20 cara untuk menghilangkan rasa sakit gas dengan cepat

KUTULIS INFOGas yang terperangkap di usus bisa sangat tidak nyaman. Dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam, kram, bengkak, sesak, dan bahkan kembung.

Kebanyakan orang melewatkan gas antara 13 dan 21 kali sehari. Ketika gas diblokir dari melarikan diri, diare atau sembelit mungkin bertanggung jawab. Nyeri gas bisa begitu hebat sehingga dokter salah mengira akar penyebab apendisitis , batu empedu , atau bahkan penyakit jantung .

20 cara untuk menghilangkan rasa sakit gas dengan cepat
Untungnya, banyak pengobatan rumah dapat membantu melepaskan gas yang terperangkap atau mencegahnya dari membangun. Dua puluh metode efektif tercantum di bawah ini.

20 cara untuk menghilangkan rasa sakit gas dengan cepat

1. Biarkan saja
Memegang gas dapat menyebabkan kembung, tidak nyaman, dan nyeri. Cara termudah untuk menghindari gejala-gejala ini adalah dengan hanya mengeluarkan gas.
2. Lewati tinja
Gerakan usus dapat meredakan gas. Melewati tinja biasanya akan mengeluarkan gas yang terperangkap di usus.
3. Makan perlahan
Makan terlalu cepat atau saat bergerak dapat menyebabkan seseorang mengambil udara serta makanan, yang menyebabkan rasa sakit terkait gas.

Pemakan cepat dapat memperlambat dengan mengunyah setiap gigitan makanan 30 kali. Memecah makanan dengan cara seperti itu membantu pencernaan dan dapat mencegah sejumlah keluhan terkait, termasuk kembung dan gangguan pencernaan .
4. Hindari mengunyah permen karet
Ketika seseorang mengunyah permen karet mereka cenderung menelan udara, yang meningkatkan kemungkinan angin dan gas yang terperangkap.
Gula tanpa gula juga mengandung pemanis buatan, yang dapat menyebabkan kembung dan gas.
5. Katakan tidak pada sedotan
Seringkali, minum melalui sedotan menyebabkan seseorang menelan udara. Minum langsung dari botol dapat memiliki efek yang sama, tergantung pada ukuran botol dan bentuknya.
Untuk menghindari rasa sakit dan kembung, sebaiknya diminum dari gelas.
6. Berhenti merokok
Apakah menggunakan rokok tradisional atau elektronik , merokok menyebabkan udara masuk ke saluran pencernaan. Karena berbagai masalah kesehatan terkait dengan merokok, berhenti merokok adalah bijaksana karena berbagai alasan.
7. Pilih minuman non-karbonasi
Minuman berkarbonasi, seperti air soda dan soda, mengirim banyak gas ke perut. Ini bisa menyebabkan kembung dan nyeri.
8. Hilangkan makanan yang bermasalah
Makan makanan tertentu dapat menyebabkan gas yang terperangkap. Individu menemukan makanan yang berbeda bermasalah.
Namun, makanan di bawah ini sering menyebabkan gas menumpuk:
  • pemanis buatan, seperti aspartam, sorbitol, dan maltitol
  • sayuran cruciferous, termasuk brokoli, kubis, dan kembang kol
  • produk susu
  • minuman serat dan suplemen
  • gorengan
  • bawang putih dan bawang
  • makanan tinggi lemak
  • kacang-kacangan, kelompok yang mencakup kacang dan kacang
  • plum dan jus prune
  • makanan pedas
Membuat buku harian makanan dapat membantu seseorang mengidentifikasi makanan pemicu. Beberapa, seperti pemanis buatan, mungkin mudah dipotong dari diet.

Lainnya, seperti sayuran dan legum silangan, menyediakan berbagai manfaat kesehatan. Daripada menghindari mereka sepenuhnya, seseorang dapat mencoba mengurangi asupan mereka atau menyiapkan makanan secara berbeda.
9. Minum teh
Beberapa teh herbal dapat membantu pencernaan dan mengurangi nyeri gas dengan cepat. Yang paling efektif termasuk teh yang terbuat dari:
  • Adas manis
  • kamomil
  • Jahe
  • permen
Adas bertindak sebagai pencahar ringan dan harus dihindari jika diare menyertai gas. Namun, itu dapat membantu jika sembelit bertanggung jawab atas gas yang terperangkap.
10. Snack pada biji adas
Adas adalah solusi kuno untuk angin yang terperangkap. Mengunyah satu sendok teh biji adalah obat alami yang populer.
Namun, siapa pun yang hamil atau menyusui mungkin harus menghindari melakukannya, karena laporan yang saling bertentangan tentang keselamatan.
11. Minum suplemen peppermint
Kapsul minyak peppermint telah lama digunakan untuk mengatasi masalah seperti kembung, sembelit, dan gas yang terperangkap. Beberapa penelitian mendukung penggunaan peppermint untuk gejala-gejala ini.

Selalu pilih kapsul yang dilapisi enterik. Kapsul yang tidak dilapisi dapat larut terlalu cepat di saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan mulas .
Peppermint menghambat penyerapan zat besi, sehingga kapsul ini tidak boleh dikonsumsi dengan suplemen zat besi atau oleh orang yang menderita anemia .
12. Minyak cengkeh
Minyak cengkeh secara tradisional telah digunakan untuk mengobati keluhan pencernaan, termasuk kembung, gas, dan gangguan pencernaan. Mungkin juga memiliki sifat melawan ulkus.
Mengkonsumsi minyak cengkeh setelah makan dapat meningkatkan enzim pencernaan dan mengurangi jumlah gas di usus.
13. Terapkan panas
Ketika sakit gas menyerang, letakkan botol air panas atau bantal pemanas di perut. Kehangatan merilekskan otot-otot di usus, membantu gas bergerak melalui usus. Panas juga bisa mengurangi sensasi rasa sakit.
14. Alamat masalah pencernaan
Orang dengan kesulitan pencernaan tertentu lebih mungkin mengalami gas yang terperangkap. Mereka dengan sindrom iritasi usus (IBS) atau penyakit radang usus, misalnya, sering mengalami kembung dan nyeri gas.

Mengatasi masalah ini melalui perubahan gaya hidup dan pengobatan dapat meningkatkan kualitas hidup.
Orang dengan intoleransi laktosa yang sering mengalami nyeri gas harus mengambil langkah lebih besar untuk menghindari laktosa atau mengambil suplemen laktase.
15. Tambahkan cuka sari apel ke air
Cuka sari apel membantu produksi asam lambung dan enzim pencernaan. Ini juga dapat membantu meringankan nyeri gas dengan cepat.
Tambahkan satu sendok makan cuka ke segelas air dan minum sebelum makan untuk mencegah rasa sakit dan kembung. Penting untuk kemudian membilas mulut dengan air, karena cuka dapat mengikis enamel gigi.
16. Gunakan arang aktif
Arang aktif adalah produk alami yang dapat dibeli di toko makanan kesehatan atau apotek tanpa resep. Tablet suplemen yang diminum sebelum dan sesudah makan dapat mencegah gas yang terperangkap.
Yang terbaik adalah membangun asupan arang aktif secara bertahap. Ini akan mencegah gejala yang tidak diinginkan, seperti konstipasi dan mual.
Salah satu efek samping yang mengkhawatirkan dari arang aktif adalah dapat mengubah tinja menjadi hitam. Perubahan warna ini tidak berbahaya dan harus hilang jika seseorang berhenti menggunakan suplemen arang.
17. Ambil probiotik
Suplemen probiotik menambahkan bakteri menguntungkan ke usus. Mereka digunakan untuk mengobati beberapa keluhan pencernaan, termasuk diare infeksi.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa strain probiotik tertentu dapat mengurangi kembung, gas usus, sakit perut, dan gejala IBS lainnya.
Strain Bifidobacterium dan Lactobacillus umumnya dianggap paling efektif.
18. Latihan
Latihan ringan dapat mengendurkan otot-otot di usus, membantu memindahkan gas melalui sistem pencernaan. Berjalan atau melakukan yoga setelah makan mungkin sangat bermanfaat.
19. Tarik napas dalam-dalam
Pernapasan dalam mungkin tidak berhasil untuk semua orang. Mengonsumsi terlalu banyak udara dapat meningkatkan jumlah gas dalam usus.
Namun, beberapa orang menemukan bahwa teknik pernapasan dalam dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan gas yang terperangkap.
20. Ambil obat tanpa resep
Beberapa produk dapat menyingkirkan rasa sakit gas dengan cepat. Satu obat populer, simetikon, dipasarkan di bawah nama merek berikut:
  • Gas-X
  • Mylanta Gas
  • Phazyme
Beberapa dari produk ini tersedia untuk dibeli secara online .
Siapa pun yang hamil atau minum obat lain harus mendiskusikan penggunaan simetikon dengan dokter atau apoteker.

Bawa pulang
Gas yang terperangkap bisa menyakitkan dan menyusahkan, tetapi banyak obat mudah dapat meringankan gejala dengan cepat.
Orang-orang dengan nyeri gas yang sedang berlangsung atau berat harus segera mengunjungi dokter, terutama jika rasa sakit disertai dengan:
  • sembelit
  • diare
  • demam
  • perdarahan rektal
  • penurunan berat badan tanpa alasan
Sementara semua orang mengalami gas yang terperangkap sesekali, mengalami rasa sakit yang teratur, kembung, dan gejala gastrointestinal lainnya dapat menunjukkan adanya kondisi medis atau kepekaan terhadap makanan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 cara untuk menghilangkan rasa sakit gas dengan cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel