Cara untuk menghentikan palpitasi jantung

KUTULIS INFO Palpitasi jantung dapat menyebabkan sensasi jantung berdebar atau denyut nadi balap. Palpitasi juga bisa terasa seperti perasaan berdebar di dada atau seperti jantung telah berdetak kencang. Sementara perhatian medis mungkin diperlukan, beberapa pengobatan rumahan dapat membantu menghentikan palpitasi.

Faktor gaya hidup dapat menyebabkan palpitasi jantung. Lebih jarang, kondisi medis yang mendasari bertanggung jawab. Palpitasi dapat dihasilkan dari kondisi berikut, dan mereka membutuhkan perawatan dokter:
  • masalah tiroid
  • irama jantung yang tidak normal, yang dikenal sebagai aritmia
  • atrial fibrilasi
  • gagal jantung , dalam kasus yang jarang terjadi

Home remedies untuk meredakan palpitasi jantung
Metode berikut dapat membantu mengurangi palpitasi.
1. Lakukan teknik relaksasi
Stres dapat memiliki banyak efek buruk pada kesehatan seseorang. Dapat menginduksi palpitasi atau membuatnya lebih buruk.
Ini mungkin membantu untuk mencoba teknik relaksasi berikut:
  • meditasi
  • napas dalam-dalam
  • jurnal
  • yoga
  • menghabiskan waktu di luar rumah
  • berolahraga
  • mengambil jeda singkat dari tempat kerja atau sekolah
  • menggunakan metode pencitraan yang dipandu
2. Kurangi atau hilangkan asupan stimulan
Gejala dapat menjadi nyata setelah menggunakan stimulan.
Berikut ini berisi stimulan:
  • produk tembakau
  • obat-obatan ilegal
  • beberapa obat pilek dan batuk
  • minuman berkafein seperti kopi , teh, dan soda
  • penekan nafsu makan
  • ganja
  • beberapa obat kesehatan mental
  • beberapa obat tekanan darah tinggi
Tidak semua stimulan akan menyebabkan palpitasi pada semua orang.

Cara untuk menghentikan palpitasi jantung

3. Merangsang saraf vagus
Saraf vagus menghubungkan otak ke jantung, dan merangsangnya dapat membantu menenangkan palpitasi. Seseorang dapat melakukannya dengan:
  • menahan nafas dan mendorong ke bawah, seolah-olah melakukan gerakan usus
  • batuk
  • menempatkan es atau handuk dingin, basah di wajah selama beberapa detik
  • tersedak
  • memercikkan air dingin ke wajah
  • nyanyian "Om"
  • mandi air dingin
Sebelum mencoba metode ini, konsultasikan dengan dokter, yang dapat memberi saran tentang teknik terbaik.
4. Jaga elektrolit seimbang
Elektrolit adalah molekul yang ditemukan di seluruh tubuh yang membantu mentransfer sinyal listrik. Sinyal-sinyal ini memainkan peran penting dalam mengatur denyut jantung.
Seseorang dapat meningkatkan jumlah elektrolit dalam tubuhnya dengan makan makanan yang kaya:
  • sodium
  • kalium
  • kalsium
  • magnesium
Diet normal biasanya menyediakan sumber natrium yang cukup.
Makanan berikut ini memiliki kandungan kalium yang tinggi:
  • kentang
  • pisang
  • alpukat
  • bayam
Produk susu dan sayuran hijau gelap kaya akan kalsium. Magnesium juga ditemukan dalam sayuran ini, seperti kacang dan ikan.
Mungkin tergoda untuk mendapatkan nutrisi ini dengan mengonsumsi suplemen. Seseorang harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba suplemen apa pun, terutama jika mereka juga mengonsumsi obat resep.

5. Tetap terhidrasi
Ketika tubuh mengalami dehidrasi, jantung harus bekerja lebih keras untuk mensirkulasikan darah, yang dapat menyebabkan palpitasi jantung.
Minum banyak air sepanjang hari. Jumlah yang disarankan akan bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan apakah seseorang hamil, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).
Seseorang harus minum secangkir penuh atau segelas air ketika:
  • air kencing mereka gelap
  • denyut jantung mereka meningkat
  • mereka memiliki mulut kering
  • mereka merasa haus
  • mereka sakit kepala
  • mereka merasa pusing
  • kulit kering atau pruny
6. Hindari penggunaan alkohol berlebihan
Alkohol adalah depresan dan biasanya tidak meningkatkan detak jantung.
Meskipun minum secukupnya tidak selalu bermasalah, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahkan satu minuman per hari dapat meningkatkan risiko pengembangan fibrilasi atrium. Jantung yang berdebar hanya salah satu gejala dari kondisi ini.
7. Berolahraga secara teratur
Olahraga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan dan mengembalikan irama alami jantung. Itu juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan .
Latihan kardiovaskular membantu memperkuat jantung, yang dapat mencegah atau mengurangi palpitasi.
Latihan yang bermanfaat meliputi:
  • berjalan
  • jogging
  • berlari
  • bersepeda
  • renang
Namun, olahraga dapat memicu palpitasi pada beberapa orang, dan penting untuk mengidentifikasi dan menghindari latihan yang bermasalah.

Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai latihan rutin baru.

Kapan harus ke dokter
Temui dokter jika palpitasi jantung cenderung berlangsung lebih lama dari beberapa detik.
Seorang dokter dapat menentukan apakah suatu kondisi yang mendasari menyebabkan palpitasi.
Kondisi ini biasanya termasuk:
  • penyakit jantung
  • masalah tiroid
  • kegelisahan
  • gagal jantung
  • penyakit katup jantung
Penyebab palpitasi jantung lainnya termasuk:
  • olahraga
  • menekankan
  • dehidrasi
  • penyakit
  • beberapa obat
  • penggunaan narkoba ilegal
  • kehamilan
  • kafein
  • penggunaan tembakau
  • asupan alkohol yang berlebihan
Beberapa obat yang diresepkan dapat menyebabkan palpitasi jantung. Juga, seseorang yang pernah mengalami serangan jantung mungkin lebih mungkin mengembangkan palpitasi.
Perawatan akan tergantung pada penyebabnya. Seorang dokter dapat merekomendasikan hal berikut:
  • operasi
  • obat-obatan
  • alat pacu jantung
  • mengganti obat yang mungkin menyebabkan palpitasi.

Bawa pulang
Palpitasi jantung sering terjadi, dan sering berlangsung selama beberapa detik. Kiat yang tercantum di atas dapat membantu menghentikan palpitasi dan mengurangi kemunculannya.
Bicaralah dengan dokter jika sensasi berlangsung lebih lama dari beberapa detik. Ini mungkin menunjukkan kondisi mendasar yang membutuhkan perawatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara untuk menghentikan palpitasi jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel