Bagaimana cara mengatasi OCD

KUTULIS INFOGangguan obsesif-kompulsif dapat menjadi kondisi yang mengganggu untuk dijalani, tetapi ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasinya. Dalam Spotlight ini, kami membawa Anda melaluinya.
Obsesive-compulsive disorder (OCD) terjadi ketika seseorang memiliki pikiran dan perilaku berulang yang tidak dapat mereka kendalikan.
Individu dengan OCD merasa bahwa mereka harus mengulangi pikiran dan perilaku ini lagi dan lagi.
Sekitar 1 persen orang di Amerika Serikat telah mengalami OCD pada tahun lalu.
Gejala OCD dapat mengganggu semua aspek kehidupan seseorang - termasuk pekerjaan, pendidikan, dan hubungan. Gejala OCD umumnya dibagi menjadi dua jenis: obsesi dan kompulsi.
Orang dengan OCD biasanya menghabiskan setidaknya 1 jam setiap hari bersaing dengan obsesi dan kompulsi mereka.
Obsesi didefinisikan sebagai pemikiran atau dorongan yang menyebabkan kecemasan (seperti takut kuman), pikiran tentang menyakiti diri sendiri atau orang lain, atau keinginan untuk memiliki objek dalam urutan simetris sempurna. Obsesi mungkin juga mengambil bentuk gambar mental yang gigih dan tidak diinginkan.
Kompulsi adalah perilaku spesifik yang orang-orang dengan OCD rasakan yang harus mereka lakukan ketika mereka memiliki pemikiran obsesif. Ini mungkin termasuk mencuci secara berlebihan, memesan barang dengan cara tertentu, atau menghitung secara kompulsif.
Meskipun seseorang dengan OCD mungkin merasakan bantuan instan dari melakukan ritual yang terkait dengan pikiran obsesif mereka, mereka tidak mengalami kesenangan dari ini. Sebaliknya, pikiran dan tindakan semacam itu berkontribusi pada rasa kecemasan yang meningkat .
Gejala OCD dapat membaik atau memburuk seiring berjalannya waktu. Tapi, jika seseorang yang menderita OCD dapat mengenali bahwa mereka mengalami pikiran yang tidak diinginkan yang berlebihan atau tidak dapat mengontrol perilaku mereka, mereka mungkin dapat mengambil langkah untuk membantu diri mereka sendiri.

Bagaimana cara mengatasi OCD

Perawatan untuk OCD
Jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin memiliki OCD, Anda harus berbicara dengan dokter Anda. OCD biasanya diobati dengan obat-obatan seperti inhibitor reuptake serotonin selektif, psikoterapi seperti terapi perilaku kognitif ( CBT ), atau kombinasi dari keduanya.
Beberapa orang dengan OCD menemukan CBT bermanfaat karena jenis terapi ini mengajarkan orang bagaimana berpikir secara berbeda tentang obsesi dan kompulsi mereka, membantu mereka untuk mengatasi pikiran dan perilaku yang tidak diinginkan ini.
Tahun lalu, Medical News Today melaporkan pada sebuah penelitian yang menggunakan MRI fungsional untuk memeriksa bagaimana otak orang-orang dengan OCD menanggapi jenis CBT yang dikenal sebagai paparan dan pencegahan tanggapan (ERP).
ERP melibatkan mengekspos orang-orang yang mengalami OCD untuk hal-hal yang memicu gejala mereka dan bekerja untuk mendorong orang untuk menolak mengikuti dorongan yang biasa mereka dalam situasi ini.
Tim di balik penelitian itu menemukan bahwa otak orang-orang dengan OCD yang memiliki ERP menunjukkan peningkatan konektivitas yang signifikan antara delapan jaringan otak.
Para penulis studi tersebut menunjukkan bahwa perubahan otak ini dapat mewakili bagaimana para peserta mengaktivasi pola pikir yang berbeda dan mempelajari perilaku baru yang tidak didasarkan pada kompulsi.
Sekitar 30-60 persen orang yang menerima pengobatan untuk OCD menemukan bahwa itu tidak membantu. Jadi, mencari strategi lain untuk membantu mengelola gejala OCD itu penting.

Berbicara tentang OCD dapat membantu
Banyak orang yang hidup dengan OCD menemukan bahwa langkah pertama yang penting dalam membantu diri sendiri adalah terbuka tentang kondisi mereka dengan teman dan keluarga. Jika Anda memiliki OCD, dapat membicarakannya dengan orang-orang yang dekat dengan Anda dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dengan kondisi tersebut, serta kurang terisolasi.
Menghabiskan waktu dengan orang lain yang memiliki OCD juga dapat bermanfaat. Bergabung dengan kelompok dukungan atau terlibat dengan orang lain yang memiliki OCD online dapat membantu orang merasa diterima.
Ini juga dapat memberdayakan mereka untuk berbicara tentang pengalaman mereka di lingkungan tanpa khawatir bahwa mereka dapat dihakimi.
Situs web International OCD Foundation dapat membantu Anda menemukan grup pendukung OCD di dekat Anda. Mereka bahkan memberi saran kepada siapa pun yang tertarik untuk memulai kelompok pendukung mereka sendiri.
Sementara itu, The Mighty hanyalah salah satu contoh dari komunitas OCD online, dalam hal ini, di sekitar kisah kehidupan nyata dari orang-orang dengan OCD.

