Anda tidak harus menjadi 'vegetarian murni' untuk memetik manfaatnya

Menurut data baru, diet yang kaya dengan makanan nabati dan rendah daging - tanpa mengikuti diet vegetarian atau vegan - dapat menawarkan perlindungan terhadap obesitas pada orang dewasa setengah baya dan yang lebih tua.
Para ahli sudah tahu bahwa pola makan yang menekankan makanan nabati berbasis hewani - seperti diet vegetarian atau vegan - dapat menurunkan risiko obesitas .
Namun, para ilmuwan belum tahu seberapa ketat diet ini perlu diikuti untuk mengurangi risiko menjadi kelebihan berat badan atau obesitas di kemudian hari.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa, di Amerika Serikat, obesitas tertinggi di antara orang dewasa setengah baya dan yang lebih tua.
Sekitar 40 persen anak berusia 40-59 tahun dan 37 persen orang dewasa berusia 60 tahun ke atas mengalami obesitas, dibandingkan dengan sekitar 32 persen dari mereka yang berusia 20–39 tahun.

Anda tidak harus menjadi 'vegetarian murni' untuk memetik manfaatnya

Menganalisis data dari Studi Rotterdam
Sebuah tim dari Pusat Medis Universitas Erasmus, yang berbasis di Rotterdam, Belanda, memeriksa informasi kesehatan jangka panjang yang dikumpulkan sebagai bagian dari Studi Rotterdam. Data termasuk 9.661 orang dewasa dengan usia rata-rata 62 tahun yang mengambil bagian dalam studi berbasis populasi yang sedang berlangsung ini.
Secara khusus, para peneliti tertarik pada diet peserta, indeks massa tubuh ( BMI ), lingkar pinggang, berat badan dalam kaitannya dengan tinggi badan (indeks massa lemak), dan persentase lemak tubuh.
Tim menciptakan sistem penilaian untuk mengkategorikan jumlah makanan nabati yang dikonsumsi peserta dibandingkan dengan jumlah makanan berbasis hewani yang mereka konsumsi.
Dalam sistem ini, para peserta menerima poin untuk makan kacang, buah-buahan, dan sayuran, dan dikurangi poin untuk makan daging, susu, dan ikan. Jadi, semakin tinggi skor individu, semakin erat mereka berpegang pada pola makan nabati.
Hasil mereka baru-baru ini dipresentasikan di Kongres Eropa tentang Obesitas , yang diadakan di Wina, Austria.

Diet berbasis tanaman dan skor BMI
Tim menemukan bahwa orang dengan skor tertinggi pada indeks lebih mungkin memiliki BMI lebih rendah dalam jangka panjang. Asosiasi ini masih berlaku setelah memperhitungkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil, seperti total asupan energi, tingkat aktivitas fisik, dan latar belakang sosial ekonomi.
Peserta dengan skor 10 pada indeks secara signifikan lebih rendah rata-rata BMI dan skor indeks massa lemak dibandingkan dengan peserta yang mencetak nol pada indeks. Skor yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan lingkar pinggang yang lebih rendah dan persentase lemak tubuh yang lebih rendah.
Studi ini menunjukkan bahwa hubungan ini lebih kuat pada orang yang berusia 45-65 dibandingkan mereka yang berusia di atas 65 tahun.
Yang penting, para peneliti menjelaskan bahwa ada berbagai cara agar peserta dapat mencapai skor yang lebih tinggi tanpa harus sepenuhnya menjadi vegan atau vegetarian. Misalnya, menukar 50 gram daging merah dengan 200 gram sayuran setiap hari akan memberi seseorang nilai yang tinggi.
Penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa temuan ini hanya dapat menunjukkan hubungan antara pola makan nabati yang tinggi dan mengurangi kemungkinan kelebihan berat badan atau obesitas. Hasilnya tidak membuktikan sebab dan akibat.
"
Penelitian kami menunjukkan bahwa pola makan berbasis nabati dan lebih banyak berbasis hewani di luar kepatuhan ketat terhadap pola makan vegan atau vegetarian mungkin bermanfaat untuk mencegah kelebihan berat badan / obesitas pada populasi paruh baya dan lansia. "
-
Penulis studi utama, Zhangling Chen
Dia melanjutkan, "Dengan kata lain, makan diet nabati untuk melindungi terhadap obesitas tidak memerlukan perubahan radikal dalam diet atau penghapusan total daging atau produk hewani."

"Sebaliknya," tambah Chen, "dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti pengurangan konsumsi daging merah secara moderat atau makan lebih banyak sayuran. Ini mendukung rekomendasi saat ini untuk beralih ke diet yang kaya makanan nabati dengan konsumsi makanan hewani yang rendah. "

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda tidak harus menjadi 'vegetarian murni' untuk memetik manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel