Cara meredakan nyeri fibromyalgia

KUTULIS INFO Dokter masih tidak yakin tentang apa yang menyebabkan fibromyalgia, suatu kondisi di mana seseorang merasakan sakit meskipun tidak memiliki tanda-tanda luka fisik atau peradangan. Namun, ada berbagai perawatan alami dan medis yang tersedia yang dapat membantu mengatasi gejalanya.
Artikel ini membahas berbagai cara seseorang dapat mengurangi rasa sakit fibromyalgia menggunakan perawatan medis, obat-obatan, pengobatan rumah, dan produk alami.

Perawatan medis
Beberapa obat yang diresepkan dapat membantu rasa sakit fibromyalgia. Ini termasuk:
1. Obat nyeri over-the-counter
Pereda nyeri over-the-counter (OTC), termasuk aspirin dan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), seperti Naproxen, dapat membantu seseorang untuk mengelola nyeri fibromyalgia. Beberapa orang menemukan bahwa versi OTC dari obat ini bekerja dengan baik. Ketika obat-obat ini tidak efektif, dokter mungkin meresepkan obat nyeri yang lebih kuat.
2. Obat-obatan Fibromyalgia
Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) telah menyetujui tiga obat khusus untuk mengobati fibromyalgia. Mereka termasuk:
  • pregabalin (Lyrica), yang dapat menenangkan saraf yang terlalu aktif
  • duloxetine (Cymbalta), obat yang bekerja pada zat kimia otak yang disebut serotonin dan norepinefrin untuk meredam sinyal nyeri
  • milnacipran (Savella), yang juga bekerja pada serotonin dan norepinefrin untuk mengurangi rasa sakit
Sebuah studi 2018 , misalnya, menunjukkan bahwa orang yang menggunakan pregabalin melaporkan peningkatan dalam rasa sakit, kualitas hidup, suasana hati, dan tidur.
Orang dengan fibromyalgia mungkin perlu mencoba beberapa obat atau dosis berbeda sebelum mereka menemukan kombinasi yang tepat untuk mereka. Bicarakan dengan dokter tentang efek samping, dan tanyakan berapa lama obat akan bekerja. Beberapa obat membutuhkan beberapa minggu untuk menjadi sepenuhnya efektif.

Cara meredakan nyeri fibromyalgia

3. Antidepresan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kadar serotonin kimia membuat orang lebih rentan terhadap fibromyalgia. Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI), yang meningkatkan kadar serotonin, dapat membantu dengan beberapa gejala fibromyalgia.
Juga, hidup dengan fibromyalgia dapat menyebabkan depresi dan kecemasan Beberapa orang menemukan bahwa meminum antidepresan meningkatkan suasana hati mereka, yang membantu mereka mengatasi rasa sakit dengan lebih baik.
4. Obat tidur
Banyak orang dengan fibromyalgia berjuang untuk tidur di malam hari. Kurang tidur dapat memperburuk rasa sakit. Ketika perawatan di rumah, seperti pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan berinvestasi di kasur yang nyaman gagal, dokter mungkin meresepkan obat tidur.

5. Obat nyeri narkotik
Penghilang rasa sakit narkotik yang disebut opioid mengubah cara otak merespons rasa sakit. Mereka dapat meringankan banyak jenis rasa sakit, meskipun efektivitas mereka untuk nyeri fibromyalgia tidak jelas.
Sebuah studi 2018 menemukan bahwa obat-obat fibromyalgia yang mengandung pregabalin bekerja lebih baik untuk menghilangkan rasa sakit daripada opioid. Karena opioid dapat menyebabkan kecanduan, penting untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan tentang manfaat dan risiko dari obat-obatan ini dan untuk mempertimbangkan perawatan lain terlebih dahulu.
6. Obat nyeri non-narkotik
Beberapa dokter meresepkan obat penghilang rasa sakit non-narkotika, seperti Tramadol, untuk membantu rasa sakit fibromyalgia. Obat-obatan ini bisa efektif tetapi juga bisa membuat ketagihan. Penting untuk memantau dosis dan mempertimbangkan strategi lain untuk manajemen nyeri jangka panjang.

