Latihan terbaik untuk fibromyalgia

KUTULIS INFOBanyak orang menemukan bahwa melakukan latihan meringankan gejala fibromyalgia mereka. Dalam artikel ini, kami melihat bentuk latihan mana yang paling efektif dan menyelidiki perawatan komplementer lainnya yang dapat membantu.
Fibromyalgia adalah kondisi frustasi dan kurang dipahami yang menyebabkan nyeri kronis. Para peneliti berpikir itu mungkin disebabkan oleh kondisi yang disebut sensitisasi sentral, yang disebabkan oleh saraf yang terlalu aktif.

Apakah olahraga membantu dengan gejala-gejala fibromyalgia?
Orang dengan fibromyalgia biasanya mengalami nyeri kronis yang meluas. Olahraga dapat membantu mencegah nyeri kronis dengan memperkuat otot, mencegah pemborosan otot, dan mengurangi kerusakan otot.
Olahraga juga dapat membantu dengan gejala fibromyalgia lainnya, termasuk depresi , kesulitan berkonsentrasi, yang dikenal sebagai kabut fibro, dan masalah tidur.
Masalah kesehatan mental yang sering terjadi di samping fibromyalgia dapat membuat kondisi lebih buruk bagi sebagian orang. Misalnya, orang yang mengalami depresi mungkin merasa lebih sulit untuk mengelola rasa sakit dan stres .
Penelitian pada orang dengan depresi telah menemukan bahwa olahraga dapat efektif dalam mengurangi beberapa gejala. Sebuah studi 2016 berpendapat bahwa penelitian sebelumnya mungkin telah meremehkan efektivitas latihan untuk memerangi depresi, termasuk depresi terkait dengan fibromyalgia.

Latihan terbaik untuk fibromyalgia

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan bahwa seseorang melakukan latihan intensitas sedang selama 150 menit atau 75 menit aktivitas intensitas tinggi per minggu.
Orang dewasa juga harus melakukan latihan kekuatan-latihan yang menargetkan semua kelompok otot utama setidaknya 2 hari per minggu.
Orang dengan fibromyalgia harus bertujuan untuk melakukan jumlah latihan yang disarankan. Namun, fibromyalgia dapat membuat olahraga menjadi sulit, terutama bagi orang yang mengalami depresi atau kelelahan kronis .
Bahkan hanya beberapa menit latihan seminggu lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Seseorang dengan fibromyalgia mungkin ingin memulai perlahan-lahan dan secara bertahap meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk berolahraga ketika mereka menemukan jenis latihan yang mereka anggap bermanfaat dan menyenangkan.

Latihan terbaik untuk gejala-gejala fibromyalgia
Orang-orang dengan fibromyalgia mungkin mencoba bereksperimen dengan berbagai pendekatan untuk menemukan latihan rutin yang paling berhasil.
Beberapa opsi yang didukung bukti termasuk:

Latihan aerobik
Latihan aerobik, seperti berlari atau berjalan, dapat membantu banyak gejala fibromyalgia. Ulasan 2017 menganalisis penelitian sebelumnya dari latihan aerobik untuk mengobati fibromyalgia. Ulasan tersebut menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup, kekakuan dan rasa sakit, dan dapat meningkatkan fungsi otot.
Namun, tidak ada bukti bahwa olahraga membantu dengan kelelahan. Tinjauan ini juga mengklasifikasikan kualitas bukti sebagai rendah ke sedang, karena banyak studi hanya menggunakan sejumlah kecil peserta.
Orang yang khawatir tentang dampak latihan aerobik pada otot atau persendian harus mempertimbangkan aerobik low-impact, seperti berenang.

Latihan kelompok
Kelas olahraga dapat membantu orang dengan fibromyalgia tetap termotivasi. Pertimbangkan untuk memulai dengan kelas yoga , tai chi, atau aerobik berintensitas rendah .
Beberapa pusat kebugaran dan pusat rekreasi menawarkan kelas latihan khusus untuk orang-orang dengan fibromyalgia, sakit kronis, atau mobilitas rendah. Kelas-kelas ini memberikan lingkungan yang aman bagi orang-orang yang baru saja memulai dengan kebugaran fisik, atau yang berurusan dengan gejala yang menantang.

Tai Chi
Tai chi adalah seni bela diri Tiongkok kuno yang menggabungkan gerakan peregangan dan gerakan lambat. Ini mendorong kesadaran tubuh-pikiran, sehingga dapat membantu dengan gejala fisik dan psikologis fibromyalgia.
Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa tai chi yang diawasi dengan gaya yang bisa sama efektif atau lebih efektif daripada latihan aerobik untuk mengelola gejala-gejala fibromyalgia.
Para peserta dalam penelitian ini mendapat banyak bantuan ketika mereka menghadiri kelas tai chi secara teratur dan teratur. Orang yang menghadiri dua kelas seminggu selama 24 minggu memiliki perbaikan yang paling signifikan pada ukuran gejala seperti yang ditunjukkan oleh Fibromyalgia Impact Questionnaire (FIQR).
Kelompok itu melihat penurunan gejala rata-rata 16,2 poin. Semua peserta tai chi melihat peningkatan gejala rata-rata 5,5 poin. Penurunan gejala 8,1 poin dianggap signifikan secara klinis.

Perlawanan dan latihan kekuatan
Latihan ketahanan memperkuat otot dan dapat memperbaiki gejala fibromyalgia. Sebuah studi 2015 wanita dengan fibromyalgia menemukan bahwa pelatihan resistensi progresif dikaitkan dengan kesehatan keseluruhan yang lebih besar, pereda nyeri, dan kekuatan otot.
Berbagai macam rutinitas latihan kekuatan, mulai dari kelas kekuatan kelompok hingga angkat beban di rumah, dapat membantu.

Yoga
Yoga menawarkan peregangan lembut, kesadaran pikiran-tubuh, dan pendekatan yang lambat dan mantap untuk kebugaran fisik. Sebuah studi 2017 menemukan bahwa yoga dapat membantu banyak gejala fibromyalgia, termasuk kecacatan yang dirasakan, depresi, dan rasa takut terhadap gerakan.
Studi ini menunjukkan bahwa yoga mungkin juga berfungsi sebagai jembatan untuk bentuk-bentuk latihan lain, seperti aerobik, bagi orang-orang yang gejalanya mencegah mereka melakukan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi.
Yoga juga sangat mudah diakses, dengan kelas yang ditawarkan di pusat kebugaran dan pusat komunitas di banyak tempat. Banyak video yoga juga tersedia secara online, termasuk beberapa yang dirancang khusus untuk nyeri kronis. Video di bawah ini menawarkan latihan yang lembut untuk membantu seseorang meningkatkan kekuatan dan tingkat energinya.

Perawatan fibromyalgia lainnya

Banyak orang dengan fibromyalgia menemukan bahwa mereka mendapatkan hasil terbaik ketika mereka menggabungkan beberapa perawatan. Penting untuk berbicara dengan dokter tentang gejala baru dan apakah gejala yang ada membaik atau memburuk.
Beberapa opsi pengobatan yang dapat menawarkan bantuan meliputi:
  • Obat Obat-obat Fibromyalgia seperti Lyrica dapat membantu mengurangi sensitivitas saraf. Beberapa orang mendapatkan bantuan dari antidepresan , yang dapat membantu dengan gejala kesehatan mental dan sakit fisik. Dokter juga dapat meresepkan pereda nyeri atau obat anti inflamasi.
  • Terapi Terapi dapat membantu orang dengan fibromyalgia mengatasi nyeri kronis. Seorang terapis juga dapat membantu perubahan gaya hidup dan menyarankan cara untuk mengurangi atau mengelola stres.
  • Manajemen stres Bagi banyak orang, stres dan trauma adalah pemicu untuk fibromyalgia. Strategi manajemen stres, seperti meditasi, yoga, dan terapi dapat membantu.
  • Mengelola pemicu Beberapa orang dengan fibromyalgia menemukan bahwa hal-hal spesifik, termasuk makanan, stres, dan perubahan musiman, memicu gejala mereka. Mengidentifikasi, menghindari, atau mempersiapkan pemicu ini dapat membantu mengurangi gejala.
  • Pengobatan alternatif dan komplementer Beberapa orang menemukan bantuan dari akupunktur , pijat, diet khusus, dan terapi alternatif lainnya. Bicaralah dengan dokter sebelum mencoba perawatan alternatif, dan pertimbangkan untuk menggunakan obat komplementer bersamaan dengan obat tradisional.

Pandangan
Olahraga mungkin tidak menyembuhkan fibromyalgia, tetapi dapat menawarkan bantuan gejala yang signifikan. Beberapa orang dengan fibromyalgia menghindari gerakan karena rasa sakit mereka. Namun, menghindari gerakan dapat menyebabkan kerusakan otot, ketegangan, penambahan berat badan, dan masalah kesehatan lainnya.
Jadi, mendorong gerakan yang sehat dapat mencegah gejala fibromyalgia semakin memburuk, dan dapat mengurangi risiko berkembangnya komplikasi terkait gaya hidup yang tidak aktif.
Tidak ada latihan yang benar untuk semua orang. Sebaliknya, tujuannya adalah menemukan latihan yang cukup menantang untuk menawarkan latihan yang baik, tetapi cukup nyaman untuk melakukan sebagian besar hari dalam seminggu.
Orang-orang dengan fibromyalgia harus berbicara dengan dokter mereka tentang batasan gerak apa pun terlebih dahulu, dan mencoba berbagai bentuk latihan sampai mereka menemukan yang terbaik bagi mereka.

0 Response to "Latihan terbaik untuk fibromyalgia"

Post a Comment