Sudah waktunya Anda melakukan detoks media sosial?

KUTULIS INFO Di dunia sekarang ini, media sosial adalah pusat kehidupan kita. Ini membantu kita untuk tetap berhubungan dengan teman-teman kita, mempromosikan pekerjaan kita, dan mengikuti berita terbaru. Bagaimana jaringan ini berdampak pada kesehatan mental dan fisik kita? Apakah sudah waktunya untuk beristirahat dari online secara permanen?
Saat ini, kami memiliki banyak situs jejaring sosial untuk dipilih, dan pilihannya sepertinya akan terus berkembang.
Banyak orang benar-benar memegang banyak akun, yang dapat mereka gunakan untuk tujuan yang berbeda.

Sudah waktunya Anda melakukan detoks media sosial?

Saya, misalnya, menggunakan satu platform untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, dan satu lagi untuk tetap up to date dengan perkembangan penelitian terbaru.
Kadang-kadang, bagaimanapun, rasa takut merayap masuk: bagaimana jika saya membuang-buang banyak waktu saya membaca berita bukannya benar-benar menulis berita? Bagaimana jika teman-teman Facebook saya berbuat lebih banyak dengan hidup mereka?
Ketika pikiran-pikiran ini menyerang, rasanya seolah-olah media sosial adalah semacam lubang hitam, menyedot waktu serta energi mental dan emosional. Apakah saya lebih baik "mencabut" lebih sering?
Dan sepertinya aku bukan satu-satunya yang memiliki masalah ini. Saat berbicara dengan rekan-rekan saya di kantor Medical News Today , saya belajar bahwa perasaan tidak nyaman yang sama tentang media sosial adalah penyebut umum.
"Ini membawa saya keluar dari 'sekarang' sepanjang waktu," seorang rekan melaporkan, dan beberapa yang lain mengatakan bahwa mereka khawatir dengan efek "ruang gema" jejaring sosial. Juga, rekan-rekan yang sudah mengatakan selamat tinggal mereka ke media sosial masih berdiri dengan keputusan mereka dengan sepenuh hati.
"Saya telah berhenti menggunakan [media sosial] karena 'takut kehilangan' dan selalu sedih tentang orang lain melakukan hal-hal menyenangkan atau tampil melakukan hal-hal yang menyenangkan," kata seorang rekan seperti itu.
"
Saya tahu bahwa itu semua adalah dunia fantasi tetapi tidak mungkin untuk tidak tersedot ke dalamnya dan merasa seolah hidup Anda 'kurang menyenangkan' daripada yang lain. Saya jauh lebih bahagia tanpa [akun ini]. "
Selama beberapa tahun terakhir, banyak orang - terutama dari generasi muda - telah meninggalkan situs web jejaring sosial.
Pembicaraan viral dari mereka yang meninggalkan media sosial selama sebulan atau lebih - seperti ini - menunjukkan bahwa detox yang tepat telah membantu mereka menjadi lebih rileks, fokus, dan produktif. Tetapi apakah penelitian ilmiah mendukung kesimpulan yang bersifat anekdot ini?
Peringatan spoiler: ya. Dan inilah yang dikatakannya.

Sudah waktunya Anda melakukan detoks media sosial?

1. Media sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental
Sejumlah penelitian telah menghubungkan penggunaan media sosial dengan peningkatan tingkat depresi kecemasan , dan isolasi.
Penelitian telah mengungkapkan bahwa pengguna yang lebih muda dan lebih tua sama-sama berada dalam bahaya melanggar tekanan standar kecantikan yang tidak dapat diraih dan kesuksesan, yang sering kali melekat pada cara kerja situs web jejaring sosial.
Sebuah studi yang diterbitkan bulan lalu menemukan bahwa di antara anak-anak berusia 10 tahun yang aktif di Internet, akun media sosial "dapat memiliki dampak [negatif] pada kesejahteraan nanti di masa remaja dan mungkin sepanjang masa dewasa," para penulis menjelaskan .
Di antara pengguna dewasa muda, media sosial terutama meningkatkan kejadian kecemasan dan depresi, menurut hasil penelitian yang cukup besar yang dilakukan pada tahun 2016.
Bahkan, para peneliti melihat bahwa pengguna yang sering memeriksa akun mereka memiliki risiko depresi lebih dari dua kali lipat daripada rekan sebaya yang kurang berorientasi media sosial.
Ini mungkin sebagian disebabkan oleh fakta bahwa jejaring sosial menciptakan kebutuhan buatan yang tersedia 24/7 , untuk menanggapi pesan dan reaksi emoji secara instan. Namun, sikap ini menciptakan sejumlah tekanan rendah yang tidak diperlukan yang memengaruhi kesehatan emosi kita.
Dan, terlepas dari fakta bahwa platform tersebut seharusnya meningkatkan rasa keterkaitan kita dengan orang lain, penelitian telah menemukan bahwa mereka benar-benar memiliki efek sebaliknya: mereka membuat pengguna yang berdedikasi lebih kesepian dan lebih terisolasi .
Namun, ini seharusnya tidak mengejutkan kita. Hyperconnectedness terjadi pada tingkat yang dangkal, menghilangkan semua elemen ekstra yang membuat komunikasi lebih berharga dan konstruktif secara psikologis.
Unsur-unsur seperti itu termasuk kontak mata, bahasa tubuh, kemungkinan mendengarkan perubahan nada bicara lawan bicaramu, atau kemungkinan sentuhan fisik.