Perawatan alami
Obat alami berikut ini dapat meredakan gejala sendiri atau meningkatkan efek perawatan obat:
7. Terapi berbicara
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi dapat membantu orang mengatasi fibromyalgia. Ini tidak berarti fibromyalgia ada di kepala seseorang. Sebaliknya, itu menunjukkan bahwa rasa sakit adalah pengalaman psikologis dan fisik.
Persepsi seseorang dapat mengubah seberapa parah mereka mengalami rasa sakit mereka. Stres dan kurangnya dukungan sosial dapat membuat rasa sakit seseorang terasa kurang bisa dikelola. Terapi juga dapat membantu orang dengan fibromyalgia menemukan cara baru untuk mengatasinya. Mungkin juga menawarkan jalan keluar untuk tantangan yang dihadapi beberapa orang dalam mengatasi mobilitas yang menurun, negosiasi sistem medis, dan berurusan dengan rekan kerja yang tidak simpatik, majikan, atau orang yang dicintai.
Orang dengan mobilitas terbatas juga dapat menemukan bantuan dari terapi online. Sebuah studi 2015 menemukan bahwa terapi perilaku kognitif tatap muka dan online (CBT) dapat membantu depresi dan gejala yang berhubungan dengan gejala. Juga, CBT mungkin membantu beberapa orang yang hidup dengan fibromyalgia untuk menggunakan teknik relaksasi untuk mengatasi rasa sakit. Namun, hanya terapi tatap muka yang meningkatkan fungsi sehari-hari.

8. Latihan
Menurut studi penelaahan tahun 2015 , ada hubungan kuat antara gaya hidup menetap dan rasa sakit kronis, bahkan pada orang tanpa fibromyalgia. Tetap aktif secara fisik dapat mencegah pengecilan otot dan kekakuan yang dapat membuat rasa sakit seseorang menjadi lebih buruk.
Tidak ada bukti yang jelas untuk menunjukkan bahwa satu program latihan spesifik lebih baik daripada yang lain. Sebaliknya, sebagian besar olahraga tampaknya menghasilkan setidaknya penghilang rasa sakit sederhana.
Latihan berikut ditunjukkan untuk memperbaiki gejala fibromyalgia:
Beberapa opsi yang didukung oleh penelitian meliputi:
  • latihan aerobik, seperti berlari, kelas aerobik, atau berenang, menurut studi 2017
  • tai chi, menurut penelitian 2018
  • yoga , menurut sebuah studi 2017
Seseorang dengan fibromyalgia harus memilih latihan yang paling sesuai dengan jadwal dan gaya hidup mereka.
9. Perubahan pola makan
Orang-orang dengan fibromyalgia dapat mengambil manfaat dari bereksperimen dengan makanan mereka. Bukti anekdot menunjukkan bahwa berbagai macam diet dapat membantu mengatasi gejala.
Misalnya, karena fibromyalgia mungkin terkait dengan peradangan kronis diet anti-inflamasi dapat membantu. Diet ini mendorong makan makanan seperti raspberry, ikan, bawang , dan kacang. Makanan olahan, garam, dan konsumsi alkohol berat dapat meningkatkan peradangan, sehingga penderita fibromyalgia harus menghindarinya.
Sebuah studi yang diterbitkan pada 2017 berpendapat bahwa fibromyalgia mungkin terkait dengan metabolisme seseorang. Menurut penelitian ini, gejala fibromyalgia dapat berkembang ketika tubuh tidak dapat menciptakan cukup serotonin, yang merupakan bahan kimia yang mengirimkan impuls ke saraf, serat, dan otot. Serotonin berasal dari asam amino yang disebut tryptophan, yang mungkin dipengaruhi oleh tingkat fruktosa yang tinggi, sejenis gula.

Studi ini menunjukkan bahwa seseorang mencoba:
  • mengadopsi diet rendah fruktosa dengan menghindari gula buah, beberapa produk roti, dan permen
  • menghindari monosodium glutamat (MSG), karena dapat merangsang sistem saraf
  • menghindari aspartam pemanis buatan, yang dapat mengganggu serotonin di otak
  • menghindari laktosa, yang merupakan protein yang ditemukan dalam susu, karena efek yang mungkin terjadi pada serotonin
Selalu berbicara dengan dokter sebelum membuat perubahan diet yang signifikan, dan pertimbangkan mencari dukungan dari ahli gizi untuk merencanakan diet yang seimbang dan menyehatkan. Diet ketat dapat mengakibatkan seseorang tidak mengkonsumsi cukup protein dan karbohidrat , misalnya.
Seseorang dapat mengetahui makanan mana yang memicu gejalanya dengan menyimpan buku harian makanan dan melacak gejalanya. Bekerja dengan dokter atau ahli gizi dapat membantu individu dengan fibromyalgia menemukan diet yang paling sesuai untuk mereka.
10. Vitamin dan suplemen
Vitamin dan suplemen tertentu dapat membantu membalikkan beberapa defisiensi nutrisi yang membuat gejala fibromyalgia menjadi lebih buruk. Orang yang tertarik untuk mencoba suplemen harus berbicara dengan dokter terlebih dahulu. Biasanya mungkin untuk menguji apakah seseorang memiliki defisiensi untuk menentukan suplemen yang paling tepat.
Beberapa profesional perawatan kesehatan percaya bahwa rendahnya kadar vitamin D atau magnesium , misalnya, dapat menyebabkan gejala fibromyalgia, meskipun penelitian tidak konsisten .
11. Manajemen stres
Banyak orang dengan fibromyalgia menemukan bahwa stres membuat gejala mereka memburuk. Oleh karena itu, teknik manajemen stres dapat membuat gejala menjadi kurang berat. Kuncinya adalah menemukan metode yang berfungsi untuk gaya hidup seseorang. Beberapa orang beralih ke teman atau keluarga, sementara yang lain menemukan bahwa hobi atau gangguan baru bekerja dengan baik.
12. Perhatian dan meditasi
Meditasi, khususnya meditasi kesadaran, yang mendorong peningkatan kesadaran akan saat ini, dapat membantu dengan gejala-gejala fibromyalgia.
Sebuah studi 2014 menemukan bahwa kesadaran mengurangi banyak gejala fibromyalgia pada wanita, termasuk stres dan masalah tidur. Orang yang berlatih kesadaran melaporkan gejala yang kurang parah dan beban yang dirasakan lebih rendah yang terkait dengan fibromyalgia.
Meditasi juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang merupakan salah satu pemicu yang paling umum untuk fibromyalgia.

13. Terapi komplementer
Orang dengan fibromyalgia kadang-kadang beralih ke terapi komplementer untuk mengelola gejala. Strategi-strategi ini termasuk:
  • akupunktur
  • pijat terapi
  • biofeedback
  • citra yang dipandu
Metode-metode ini dapat berhasil untuk sebagian orang dan tidak untuk orang lain. Penelitian tentang efektivitas mereka beragam. Sebagai contoh, review 2013 hanya menemukan bukti rendah hingga sedang bahwa akupunktur dapat memperbaiki gejala fibromyalgia.
Obat komplementer mungkin menawarkan hasil terbaik bila digunakan bersama perawatan tradisional.
14. Perubahan gaya hidup
Beberapa perubahan gaya hidup dapat meningkatkan kenyamanan seseorang dan membantu mereka mengelola gejalanya. Beberapa contoh termasuk:
  • menggunakan kursi yang nyaman tetapi ergonomis, terutama saat melakukan pekerjaan
  • berlatih postur yang baik
  • rutinitas tidur yang baik, termasuk tidur di waktu yang sama setiap malam
  • berinvestasi di kasur dan bantal yang nyaman
15. Bekerja dengan tim medis yang mendukung
Menemukan seorang dokter yang simpatik dapat menjadi kunci untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan memiliki perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik seorang individu.
Merasa didengar dan dipahami sangat penting untuk membuka kombinasi perawatan terbaik. Seseorang dengan fibromyalgia harus bekerja dengan spesialis dalam nyeri kronis dan mungkin ingin beralih penyedia jika mereka merasa diberhentikan atau tidak terdengar.

Pandangan
Fibromyalgia adalah kondisi medis kronis tanpa obat yang diketahui. Ini berarti bahwa orang dengan kondisi ini perlu menciptakan lingkungan di mana mereka dapat mengelola gejalanya.
Banyak orang menemukan bahwa gejala mereka menjadi lebih baik atau lebih buruk pada waktu-waktu tertentu, atau sebagai akibat dari pemicu spesifik, seperti stres dan cedera.
Mengelola fibromyalgia membutuhkan penemuan kombinasi perawatan yang tepat. Apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk yang lain, dan strategi yang efektif dapat berubah seiring waktu.
Kesediaan untuk bereksperimen dan dokter yang suportif dapat membantu. Bersikaplah jujur ​​tentang gejala, dan jika obat atau pengobatan rumahan tidak berfungsi, bicarakan dengan penyedia yang mendukung tentang mencoba opsi lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara meredakan nyeri fibromyalgia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel