June 17, 2018

Mengapa saya bangun depresi?

KUTULIS INFOAda banyak tipe depresi. Beberapa, yang disebut variasi diurnal, melibatkan gejala yang semakin memburuk pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.

Gejala depresi dapat meliputi perasaan tidak berdaya, kesedihan, dan keputusasaan, dan ini mungkin lebih buruk di pagi hari. Istilah umum untuk variasi harian ini adalah depresi pagi.

Diurnal berarti gejala-gejala tampaknya terjadi atau bertambah parah setiap hari pada waktu yang hampir bersamaan. Bagi sebagian orang, ini terjadi pada sore atau malam hari.
Mengapa saya bangun depresi?

Gejala depresi pagi
Seseorang dengan depresi pagi akan memiliki gejala diagnostik gangguan depresi mayor. Gejala-gejala ini akan muncul atau, lebih sering, mengintensifkan di pagi hari.
Gejala-gejalanya bisa hilang atau terasa kurang berat seiring berlalunya hari.
Dokter mendiagnosa depresi sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, Edisi Kelima (DSM-5).
Untuk menerima diagnosis depresi, seseorang harus mengalami lima atau lebih gejala yang tercantum di bawah ini selama 2 minggu atau lebih.
Aspek yang menentukan dari kondisi ini adalah suasana hati yang tertekan atau kehilangan minat atau kesenangan dalam kegiatan yang pernah dinikmati.
Gejala lain termasuk:
  • suasana hati yang tertekan berlangsung hampir sepanjang hari, hampir setiap hari, meskipun mungkin lebih buruk pada waktu-waktu tertentu dalam sehari
  • berkurang atau tidak ada kesenangan di hampir semua kegiatan
  • penurunan berat badan yang signifikan tanpa usaha atau penurunan nafsu makan
  • sulit tidur atau tidur terlalu banyak
  • kegelisahan di sebagian besar hari dalam seminggu
  • kelelahan atau perasaan tidak berenergi sepanjang sebagian besar minggu
  • perasaan tidak berharga atau rasa bersalah yang berlebihan
  • kesulitan berkonsentrasi, berpikir, atau membuat keputusan sepanjang sebagian besar minggu
  • pikiran berulang tentang kematian, bunuh diri, atau menyakiti diri sendiri
Selain itu, seseorang dengan depresi pagi mungkin memperhatikan gejala berikut:
  • kesulitan bangun di pagi hari
  • kesulitan fisik bangkit dari tempat tidur
  • sering tidur berlebihan
  • kesulitan berpikir jernih, terutama di pagi hari
  • kesulitan menyelesaikan tugas rutin pagi, seperti berpakaian dan menyikat gigi
Pada seseorang dengan depresi pagi, gejala-gejala ini akan berkurang atau menghilang seiring berjalannya hari.

Penyebab
Dokter belum mengidentifikasi penyebab depresi pagi tertentu, tetapi ada banyak faktor yang berkontribusi.
Karena depresi pagi terjadi di sekitar waktu yang sama setiap hari, dokter sering menghubungkannya dengan ketidakseimbangan dalam ritme sirkadian seseorang.
Ritme sirkadian tubuh adalah proses yang menandakan siklus tidur-bangun, di antara hal-hal lainnya. Perubahan hormonal sepanjang hari dapat mempengaruhi ritme sirkadian. Salah satu hormon ini adalah melatonin, yang membuat seseorang mengantuk.
Sementara orang-orang yang tidak didiagnosis secara klinis dengan depresi sering mengalami perubahan suasana hati sepanjang hari, orang-orang dengan depresi pagi tampaknya memiliki lebih tinggi dan terendah yang terjadi setiap hari atau hampir setiap hari.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketidakseimbangan dalam jam tubuh internal seseorang dan jumlah tidur dan paparan cahaya dapat menyebabkan perubahan suasana hati, terutama pada mereka yang mengalami depresi.
Selain perubahan pada ritme alami tubuh, beberapa faktor lain dapat berkontribusi pada depresi pagi dan gangguan depresi mayor. Faktor-faktor ini termasuk:
  • riwayat keluarga depresi
  • kecanduan narkoba atau alkohol di masa lalu atau yang sedang berlangsung
  • kondisi medis yang dapat mempengaruhi suasana hati seseorang, seperti gangguan tidur, sakit kronis, kecemasan , dan gangguan attention deficit hyperactivity ( ADHD )
  • perubahan terbaru dalam situasi kehidupan, seperti perceraian atau kehilangan orang yang dicintai
  • trauma

Diagnosa
Dokter mulai mendiagnosis depresi dan variasi diurnal, seperti depresi pagi, dengan menanyakan seseorang tentang gejalanya.
Mereka mungkin bertanya tentang perubahan suasana hati, tidur, berat badan, dan nafsu makan. Dokter akan mencoba untuk menentukan berapa lama gejala-gejala ini telah berlangsung dan apakah mereka membaik atau semakin memburuk.
Mereka juga akan mencoba untuk mengesampingkan kemungkinan penyebab lain, seperti kondisi medis yang dapat menyebabkan gejala serupa. Hypothyroidism adalah salah satu contoh.
Beberapa obat juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan gejala depresi, jadi dokter juga akan bertanya tentang obat apa pun yang dikonsumsi seseorang.

Pengobatan
Siapa pun yang memiliki pikiran ingin bunuh diri atau pikiran mencelakakan diri harus mencari perhatian medis darurat. Seorang dokter dapat membantu memberikan perawatan segera dan berkelanjutan.
Banyak perawatan untuk depresi ada. Mereka termasuk:
  • Psikoterapi : Ini dapat membantu seseorang mengenali pola pikir negatif dan mempelajari perilaku positif. Terapi kelompok atau keluarga dapat membantu memperkuat hubungan.
  • Obat-obatan : Di antara yang dapat membantu adalah anti-depresan, penstabil mood, dan antipsikotik. Mungkin perlu waktu dan beberapa trial-and-error untuk menemukan obat dan dosis yang tepat.
  • Latihan Berolahraga secara teratur, terutama di luar rumah, dapat membantu mengurangi gejala depresi ringan hingga sedang. Berolahraga di luar dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan depresi pagi, karena dapat mengurangi insomnia dan memastikan banyak paparan cahaya alami.
  • Terapi stimulasi otak : Meskipun jarang terapi lini pertama, terapi stimulasi otak, seperti terapi elektrokonvulsif dan stimulasi magnetik transkranial berulang, dapat mengurangi gejala depresi berat.
Beberapa orang juga mendapat manfaat dari terapi alternatif, termasuk akupunktur , meditasi, dan yoga Meskipun ini dapat membantu orang untuk merasa lebih baik dan menjaga kesehatan mental yang baik dari waktu ke waktu, mereka seharusnya tidak mengganti perawatan medis untuk gangguan depresi utama.

Mengatasi
Saat mengejar perawatan medis, seseorang mungkin ingin mengadopsi kebiasaan yang dapat membantu mereka mengatasi gejala. Perubahan positif dapat meliputi:
  • Memperbaiki kebersihan tidur Seseorang dapat membantu untuk mempromosikan tidur yang berkualitas lebih baik dengan menggelapkan kamar tidur, menjaga suhu tetap dingin, dan menghilangkan gangguan dari layar, seperti pada ponsel, komputer, dan televisi.
  • Bersiap untuk pagi berikutnya di malam hari Menetapkan pakaian dan barang-barang untuk bekerja atau sekolah, dan menyusun makan siang terlebih dahulu dapat membuat pagi hari lebih mudah jika seseorang memiliki sedikit motivasi atau energi ketika mereka bangun.
  • Cukup istirahat Tidur dan bangun pada saat yang sama, dan mencoba untuk mendapatkan 8 jam tidur per malam dapat memperbaiki gejala.
  • Membiarkan waktu tambahan di pagi hari Bangun lebih awal atau sesuaikan jadwal kerja untuk memulai nanti, jika mungkin, dapat mengurangi tekanan dan stres di pagi hari.
  • Menggunakan isyarat cahaya Cahaya dapat berkomunikasi dengan tubuh bahwa itu adalah pagi dan waktu untuk bangun. Membuka tirai segera atau mengatur waktu lampu overhead untuk menyala pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu tubuh untuk bangun.
Seorang dokter atau terapis dapat membuat rekomendasi individu berdasarkan gejala dan kebutuhan seseorang.
Pandangan
Menurut beberapa penelitian, depresi pagi adalah bentuk umum depresi diurnal.
Jika seseorang mengalami depresi pagi, perawatan dan dukungan medis tersedia untuk membantu.
Advertisement

No comments:

Post a Comment