Relaksasi dan meminimalkan stres
Orang-orang dengan OCD sering menemukan bahwa gejala mereka memburuk ketika mereka stres, sehingga mengelola stres adalah strategi penanggulangan yang sangat penting. Kita cenderung merasa stres ketika kita berada dalam situasi di mana banyak tekanan ditempatkan pada kita dan kita tidak merasa seolah-olah kita memegang kendali.
Berikut adalah beberapa tips yang, meskipun mungkin belum tentu menyembuhkan OCD Anda, dapat membantu Anda memahami pemicu dan meminimalkan efeknya. Mengenali kapan stres kemungkinan akan meningkat dapat membantu Anda menangkapnya sebelum menguasai Anda.
Bagian dari mengelola stres adalah menghindari situasi ini, jika memungkinkan. Bagian besar lain dalam mengelola stres adalah belajar bagaimana mengatasi situasi yang sulit , atau "mengembangkan ketahanan emosional."
Mencoba teknik relaksasi yang berbeda dapat membantu meredakan stres - misalnya, teknik pernapasan dalam dapat menenangkan.
Cobalah bernapas melalui hidung Anda dan keluar melalui mulut Anda. Hitung sampai empat saat Anda menarik napas, dan lagi saat Anda bernapas.
Cara lain yang bagus untuk bersantai dapat beristirahat dari perangkat Anda. Coba luangkan waktu satu jam tanpa ponsel Anda. Apakah itu membantu? Lalu mengapa tidak mencoba sepanjang hari?
Daripada menjatuhkan diri dan zonasi di depan televisi atau kehilangan diri Anda di Facebook di malam hari, cobalah membaca buku, menggambar mandi, atau mencoba resep baru. Meluangkan waktu dari rutinitas kita yang biasa dapat memberi kita rasa ruang, yang banyak orang temukan menenangkan.
Hobi kreatif - seperti lukisan, menjahit, dan kerajinan - bisa menjadi sumber relaksasi yang hebat. Dan, musik benar-benar dapat membantu mengalihkan perhatian kita dari pikiran atau perasaan cemas yang menjengkelkan.
Apakah itu memainkan alat musik, menari, atau hanya meletakkan headphone Anda dan menaikkan volume, kehilangan diri Anda dalam musik bisa sangat terapeutik.
Beberapa orang berpikir bahwa perhatian dapat membantu orang dengan OCD. Belum ada penelitian yang meyakinkan tentang apakah kesadaran efektif untuk OCD, tetapi dapat membantu orang untuk mengelola kesehatan mental mereka secara umum.
Teknik-teknik mindfulness melibatkan memberikan perhatian yang mendalam pada pikiran, tubuh, dan lingkungan Anda dan bekerja pada bagaimana Anda menanggapi perubahan-perubahan dalam keadaan mental Anda.

Tidur, olahraga, dan diet
Banyak masalah kesehatan mental cenderung meningkat karena tidak cukup tidur, dan penelitian telah menunjukkan bahwa OCD tidak terkecuali dalam hal ini. Jadi, berusaha untuk tetap pada pola tidur biasa dapat sangat membantu.
Sekali lagi, cobalah menghindari ponsel, laptop, tablet, dan TV setidaknya satu jam sebelum tidur; ini dapat menghentikan kita untuk mendapatkan tidur yang kita butuhkan. Orang-orang yang aktif secara fisik lebih mungkin untuk mendapatkan tidur yang cukup bergizi, jadi sedikit olahraga - atau bahkan hanya berjalan-jalan atau melakukan pekerjaan rumah tangga - dapat menghasilkan keajaiban.
Alkohol, kafein, dan makanan dengan banyak gula dapat mengganggu tidur, jadi berhati-hatilah untuk memoderasi asupan ini jika Anda mengalami OCD dan masalah tidur.
Sentuhan cepat energi yang akrab yang datang dengan kopi atau soda mungkin diperlukan sepanjang hari, tetapi juga mengacaukan tidur Anda, itu juga dapat meningkatkan kecemasan dan depresi , sehingga berpotensi memperburuk gejala OCD.
Makanan yang melepaskan energi secara perlahan - seperti kacang, biji, pasta, nasi, dan sereal - adalah alternatif yang lebih baik karena mereka membantu menyeimbangkan kadar gula darah.
Penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan depresi dan kelelahan , yang dapat mengganggu kestabilan orang dengan OCD. Dan, memastikan bahwa Anda minum banyak air - bertujuan untuk 6-8 gelas per hari - akan meningkatkan konsentrasi Anda dan membantu menyeimbangkan suasana hati.
Meskipun strategi ini tidak berarti penyembuhan satu ukuran untuk semua, jika Anda memiliki OCD, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa teknik ini membantu dalam menghindari atau meminimalkan efek pemicu Anda.
Lihat apa yang berhasil untuk Anda, dan selalu ingat untuk berbicara dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk mengelola gejala Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana cara mengatasi OCD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel