May 30, 2018

Sepuluh tips untuk berhenti merokok

KUTULIS INFOKebanyakan orang sekarang sadar bahwa merokok adalah penyebab utama kematian dan penyakit prematur yang dapat dicegah: menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke, dan penyakit paru-paru. Untuk alasan ini, banyak orang ingin berhenti.

Penelitian menunjukkan bahwa, dengan pendekatan yang tepat, adalah mungkin untuk berhenti dengan rutinitas yang tidak sehat dan menghentikan kebiasaan itu sekali dan untuk selamanya.
Berikut ini sepuluh metode paling efektif yang digunakan untuk berhenti merokok dan tetap berhenti.


merokok

1. Terapi penggantian nikotin (NRT)
Nikotin dalam rokok bersifat adiktif , itulah sebabnya mengapa orang mengalami gejala penarikan yang tidak menyenangkan ketika mereka mencoba berhenti. Terapi penggantian nikotin (NRT) menyediakan nikotin tingkat rendah tanpa bahan kimia beracun lainnya dalam asap tembakau.
Ini membantu meringankan beberapa gejala penarikan nikotin, seperti mengidam yang kuat, mual, kesemutan tangan dan kaki, insomnia , perubahan suasana hati, dan kesulitan berkonsentrasi. NRT tersedia sebagai:
  • gusi
  • tambalan
  • semprotan
  • inhaler
  • lozenges
Tambalan dapat dibeli di apotek tanpa resep. Mereka bertindak dengan perlahan-lahan melepaskan nikotin, yang diserap ke dalam tubuh melalui kulit. Selama 8-12 minggu, jumlah nikotin yang terpapar pada tubuh secara bertahap dikurangi dengan beralih ke patch dosis yang lebih rendah sampai tidak lagi diperlukan. Beberapa orang memakai tambalan mereka sepanjang waktu dan memberikan nikotin dosis stabil selama 24 jam, sementara yang lain menghapus tambalan mereka di malam hari. Diskusikan pilihan mana yang tepat untuk Anda dengan dokter Anda.
Inhaler, permen karet, lozenges, dan semprotan bekerja dengan cepat, tetapi efeknya hanya bertahan untuk waktu yang singkat. Dengan demikian, sering direkomendasikan bahwa patch digunakan untuk memberikan dosis harian nikotin dan produk-produk yang bertindak cepat yang digunakan untuk menghilangkan rasa ngidam yang kuat.
Bukti menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi NRT dapat secara signifikan meningkatkan peluang keberhasilan dibandingkan dengan hanya menggunakan satu produk.

2. Varenicline
Varenicline (Champix) bekerja dengan memicu pelepasan dopamin. Dopamine adalah utusan kimia yang membantu mengontrol pusat penghargaan dan kesenangan otak. Merokok meningkatkan kadar zat kimia yang terasa baik ini di tubuh secara artifisial. Jadi, ketika perokok berhenti, mereka sering mengalami depresi dan kecemasan sampai tingkat produksi dopamin alami mereka pulih.
Varenicline membantu mengatasi tingkat dopamin rendah dan mengurangi beberapa gejala yang disebabkan oleh penarikan nikotin. Pada saat yang sama, itu menghalangi efek yang memuaskan dari nikotin jika orang itu kambuh dan merokok. Dengan demikian, ini juga berguna untuk mengurangi efek penguat nikotin.

3. Bupropion
Bupropion (Zyban) adalah antidepresan , tetapi telah ditemukan untuk membantu orang berhenti merokok. Seperti varenicline, mengurangi kekurangan dopamine yang dialami pada penarikan nikotin dan dengan demikian dapat mengurangi iritabilitas dan kesulitan dalam berkonsentrasi yang terkait dengan berhenti merokok.
Bupropion mungkin sangat berguna bagi mereka yang peduli dengan potensi penambahan berat badan saat berhenti merokok karena telah terbukti mengurangi nafsu makan dan kecenderungan untuk makan berlebihan.

4. E-rokok
Sebuah e-rokok adalah perangkat elektronik yang memungkinkan untuk menghirup nikotin dalam uap tanpa produk sampingan berbahaya lainnya dari tembakau, seperti tar dan karbon monoksida.
Penelitian baru menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membantu berhenti merokok karena orang dapat secara bertahap mengurangi kandungan nikotin dari e-liquid dengan cara yang mirip dengan NRT. Namun, ada beberapa kontroversi dalam literatur tentang pendekatan ini untuk berhenti merokok.

5. Allen Carr's Easyway
Banyak orang telah berhasil berhenti merokok menggunakan Allen Carr's Easyway Ini adalah buku terlaris di dunia tentang cara berhenti merokok. Ini bekerja dengan membantu perokok memahami kesalahpahaman umum tentang mengapa mereka merokok dan membantu mereka untuk mengatasi ketakutan yang membuat mereka kecanduan merokok.
Studi ini menunjukkan bahwa perokok yang mengikuti metode Allen Carr enam kali lebih mungkin untuk tidak merokok setelah 13 bulan dibandingkan dengan kalkun dingin .

6. Lobelia
Ada bukti anekdotal yang menunjukkan bahwa lobelia (juga disebut tembakau India) dapat membantu orang untuk berhenti merokok. Lobeline, bahan aktif di lobelia plant, diperkirakan bekerja dengan mengikat ke situs reseptor yang sama di otak seperti nikotin, menyebabkan pelepasan dopamine, sehingga membantu dengan perubahan suasana hati dan keinginan yang muncul ketika berhenti merokok.
Lobelia mungkin juga efektif dalam membantu membersihkan lendir berlebih dari saluran pernapasan, termasuk tenggorokan, paru-paru, dan tabung bronkus yang sering dialami perokok saat berhenti, namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ini akurat.

7. Vitamin B dan C
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perokok umumnya memiliki konsentrasi vitamin B yang bersirkulasi lebih rendah dan kadar vitamin C yang lebih rendah dibandingkan dengan non-perokok. Perokok sering menyebut stres sebagai salah satu pemicu yang meningkatkan keinginan untuk merokok. Vitamin B dikenal sebagai vitamin "anti-stres" dan mereka dapat membantu menyeimbangkan suasana hati.
Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif yang disebabkan oleh asap rokok. Jadi melengkapi dengan vitamin ini dapat membantu ketika berhenti merokok.

8. Gunakan aplikasi untuk melacak kebiasaan
Kebiasaan seperti merokok dipicu sebagai respons terhadap isyarat tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengulangan tindakan sederhana dalam pengaturan tertentu mengarah pada tindakan yang diaktifkan dalam pengaturan yang serupa; misalnya, secara otomatis merokok dengan kopi pagi Anda .
Namun kebiasaan yang sehat dapat dibentuk dengan mengulang tindakan yang sehat secara konsisten dalam konteks yang sama, dan ada berbagai aplikasi online gratis yang dapat membantu melacak kemajuan Anda.
Aplikasi ini dapat membantu melacak konsumsi rokok dan isyarat nikotin; informasi ini kemudian dapat digunakan untuk merencanakan kapan dan di mana untuk memperkuat kebiasaan baru yang sehat di tempat yang lama tidak sehat.

9. Buat daftar
Bagi para perokok yang berencana untuk berhenti menggunakan kalkun dingin, membuat daftar untuk tetap termotivasi dapat membantu ketika waktu menjadi sulit. Alasan tersebut dapat meliputi:
  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  • Menabung.
  • Menetapkan contoh yang baik untuk anak-anak.
  • Terlihat lebih baik dan berbau lebih baik.
  • Mengambil kendali dan menjadi bebas dari kecanduan .
Dengan meninjau daftar setiap hari dan terutama di saat-saat sulit, perokok dapat melatih pikiran untuk fokus pada aspek positif dari tujuan mereka dan memperkuat keinginan mereka untuk berhenti.

Baca Juga :


10. Berlatih Tai Chi
Sebuah studi dalam Journal of Addiction and Therapy menunjukkan bahwa berlatih Tai Chi tiga kali seminggu adalah cara yang efektif untuk membantu orang "berhenti merokok atau mengurangi kebiasaan mereka." Manfaat tambahan dari Tai Chi adalah meningkatkan tekanan darah dan mengurangi stres. Praktik-praktik pikiran-tubuh seperti yoga , meditasi, dan Tai Chi menawarkan pilihan pengobatan bebas-obat alternatif bagi mereka yang mencoba berhenti.
Mengapa tidak mencoba beberapa langkah di atas untuk berhenti merokok hari ini? Kombinasi terapi lebih mungkin menghasilkan kesuksesan daripada pendekatan tunggal. Jika terjadi kekambuhan, cobalah untuk menentukan alasan untuk tergelincir dan coba lagi; kebanyakan perokok mencoba berhenti beberapa kali sebelum akhirnya menendang kebiasaan itu.
Advertisement

No comments:

Post a Comment