Bisakah vitamin D meredakan nyeri sendi?

KUTULIS INFOVitamin D adalah nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan peningkatan nyeri sendi dan otot, tetapi penelitian hingga saat ini tidak dapat disimpulkan.
Sebuah vitamin D kekurangan dapat mempengaruhi fisik dan kesehatan mental , tetapi banyak orang memiliki tingkat rendah vitamin D tanpa menyadarinya. Gejala fisik defisiensi mungkin termasuk nyeri otot pada sendi, termasuk nyeri rheumatoid arthritis (RA), yang sering terjadi pada lutut, kaki, dan pinggul.
Dalam artikel ini, kami melihat bukti hubungan antara vitamin D dan nyeri sendi. Kami membahas bagaimana orang dapat memperoleh vitamin D dan apa asupan harian mereka seharusnya.

Bisakah vitamin D meredakan nyeri sendi?

Mengapa kita membutuhkan vitamin D?
Vitamin D adalah nutrisi yang membantu mengatur jumlah kalsium dalam tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang.
Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang menjadi lunak dan menjadi lemah. Ini disebut osteomalasia pada orang dewasa dan rakhitis pada anak-anak. Vitamin D juga dapat membantu mencegah osteoporosis , yang merupakan kondisi lain yang melemahkan tulang.
Selain itu, vitamin dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu untuk mengelola kondisi autoimun seperti RA, diabetes tipe 1 , dan multiple sclerosis (MS).
Gejala kekurangan vitamin D bervariasi dari orang ke orang. Gejala-gejala yang khas termasuk:
  • kelelahan
  • nyeri sendi
  • nyeri otot dan kelemahan
  • sakit tulang
  • masalah pernapasan
  • kekhawatiran neurologis termasuk mati rasa
  • suasana hati rendah, khususnya gangguan afektif musiman (SAD)

Vitamin D dan nyeri sendi
Vitamin D sangat penting untuk fungsi tulang dan otot dan mungkin memiliki efek anti-inflamasi. Akibatnya, banyak orang percaya bahwa vitamin D berperan dalam meredakan nyeri sendi, terutama di mana peradangan adalah penyebabnya.
Beberapa penelitian menghubungkan kekurangan vitamin D dengan RA, yang merupakan kondisi peradangan kronis yang mempengaruhi sendi.
  • Tinjauan studi dari 2016 menunjukkan bahwa orang dengan RA memiliki lebih sedikit vitamin D dalam darah mereka daripada orang tanpa RA. Mereka juga menemukan bahwa orang dengan RA lebih mungkin memiliki kekurangan vitamin D.
  • Sebuah makalah penelitian dari 2012 menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menjadi faktor risiko untuk timbulnya penyakit inflamasi seperti RA dan dapat meningkatkan keparahan kondisi tersebut.
  • Suplementasi vitamin D bermanfaat untuk pencegahan osteoporosis. Penderita RA memiliki risiko patah tulang osteoporosis yang lebih tinggi dan mengalami nyeri sendi yang lebih besar, jadi suplementasi dianjurkan.
  • Vitamin D juga dapat membantu meningkatkan mood dan gejala depresi .
Namun, penelitian Cochrane skala besar dari 2015 menyimpulkan bahwa bukti saat ini tidak cukup kuat untuk menetapkan hubungan pasti antara defisiensi vitamin D dan kondisi nyeri kronis seperti RA. Oleh karena itu, peneliti perlu memberikan lebih banyak bukti.

Bagaimana cara mendapatkan vitamin D
Tubuh dapat membuat vitamin D melalui paparan sinar matahari atau mendapatkan vitamin D dari makanan. Sumber utama vitamin D meliputi:

Sinar matahari
Saat mengekspos kulit telanjang ke matahari, tubuh dapat membuat vitamin D dari sinar ultraviolet B (UVB).
Meskipun sinar matahari merupakan sumber vitamin yang sangat baik, penting untuk menghindari sinar matahari tengah hari yang panas untuk mencegah pembakaran. Overexposure dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit .
Ketika menghabiskan waktu di bawah sinar matahari lebih sulit, seperti selama bulan-bulan musim dingin, jauh lebih sulit untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang cukup dari sinar matahari, jadi mungkin perlu untuk mendapatkan vitamin ini dari sumber makanan sebagai gantinya.

Makanan
National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan bahwa orang dewasa memiliki 15 mikrogram (mcg) vitamin D per hari.
Makanan di bawah ini adalah beberapa dari sedikit yang kaya vitamin D, sehingga diet harus mencakup beberapa dari ini setiap hari jika memungkinkan:
  • ikan berminyak, seperti salmon, mackerel, dan tuna
  • susu yang diperkaya
  • hati sapi
  • kuning telur
  • jamur
  • sereal sarapan yang diperkaya

Suplemen
Beberapa orang, seperti vegetarian atau orang dewasa, mungkin kesulitan mendapatkan cukup vitamin D, terutama di musim dingin.
NIH menyarankan bahwa suplemen mungkin berguna untuk:
  • orang dewasa yang lebih tua, karena kulit kehilangan kemampuannya untuk mensintesis vitamin D secara efektif
  • orang dengan kulit yang lebih gelap, karena mungkin lebih sulit bagi kulit untuk menggunakan sinar matahari untuk produksi vitamin D
  • bayi yang diberi ASI, karena status vitamin D mereka bergantung pada orang lain
Adalah mungkin untuk mendapatkan suplemen vitamin D dari toko obat atau online .
Terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan keracunan, jadi sebaiknya berbicara dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengambil suplemen baru dan mematuhi dosis yang mereka Rekomendasi kan. 

Vitamin lain untuk nyeri sendi
Nyeri sendi sering merupakan tanda peradangan. Meskipun masih ada kurangnya pemahaman seputar peran makanan dalam mediasi nyeri sendi, orang tidak boleh mengabaikan dampak diet dan nutrisi tertentu.
Nutrisi lain yang mungkin membantu meredakan nyeri sendi meliputi:
  • probiotik, menurut sebuah studi 2017 , di mana penyakit autoimun adalah penyebab rasa sakit
  • asam lemak tak jenuh ganda omega-3 , menurut studi 2017
  • kalsium
  • vitamin K
Dalam review terbaru dari 2018 , para peneliti menyarankan bahwa mengikuti diet Mediterania dapat membantu mengelola rasa sakit dan meningkatkan kesehatan fisik.
Selain itu, diet yang kaya antioksidan dari buah berwarna cerah, sayuran, kacang, dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit.

Pandangan
Kekurangan vitamin D adalah umum, tetapi paparan sinar matahari alami dan makan makanan kaya vitamin D dapat membantu mencegah kondisi tersebut.
Kekurangan vitamin D tampaknya umum pada pasien dengan RA, dan kadar vitamin D yang lebih rendah juga dapat berkontribusi terhadap keparahan nyeri sendi. Namun, perlu ada lebih banyak penelitian di bidang ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisakah vitamin D meredakan nyeri sendi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel