4 cara untuk menjaga media sosial agar tidak merusak citra tubuh Anda

KUTULIS INFO - Pernahkah Anda meninggalkan feed media sosial Anda merasa buruk tentang diri Anda, cara Anda makan atau cara Anda melihat? Anda tidak akan sendirian karena penggunaan media sosial sangat berkorelasi dengan ketidakpuasan tubuh dan gangguan makan .

Misalnya , hanya 30 menit di Instagram dapat membuat wanita terpaku pada berat dan penampilan mereka. Dalam sebuah survei tentang Facebook , 75 persen pengguna Facebook melaporkan tidak senang dengan tubuh mereka, sementara 51 persen melaporkan Facebook membuat mereka lebih sadar tentang tubuh dan berat badan mereka.

Media sosial memiliki kemampuan unik untuk memengaruhi harga diri kita dengan cara yang tidak dilakukan televisi, majalah, dan film. Dina Borzekowski adalah profesor di sekolah kesehatan masyarakat Johns Hopkins yang mengkhususkan diri pada anak-anak, media dan kesehatan dan berbicara dengan CNN pada tahun 2012 tentang hubungan ini.

"Media sosial mungkin memiliki dampak yang lebih kuat pada citra tubuh anak-anak daripada media tradisional," kata Borzekowski kepada CNN . "Pesan dan gambar lebih ditargetkan: Jika pesan itu berasal dari seorang teman, itu dianggap lebih bermakna dan kredibel."

Penelitian telah menemukan bahwa 37 persen pengguna media sosial merasa bahwa mereka perlu mengubah bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka ketika membandingkan tubuh mereka dengan tubuh teman dalam foto.

Menempatkan nilai pada penurunan berat badan dan penampilan menyebabkan kecemasan yang meluas tentang berat badan untuk semua orang dari berbagai ukuran. Penekanan pada pengendalian berat badan terbukti meningkatkan risiko untuk perilaku makan yang tidak teratur.

Pemikiran konvensional adalah bahwa ketidakpuasan tubuh memotivasi seseorang menuju perilaku yang sehat. Memasang bukti dan praktik klinis menemukan kebalikannya: ketidakpuasan tubuh dikaitkan dengan pola makan yang tidak teratur, pesta makan, tingkat aktivitas fisik yang lebih rendah dan peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.

Media sosial bukan satu-satunya penyumbang ketidakpuasan tubuh atau gangguan makan. Ini adalah masalah yang kompleks dengan banyak faktor, tetapi media sosial telah mendorong mereka. Artikel Huffington Post ini oleh Greta Gleissner menjelaskannya dengan baik:

"Meskipun media sosial itu sendiri bukan satu-satunya penyebab gangguan makan, itu telah mendorong individu untuk terlibat dalam pola makan yang tidak teratur," kata Gleissner. Menurut penelitian, "media adalah faktor risiko penyebab untuk pengembangan gangguan makan dan memiliki pengaruh yang kuat pada ketidakpuasan tubuh seseorang, pola makan, dan konsep diri yang buruk. ' Individu mulai terus-menerus membandingkan diri mereka dengan model tipis, rekan-rekan mereka, serta pengguna media sosial yang terkenal dan mulai merasa tidak cukup tentang citra diri mereka sendiri. "

Media sosial juga merupakan jalan keluar bagi individu untuk berbagi pengalaman pribadi dan pendapat mereka tentang makanan. Ketika pengguna media sosial yang tidak berlisensi dilihat sebagai ahli gizi atau olahraga, itu dapat menciptakan kebingungan tentang pola latihan dan gizi yang sehat. Penting untuk diingat bahwa jika kita semua makan sama dan melakukan hal yang sama, kita semua akan tetap berbeda. Rachel Simmons, seorang spesialis pengembangan kepemimpinan di Smith College mengeksplorasi hal ini dalam artikel majalah Time 2016 :

4 cara untuk menjaga media sosial agar tidak merusak citra tubuh Anda

“Kemunculan pesat industri online 'kebugaran' telah meluncurkan seluruh industri selebriti kebugaran di media sosial. Jutaan pengikut memeluk rejimen mereka untuk diet dan olahraga, tetapi semakin, dorongan untuk 'kesehatan' dan 'makan bersih' telah menjadi penutup tersembunyi untuk diet dan deprivasi lebih, "Simmons menulis." Tahun ini, sebuah analisis dari 50 yang disebut Situs-situs yang 'cocok' mengungkapkan pesan yang tidak dapat dibedakan, kadang-kadang, dari situs web pro-anoreksia (pro-ana) atau 'penyindiran'. Keduanya mengandung bahasa kuat yang menyebabkan rasa bersalah tentang berat badan atau tubuh, dan mempromosikan diet, menahan diri, dan stigmatisasi lemak dan berat badan. "

Media sosial dapat menjadi alat yang hebat untuk informasi dan koneksi; Namun, karena dampaknya pada citra tubuh dan pola makan, media sosial juga bisa berbahaya. Berikut empat cara Anda dapat menetapkan batas untuk melindungi diri Anda.

1. Bersikap disengaja tentang kapan dan mengapa Anda menggunakannya.
Apakah Anda menggulir sebagai selingan, penundaan atau kebosanan, atau apakah Anda umumnya tertarik untuk berhubungan dengan teman dan keluarga?

2. Berhenti mengikuti, sembunyikan atau tidak suka halaman atau umpan yang memicu, makanan dan tubuh yang sibuk atau menyebabkan Anda "membandingkan dan putus asa."
Jika Anda jauh dari waktu Anda di platform media sosial merasa lebih buruk tentang diri Anda, anggap itu sebagai tanda bahwa sesuatu harus dilakukan.

3. Ikuti akun yang mendorong kebiasaan gizi dan olahraga yang sehat, fleksibel dan realistis.
Makan sehat tidak membatasi, itu fleksibel dan termasuk berbagai macam makanan. Latihan harus merasakan hal yang sama; itu bukan hukuman untuk apa yang Anda makan dan tidak perlu dilihat sebagai alat untuk membakar kalori. Aktivitas fisik harus menyenangkan dan akan terlihat berbeda untuk semua orang.

4. Bijaklah dengan apa yang Anda posting di feed Anda sendiri.
Apakah itu positif, membantu dan tidak mengganggu? Apakah Anda menggambarkan gambar yang akurat atau penyaringan untuk kesempurnaan yang dirasakan? Bagi mereka pengguna media sosial yang berpengaruh, apakah Anda berbicara tentang diri Anda untuk mendapat perhatian atau apakah Anda benar-benar ingin terlibat dalam diskusi yang membantu dengan pembaca? Akankah yang Anda posting dilihat sebagai inspirasi dan semangat atau akan meningkatkan kecemasan dan perbandingan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 cara untuk menjaga media sosial agar tidak merusak citra tubuh Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel