis antioksidan yang memberi kulit kentang warna oranye.
Beta karoten adalah sumber vitamin A. Ini membantu untuk membuat kulit sehat dan bahkan dapat memberikanperlindungan terhadap kerusakan kulitdari sinar ultraviolet (UV).

7. Bayam

Bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan penting,termasuk :
  • flavonoid
  • karotenoid
  • vitamin C
  • vitamin E
Vitamin C dan E dapat membantumendukung sistem kekebalan tubuh .
Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu biasa pada orang sehat.

8. Jahe

Orang-orang menggunakan jahe dalam berbagai hidangan dan makanan penutup, serta dalam teh.
Menurut sebuah ulasan, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan cenderung menawarkan manfaat kesehatan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah dapat secara efektif mencegah penyakit.

9. Bawang putih

Bawang putih adalah obat rumah umum untuk pencegahan pilek dan penyakit lainnya.
Satu review melihat apakah mengkonsumsi suplemen bawang putih mengandung allicin mengurangi risiko terkena flu.
Kelompok peserta yang mengonsumsiplasebo memiliki lebih dari dua kali lipat jumlah pilek di antara mereka dibandingkan mereka yang mengonsumsi suplemen bawang putih.Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa lebih banyak penelitian diperlukan untuk menentukan apakah bawang putih dapat membantu mencegah pilek.

10. Teh hijau

Teh hijau hanya mengandung sedikit kafein, sehingga orang dapat menikmatinya sebagai alternatif teh hitam atau kopi . Meminumnya juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Seperti blueberry, teh hijau mengandung flavonoid, yang dapat mengurangi risiko pilek.

11. Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung kultur bakteri hidup yang bermanfaat bagi kesehatan.
Penelitian awal menunjukkan bahwa minum kefir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menuruttinjauan tahun 2017 , berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kefir secara teratur dapat membantu dengan:
  • melawan bakteri
  • mengurangi peradangan
  • meningkatkan aktivitas antioksidan
Mayoritas penelitian yang mendukung ini dilakukan pada hewan atau di laboratorium. Peneliti perlu melakukan penelitian tambahan untuk memahami bagaimana kefir dapat mencegah penyakit pada manusia.

12. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari dapat membuat tambahan lezat untuk salad atau mangkuk sarapan. Mereka adalahsumber yang kaya vitamin E , antioksidan.
Dengan cara yang sama seperti antioksidan lain, vitamin E meningkatkan fungsi kekebalan tubuh .Ia melakukan ini dengan melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel.

13. Almond

Almond merupakan sumber vitamin E yang sangat baik . Mereka juga mengandung mangan, magnesium , dan serat.
Segenggam kecil atau seperempat cangkir almond adalah camilan sehat yang dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

14. Jeruk atau buah kiwi (kiwi)

Jeruk dan kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan vitamin yang membuat banyak orang berubah ketika mereka merasakan pilek.
Sementara para ilmuwan masih belum yakin bagaimana itu membantu, vitamin C dapat mengurangi durasi gejala flu biasa dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

15. Paprika merah

Bagi orang yang mencoba untuk menghindari gula dalam buah, paprika merah adalah sumber alternatif yang sangat baik dari vitamin C.
Penggorengan dan pemanggangan keduanya menjaga kandungan nutrisi paprika merah lebih baik daripada mengukus atau merebus, menurutpenelitian tentang metode memasak .

Cara lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Strategi gaya hidup berikut dapat membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih kuat:
  • menghindari merokok
  • berolahraga secara teratur
  • menjaga berat badan yang sehat
  • menghindari alkohol atau minum secukupnya
  • cukup tidur
  • meminimalkan stres
  • mempraktekkan mencuci tangan yang benar dan kebersihan mulut

Ringkasan

Menikmati 15 makanan peningkat kekebalan yang tercakup dalam artikel ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan mereka untuk melawan infeksi.
Yang mengatakan, penting untuk diingat bahwa sistem kekebalan tubuh adalah kompleks. Makan makanan yang sehat dan seimbang hanyalah salah satu cara untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh.
Penting juga untuk memperhatikan faktor gaya hidup lain yang dapat mempengaruhi kesehatan sistem kekebalan tubuh, seperti berolahraga dan tidak merokok.
Siapa pun yang sering pilek atau penyakit lain dan khawatir tentang sistem kekebalan mereka harus berbicara dengan dokter.
Advertisement

No comments:

Post a Comment