2. Interaksi online dapat merusak hubungan
Situs web media sosial juga dapat mempromosikan kesepian dengan merusak kualitas hubungan dengan cara langsung dan tidak langsung.
Pertama, hanya ada begitu banyak yang dapat Anda kendalikan ketika menyangkut teman-teman Anda - atau sering "teman" - bagikan tentang Anda di akun media sosial mereka.
Mungkin kenalan baru menganggap itu lucu, misalnya, untuk membagikan foto yang tidak menarik dari Anda berdua di bar setelah bekerja.
Atau, mungkin sepupu ketiga Anda geli dengan gagasan menandai Anda dalam meme dengan implikasi yang meragukan.
Situasi semacam itu dapat menyebabkan rasa malu yang terbaik, tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Computers in Human Behavior menunjukkan bahwa momen-momen ini sering dapat merusak hubungan dengan cara yang tidak dapat diperbaiki.
"Kami menemukan," jelas rekan penulis studi Yvette Wohn, "bahwa orang-orang yang mencoba menghapus atau membenarkan konten memalukan sebenarnya mengalami penurunan dalam hubungan mereka dengan pelaku."
"Mungkin penting bagi orang untuk mengetahui bahwa mencoba terlibat dalam manajemen tayangan juga dapat mengorbankan hubungan pribadi," tambahnya.
Namun, hal-hal yang kami posting di halaman pribadi kami juga dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan. Komentar, tautan, dan tanda kutip yang dibagikan di luar konteks, atau lelucon yang salah tempat dapat merusak dua kali lipat dalam media yang mendorong berbagi cepat dan membaca cepat.
"Media sosial instan, dalam beberapa kasus dapat menjangkau jutaan orang sekaligus, dan bahkan dapat memicu perilaku. Kita sering bahkan tidak tahu siapa yang mungkin akhirnya membacanya dan bagaimana itu akan mempengaruhi mereka," memperingatkan Nels Oscar, yang melakukan belajar tentang bagaimana situs web jejaring sosial mengabadikan stereotip.
Penelitiannya berfokus pada apa jenis pandangan tentang penyakit Alzheimer dibagi melalui media sosial, dan temuan itu mengejutkan. Studi ini melihat bahwa "21,13 persen dari semua Tweet [...] menggunakan kata kunci terkait penyakit Alzheimer dalam mode stigmatisasi."
"
Sebuah poin yang banyak orang tidak mengerti ketika menggunakan media sosial adalah bahwa tujuan mereka sering tidak relevan. Semua orang akhirnya melihat adalah komentar, tanpa konteks lain, dan harus berurusan dengan rasa sakit yang ditimbulkannya. "
-
Nels Oscar

3. Media sosial dapat memicu perilaku berbahaya
Alasan lain untuk waspada terhadap berapa banyak waktu yang kita habiskan di jaringan media sosial adalah karena mereka dirancang untuk membuat kita kembali lagi.
Tahun lalu, para peneliti di Amerika Serikat dan Belanda melihat pada tingkat di mana kita dikondisikan untuk segera menanggapi - bahkan untuk isyarat visual sederhana yang terkait dengan - media sosial.
Mereka menemukan bahwa hanya melihat logo Facebook membuat orang ingin masuk ke situs web dan melihat umpan mereka. Dengan kata lain, kita telah belajar untuk secara otomatis mengklik seolah-olah pada perintah, tanpa terlalu memikirkannya.
Seperangkat eksperimen lain, yang dilakukan beberapa tahun sebelumnya, mencapai kesimpulan yang bahkan lebih mengkhawatirkan: bahwa cara dangkal yang media sosial ajarkan kepada kita untuk terlibat dengan dunia sebenarnya mendorong perilaku irasional .
Vincent F. Hendricks, dari Universitas Copenhagen, dan Pelle Hansen, dari Universitas Roskilde - keduanya di Denmark - menjelaskan:
"
Dengan munculnya teknologi informasi modern, kita lebih sering daripada tidak mengambil keputusan dasar pada sinyal publik agregat seperti suka, upvotes, atau retweet pada platform media sosial seperti Facebook dan Twitter daripada meluangkan waktu untuk merenung dan merundingkan diri sendiri, dengan konsekuensi yang mungkin berat untuk demokrasi. "
Juga, aspek "rapi" dari apa yang kita lihat di media sosial dapat membawa kita untuk membuat keputusan yang berbahaya, tanpa menyadari betapa berbahayanya mereka sebenarnya.
Satu studi dari University of Houston di Texas menyelidiki bagaimana dan mengapa mahasiswa jatuh ke dalam minuman berat setelah mereka salah membaca postingan yang dibagikan teman-teman mereka secara online.
"Peminum berat cenderung melebih-lebihkan berapa banyak orang lain minum, dan mereka cenderung berpikir bahwa mereka minum kurang dari apa yang normal," catatan studi rekan penulis Nguyen Steers.
Tapi, dia menambahkan, "Ketika peminum berat dihadapkan dengan apa yang sebenarnya normal, mereka biasanya terkejut ketika mereka menyadari bahwa mereka minum jauh di atas normal."

4. Kesehatan fisik kita beresiko
Kehadiran media sosial yang terlalu aktif dapat meninggalkan jejak tidak hanya pada kesehatan mental kita , seperti yang kita catat di atas, tetapi juga pada kesehatan fisik kita - terutama dengan mengubah pola tidur kita.
Sebuah studi tahun 2014 terhadap orang dewasa AS berusia 19–32 menemukan bahwa para peserta memeriksa akun media sosial pilihan mereka selama lebih dari satu jam per hari, rata-rata, dan sekitar 30 kali per minggu.
Dan, 57 persen dari pengguna ini melaporkan gangguan tidur.
Para peneliti menyarankan bahwa alasan di balik mengapa pengguna media sosial dapat mengalami tidur yang buruk dapat meliputi:
  • fakta bahwa mereka merasa terdorong untuk aktif di situs web ini di semua jam, termasuk larut malam
  • kemungkinan penggunaan media sosial "dapat meningkatkan gairah emosional, kognitif, dan / atau fisiologis"
  • fakta bahwa paparan layar terang sebelum tidur telah dikaitkan dengan tidur yang terganggu
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Acta Paediatrica mengatakan bahwa hal yang sama berlaku untuk pengguna yang lebih muda, usia 11-20. Dari 5.242 peserta studi, 73,4 persen melaporkan bahwa mereka menggunakan media sosial setidaknya selama 1 jam setiap hari, dan 63,6 persen melaporkan kurang tidur.
"Dampak media sosial dapat memiliki pola tidur," kata penulis senior Dr. Jean-Philippe Chaput, "adalah topik yang sangat menarik mengingat efek buruk yang terkenal dari kurang tidur pada kesehatan."

5. Media sosial menurunkan produktivitas
Terakhir - tetapi tidak kalah penting - para peneliti telah membuktikan bahwa komitmen kami terhadap platform media sosial dapat berdampak negatif terhadap komitmen kami terhadap kehidupan kreatif dan profesional kami sendiri dengan cara yang rumit.
Sebuah makalah penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal of Applied Social Psychology menyarankan agar kita menghabiskan lebih banyak waktu di jejaring sosial daripada yang kita pikirkan, karena itu membuang salah satu sumber daya paling berharga kita: waktu.
"Kami menemukan bukti," tulis para penulis, "bahwa rangsangan terkait Internet dan Facebook dapat mendistorsi persepsi waktu karena adanya mekanisme terkait perhatian dan rangsangan."

Laporan menunjukkan bahwa bahkan ketika kita sedang bekerja, kita masih menyerah pada kebutuhan untuk memeriksa "suka" dan komentar terbaru, meskipun kita tahu kita tidak seharusnya.
Satu set data menemukan bahwa karyawan menghabiskan 2,35 jam per hari, rata-rata, mengakses akun media sosial mereka di tempat kerja. Apakah mengherankan bahwa kadang-kadang kita merasa sulit untuk memenuhi tenggat waktu jika kita ingin menghitung "suka" lagi?
Media sosial juga telah membesarkan banyak binatang berkepala banyak: multitasking. Platform semacam itu mendorong kami untuk terus beralih di antara tugas-tugas, atau mencoba melakukan banyak tugas pada waktu yang sama - seperti mendengarkan video baru teman kami sambil membaca komentar yang tersisa di video tersebut, dan mungkin juga membalas beberapa.
Penelitian menunjukkan , bagaimanapun, bahwa ketika kita melakukan banyak tugas, kita kehilangan kemampuan untuk fokus pada satu tugas pada satu waktu. Oleh karena itu, kita mungkin menemukan bahwa membaca melalui artikel atau posting blog dalam satu sesi menjadi sulit, dan duduk dengan buku 200 halaman mungkin hampir mustahil.
Jadi, jika Anda telah berhasil membaca seluruh artikel ini dan terkait dengan setidaknya beberapa poin di atas, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mempertimbangkan detoks media sosial.
Hapus aplikasi sosial Anda atau pasang widget pemblokiran media sosial di browser Anda, dan lihat bagaimana perasaan Anda setelah beberapa hari - atau minggu, atau bahkan berbulan-bulan - tanpa banyak gangguan.

0 Response to "Sudah waktunya Anda melakukan detoks media sosial?"

Post a Comment