Manfaat fisik dan mental dari berenang

KUTULIS INFOBerenang adalah latihan untuk orang-orang dari segala usia. Itu bisa mudah dan tidak mahal, dan seseorang bisa pergi dengan kecepatan mereka sendiri. Berenang membantu seseorang untuk mendapatkan atau tetap bugar, tetapi manfaatnya juga meluas ke kesehatan mental . Orang yang berusia 19 hingga 64 tahun harus mendapatkan 150 menit aktivitas aerobik sedang setiap minggu. Anak-anak yang lebih muda juga harus aktif secara fisik.
Penting untuk memasukkan latihan latihan kekuatan ke dalam rutinitas apa saja, untuk menjaga otot tetap kuat dan fleksibel. Karena izin kesehatan, ini harus dilanjutkan selama mungkin sepanjang hidup.
Seseorang dapat memilih berenang di atas bentuk latihan lain untuk berbagai alasan. Ini memberikan tubuh latihan menyeluruh dan memiliki banyak keuntungan bagi orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Manfaat fisik dan mental dari berenang

15 manfaat berenang
Berenang menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Lima belas tercantum di bawah ini.

1. Latihan seluruh tubuh
Berenang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama, membutuhkan seseorang untuk menggunakan lengan, kaki, badan, dan perut mereka.
Berenang juga:
  • meningkatkan detak jantung tanpa memberi tekanan pada tubuh
  • meningkatkan kekuatan
  • nada otot
  • meningkatkan kebugaran
  • membantu mengatur berat badan

2. Membangun kekuatan kardiovaskular
Latihan kardiovaskular, sering disebut sebagai kardio, melibatkan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. Rutinitas latihan yang menyeluruh, seperti yang menampilkan renang, akan mencakup jenis latihan ini.
Penelitian menunjukkan bahwa perenang memiliki setengah tingkat kematian orang yang tidak aktif. Sebuah studi dari 2016 menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.

3. Cocok untuk segala usia dan tingkat kebugaran
Beberapa jenis latihan mungkin menantang bagi orang yang baru atau merasa sangat tidak layak.
Namun, berenang memungkinkan seseorang untuk pergi dengan kecepatan mereka sendiri, dan itu dapat mengundang untuk pendatang baru.
Seseorang dapat belajar berenang pada usia yang sangat muda, dan sebagian besar kolam renang memiliki area khusus untuk pemula dan orang yang lebih suka berenang perlahan.

4. Keterampilan luar biasa untuk dimiliki
Manfaat belajar berenang dengan aman dan penuh percaya diri dapat melampaui kebugaran mental dan fisik. Dalam beberapa kasus, itu bahkan dapat menyelamatkan nyawa.

5. Baik untuk orang yang cedera
Memiliki cedera atau kondisi, seperti radang sendi , dapat menyulitkan melakukan olahraga berdampak tinggi.
Karena air dengan lembut mendukung otot-otot, berenang lebih disukai oleh banyak orang yang tidak dapat mengambil bagian dalam latihan high-impact, resistensi tinggi.

6. Baik untuk para penyandang cacat
Cacat fisik, seperti paraplegia, dapat membatasi pilihan latihan.
Karena air memberikan ketahanan dan dukungan, banyak orang menemukan bahwa berenang adalah pilihan yang ideal.
Karena berenang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan keterampilan sosial, itu dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan cacat mental.

7. Membantu penderita asma
Selain membangun kekuatan kardiovaskular, berenang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan kontrol atas pernapasan.
Sementara udara lembab kolam dalam ruangan juga dapat membantu untuk memperbaiki gejala asma beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia yang menggunakan bahan kimia yang digunakan dalam kolam dapat memperburuk gejala.
Mereka juga dapat meningkatkan kemungkinan perenang mengembangkan kondisi.

8. Meningkatkan gejala multiple sclerosis (MS)
Air membuat anggota badan tetap mengambang, sehingga orang dengan MS dapat memperoleh manfaat dari dukungan dan resistansi lembut yang diberikan air.
Satu penelitian mencatat pengurangan rasa sakit yang signifikan ketika orang dengan MS mengambil bagian dalam program renang 20 minggu.
Peserta juga melaporkan peningkatan kelelahan dan depresi terkait MS .

9. Aman saat hamil
Berenang adalah bentuk latihan yang disarankan untuk orang hamil.
Penambahan berat badan dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot selama kehamilan.
Berenang sangat populer di kalangan orang-orang yang hamil karena air dapat mendukung berat badan ini.
Ini membantu merasa lebih nyaman saat tetap bugar.
Itu selalu merupakan ide yang baik untuk berkonsultasi dengan dokter ketika melakukan bentuk aktivitas baru selama kehamilan.

10. Membakar kalori
Berenang adalah cara terbaik untuk membakar kalori Jumlah yang dibakar tergantung pada berat badan seseorang dan seberapa kuat mereka berenang.
Gunakan kalkulator kalori ini untuk menentukan berapa banyak kalori yang dibakar saat berolahraga.

11. Beragam dan menyenangkan
Orang cenderung bosan dengan latihan berulang, tetapi ada banyak cara untuk tetap berenang menarik.
Ada beberapa dorongan untuk menguasai dan bantuan apung untuk dicoba. Juga, kelas aerobik air dan polo, serta balap dan menyelam, dapat membantu menambah variasi.

12. Membantu memperbaiki tidur
Sebuah percobaan yang melibatkan orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia yang dilaporkan peningkatan kualitas tidur pada mereka yang berolahraga secara teratur.
Tinjauan 2010 menetapkan bahwa sekitar setengah dari populasi orang dewasa yang lebih tua melaporkan kesulitan tidur. Jika dapat diakses, berenang mungkin bermanfaat bagi mereka yang mencari tidur yang lebih baik.

13. Meningkatkan suasana hati
Latihan melepaskan endorfin, yang meningkatkan mood. Berenang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial, yang dapat memengaruhi harga diri seseorang.
Sebuah studi percontohan 2014 yang melibatkan orang-orang dengan demensia menunjukkan bahwa mereka yang berenang secara teratur dalam periode 12 minggu menunjukkan peningkatan suasana hati.

14. Mengelola stres
Olahraga adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan kecemasan Itu juga dapat mengalihkan pikiran dari pikiran yang mengganggu.
Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, bahkan 20 menit aktivitas fisik seminggu dapat membantu seseorang merasa lebih santai.

15. Dapat diakses dan terjangkau
Banyak kota dan kota menawarkan kolam renang umum dengan harga diskon. Beberapa menawarkan akses gratis pada waktu-waktu tertentu atau pelajaran berenang gratis.
Berenang di danau atau laut bisa menjadi pilihan yang menarik. Selalu lakukan tindakan pencegahan, seperti memastikan pengawasan, saat berenang di perairan terbuka.

Bawa pulang
Renang membakar kalori dan dapat membantu seseorang menurunkan berat badan, serta melatih otot dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.
Dengan melibatkan beberapa kelompok otot yang berbeda dan sistem kardiovaskular, berenang dapat memberikan latihan yang sangat baik untuk berbagai individu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat fisik dan mental dari berenang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel