Cara meredakan keringat malam pascapartum

KUTULIS INFOBanyak wanita mengalami keringat malam atau hot flash setelah kehamilan. Ini dikenal sebagai keringat malam pascamelahirkan. Pengobatan rumah tertentu dapat membantu meredakan gejala.

Keringat malam terjadi ketika seorang wanita mengalami hot flash saat malam hari. Banyak orang mengaitkan hot flash dan keringat malam denganmenopause , tetapi kehamilan, yang juga merupakan waktu perubahan hormonal yang signifikan, dapat menyebabkan mereka juga.
Menurut sebuah studi 2013 , hot flash terkait kehamilan adalah umum, mempengaruhi 35 persen wanita selama kehamilan dan 29 persen wanita setelah kehamilan.
Dalam artikel ini, kita membahas apa yang menyebabkan berkeringat malam pascapartum dan bagaimana menemukan bantuan.
Cara meredakan keringat malam pascapartum

Penyebab keringat malam pascapartum

Keringat malam pascapartum terjadi karena rendahnya kadar estrogen .Tingkat hormon, termasuk estrogen, berubah ketika tubuh wanita menyesuaikan diri untuk tidak hamil lagi.
Tubuh melepaskan dua hormon utama, yang disebut progesterone dan estrogen, dalam jumlah besar selama kehamilan. Perubahan kadar hormon ini dapat mendorong peningkatan atau penurunan suhu tubuh.
Wanita juga dapat lebih banyak berkeringat setelah kehamilan untuk menyingkirkan kelebihan cairan.Menurut American Pregnancy Association , tubuh wanita mengambil 50 persen lebih banyak darah dan cairan tubuh selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan bayi.
Cairan ini tidak lagi berguna setelah lahir, dan tubuh menghilangkannya melalui keringat dan urin, sehingga keduanya dapat meningkat setelah melahirkan.
Dalam beberapa kasus, keringat malam dapat mengganggu tidur seorang wanita, menyebabkan iritabilitas, dan mempengaruhi kualitas hidupnya.
Wanita harus berbicara dengan dokter mereka tentang keringat malam pascamelahirkan. Penting untuk mengesampingkan penyebab lain dari estrogen rendah setelah melahirkan, karena dapat dikaitkan dengan kondisi tiroid yang disebut hipertiroidisme .

Berapa lama berkeringat malam pascapartaian bertahan?

Menurut sebuah studi 2013 , berkeringat malam pascapartum berada pada 2 minggu terburuk setelah melahirkan. Mereka harus secara bertahap menurun setelah waktu ini.
Para ahli medis setuju bahwa periode pascapartum, atau waktu setelah melahirkan, biasanya berlangsung selama 6 minggu, meskipun beberapa gejala dapat berlanjut lebih lama.Selama waktu ini, tubuh wanita mengalami banyak perubahan, dan efek samping seperti keringat malam,sembelit , dan kelelahan , sering terjadi.
Dalam banyak kasus, wanita dapat meringankan gejalanya dengan menggunakan pengobatan rumahan sampai mereka pergi. Jika keringat di malam hari tidak membaik, mereka mungkin ingin menemui dokter mereka untuk mencari tahu penyebabnya dan mendiskusikan pilihan perawatan.

Mengelola keringat malam pascamelahirkan

Di sini, kami menyarankan sembilan pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan gejala keringat malam pascamelahirkan:

1. Tetap tenang

Menjaga tubuh tetap dingin akan membantu mengurangi keringat.
Selama malam hari wanita dapat mencoba:
  • membuka jendela untuk meningkatkan aliran udara
  • menempatkan kipas di samping tempat tidur
  • menggunakan AC di kamar tidur
  • menggunakan lembaran ringan dan penutup tempat tidur berlapis

2. Minum air dingin

Setelah melahirkan, dan terutama ketika mengalami berkeringat malam pascapartum, tubuh wanita mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada biasanya, karena cairan atau "berat air" meninggalkan tubuh seperti keringat atau air kencing.
Minum air setiap kali haus akan mencegah dehidrasi , dan itu juga membantu dengan fungsi tubuh normal dan pemulihan setelah kehamilan.

3. Makan lebih banyak kedelai

Studi ke hot flashes pada kehamilan dan postpartum terbatas, meskipunstudi 2017 yang mengamati 50 wanita perimenopause dan pascamenopause menyimpulkan bahwa mengkonsumsi suplemen kedelai memiliki potensi untuk meningkatkan kilatan untuk wanita menopause.
Para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen isoflavon kedelai selama 12 minggu mengalami perbaikan signifikan pada gejala hot flash mereka.
Orang dapat meningkatkan asupan kedelai mereka menggunakan suplemen atau dengan mengonsumsi makanan kedelai tinggi berikut:
  • Tahu
  • tempe
  • Sup Kedelai Jepang
  • natto
Selalu berbicara dengan dokter sebelum membuat perubahan pola makan atau memperkenalkan suplemen, terutama saat menyusui.

4. Pakailah kain yang longgar dan alami

Kain alami, termasuk katun, linen, atau sutera, membantu panas tubuh untuk melarikan diri. Jika memungkinkan, gunakan seprai katun atau linen saat tidur.
Cobalah untuk menghindari kain sintetis, seperti poliester atau Lycra, atau pakaian ketat, yang dapat membuat orang lebih berkeringat dengan mencegah tubuh kehilangan panas.

5. Batasi makanan pemicu

Bagi sebagian orang, makanan atau minuman tertentu dapat memicu atau memperburuk gejala hot flashes dan keringat malam.
Orang dapat melacak gejala mereka untuk melihat apakah mereka muncul setelah makan makanan tertentu sehingga mereka tahu yang mana yang harus dihindari.
Pemicu umum untuk hot flash meliputi:
  • makanan pedas
  • kafein
  • alkohol
  • makanan panas atau cairan

6. Cobalah relaksasi, teknik pernapasan, atau hipnosis

Stres terkait dengan banyak kondisi kesehatan. Mempelajari cara mengelola stres secara efektif memiliki banyak hasil positif, tidak hanya untuk berkeringat pascamelahirkan.
Menurut studi review tahun 2014 , pelatihan relaksasi, pernapasan yang berjalan, dan hipnosis dapat membantu dengan hot flash, meskipun penulis mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi tautan.
Ketika mencoba untuk tidur di malam hari, atau ketika mengalami berkeringat di malam hari, wanita dapat mencoba teknik relaksasi berikut:
  • relaksasi otot progresif, atau berfokus pada relaksasi otot-otot setiap bagian tubuh secara bergantian, dari jari-jari kaki ke kepala
  • kesadaran atau meditasi
  • visualisasi atau pemikiran positif
  • bernafas dalam, seperti pernapasan kotak

7. Makan dengan baik dan berolahraga

Menjaga gaya hidup sehat dengan gizi yang baik dan sering berolahraga dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk pulih setelah kehamilan, dan meningkatkan kesehatan fisik danmental .
Ahli diet menyarankan agar orang makan makanan sehat terutama sayuran, dengan beberapa buah, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat untuk meningkatkan kesehatan.

8. Coba Pilates atau pijat

Karena keringat malam dan penyebab ketidaknyamanan lainnya di malam hari, sulit bagi wanita untuk mendapatkan tidur yang cukup setelah melahirkan.
Menurut sebuah studi 2013 , ada beberapa bukti bahwa metode berikut dapat membantu orang untuk tidur selama periode postpartum:
  • Latihan pilates
  • pijat punggung
  • refleksologi kaki
  • cognitive behavioral therapy (CBT) untuk insomnia

9. Tanyakan kepada dokter Anda tentang akar valerian

Akar valerian adalah obat herbal.Orang sering menggunakan akar valerian untuk mendorong tidur atau untuk mengobati kondisi tidur.Berdasarkan popularitas ini, orang mungkin juga ingin mencobanya untuk membantu mereka tidur melalui keringat malam.
Meskipun penggunaan luas valerian, bagaimanapun, bukti ilmiah yang adatidak jelas apakah akar valerian membantu orang untuk tidur atau tidak.Lebih banyak penelitian berkualitas tinggi diperlukan. Orang-orang mungkin ingin bertanya kepada dokter mereka untuk informasi lebih lanjut tentang obat herbal ini.

Kapan harus ke dokter

Orang harus mengunjungi dokter jika mengalami salah satu gejala berikut:
  • sakit dada
  • terus sakit kepala
  • sesak napas
  • demam ketika suhu di atas 100,4 ° F atau 38 ° C
  • kehilangan selera makan

Pandangan

Keringat pascapartum sering terjadi dan biasanya bukan tanda apa pun yang menyebabkan alarm serius.
Menggunakan kain alami yang bernapas, meminum air dingin, dan menjaga agar kamar tidur sejuk akan membuat sedikit lega karena berkeringat.
Jika berkeringat malam pascapartum tidak membaik dari waktu ke waktu, atau jika orang mengalami gejala lain, mereka harus menghubungi dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara meredakan keringat malam pascapartum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel