Mencari tujuan? Logoterapi bisa membantu

KUTULIS INFOMemiliki tujuan dalam hidup dapat memperkuat ketahanan dalam menghadapi kesulitan, kata penelitian. Ini juga merupakan dasar dari logoterapi, sebuah praktik psikoterapi tradisional. Pada artikel ini, kita melihat penggunaan saat ini dan memberi Anda beberapa gagasan tentang bagaimana menemukan tujuan hidup Anda sendiri.
Kami memindahkan sekolah, pekerjaan, dan negara untuk mencari tujuan hidup kita yang sebenarnya, dan jika tidak ada wahyu yang akan datang, kita menjadi frustrasi dan mulai mempertanyakan pilihan yang telah kita buat sejauh ini.
Orang lain mungkin merasa tahu apa tujuan mereka - baik itu untuk mengajar, menyebarkan sukacita, atau menyelamatkan nyawa - dan itu akan memberi mereka energi baru setiap saat, dan juga kekuatan untuk mengatasi semua rintangan.


Memiliki tujuan dalam hidup

Beberapa dari kita mungkin menemukan bahwa tujuan hidup kita terus bergeser saat kita tumbuh secara emosional dan intelektual, jadi kita menyesuaikan pilihan hidup kita agar sesuai dengan tujuan baru yang memberi kita vitalitas.
Memiliki - atau kurang - tujuan hidup, sains telah menunjukkan, dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita dengan berbagai cara dan nyata. Satu studi baru-baru ini menunjukkan bahwa, mungkin secara intuitif, individu yang percaya bahwa mereka telah menemukan tujuan hidup mereka menikmati kualitas tidur yang lebih baik .
Lain menyarankan bahwa, semakin kita hidup dengan tujuan, semakin banyak proses penuaan terkait stres tubuh kita diperlambat. Tidak mengherankan bila ada korelasi positif antara memiliki tujuan hidup dan menikmati umur panjang .
Jenis psikoterapi tradisional yang disebut logoterapi berfokus pada membantu orang untuk lebih sadar akan apa yang membuat hidup mereka bermakna, sehingga mereka dapat mengatasi hambatan yang mempengaruhi kualitas hidup mereka dengan lebih mudah.

Apa itu logoterapi?

Logoterapi pertama kali dikembangkan pada tahun 1940-an 1950 oleh Viktor Emil Frankl (1905-1997), seorang psikiater dan ahli saraf dari Wina, Austria. Frankl tertarik pada pentingnya tujuan hidup dalam kesehatan mental masyarakat .
Frankl memiliki kesempatan yang tidak menguntungkan untuk menguji teorinya tentang dirinya sendiri; Sebagai seorang Yahudi, dia ditangkap oleh Nazi pada awal 1940-an dan dikirim ke sebuah kamp konsentrasi.
Seperti yang kemudian dia jelaskan, kegigihannya melekat pada tujuannya sendiri - atau melanjutkan pekerjaan kehidupan yang terpaksa dia tinggalkan - yang memperkuat dia dan membantunya untuk bertahan dalam kengerian Holocaust.
Kemudian, dia meletakkan dasar-dasar logoterapi dalam bukunya yang paling terkenal, Man's Search for Meaning , di mana dia terkenal menulis:
" [E] apa pun bisa diambil dari seseorang tapi satu hal: kebebasan manusia terakhir - untuk memilih sikap seseorang dalam situasi tertentu, untuk memilih jalan sendiri."
Logoterapi dikenal sebagai "sekolah psikoterapi ketiga", yang menawarkan alternatif untuk sekolah "yang pertama" dan "kedua". Ini adalah Sigmund Freud's, yang mendirikan psikoanalisis , dan Alfred Adler, yang teorinya berkisar pada konsep " perasaan inferior ."
Dua teknik yang paling menonjol yang digunakan dalam jenis terapi Frankl adalah niat paradoks dan keterbelakangan . Niat paradoks bertujuan untuk memecahkan lingkaran kejiwaan kecemasan antisipatif, di mana kita sangat cemas akan sesuatu sehingga kita kemudian merasa cemas karena cemas memikirkan sumber kekhawatiran kita.
Frankl menyarankan bahwa salah satu cara untuk memungkinkan seseorang untuk menjauhkan diri dari lingkaran setan ini, sama tidak kelihatannya, karena sumber kegelisahan mereka.
Derefleksi mencoba untuk mengganggu siklus setan lain: bahwa menjadi begitu terpaku pada sesuatu yang ingin kita capai, kita menempatkan diri kita di bawah tekanan stres yang meningkat, sehingga kecil kemungkinannya kita mencapai tujuan itu.
Dalam kasus ini, Frankl menyarankan agar berhenti sejenak untuk berhenti berusaha sekuat tenaga untuk mencapai tujuan itu dan membiarkan diri mencapai detasemen, sehingga dapat menghindari tekanan berlebihan yang telah kita lakukan pada diri kita sendiri.

Aplikasi klinis saat ini untuk logoterapi

Karena beberapa praktik logoterapi menyarankan pemaparan terhadap rangsangan yang ditakuti untuk menciptakan desensitisasi - yaitu, terbiasa dengan rangsangan tersebut sehingga dampaknya berkurang - mereka dapat memberi bantuan terapi perilaku kognitif(CBT) dengan baik, yang juga menggunakan strategi ini untuk mengobati kondisi seperti fobia .
"Pada banyak tingkatan, logoterapi menghadirkan tingkat kompatibilitas yang tinggi dengan terapi perilaku kognitif," tulis penulis artikel tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Psychotherapy .
Mereka berpendapat bahwa teknik logotherapeutik dapat sangat efektif dalam mengatasi gangguan kecemasan umum dan depresi .
"Prosedur paparan [...] dapat memotivasi klien untuk menghadapi kecemasan atau ketakutan dengan membuatnya melihatnya sebagai pilihan," tulis mereka, menambahkan, "Seseorang tidak dapat selalu mengendalikan tingkat kecemasannya, tapi dapat memilih bagaimana bereaksi terhadapnya. "
Reaksi ini terhadap kecemasan saat mulai memegang kendali yang bisa membantu mengurangi tingkat dan meminimalkan pengaruhnya. Dalam membuat pilihan sadar untuk bereaksi terhadap kecemasan dengan cara yang berlawanan, kita mengambil langkah pertama untuk menyingkirkannya dari kehidupan kita.
Penulis penelitian menyimpulkan bahwa "integrasi konsep makna, nilai pribadi, dan tujuan tujuan dalam protokol depresi mengindividualisasikan proses terapi dan akan meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan, mengurangi tingkat kekambuhan."
Mereka mengatakan bahwa penting bagi orang-orang yang hidup dengan depresi dan mencari pengobatan untuk dapat bercermin, dengan dukungan terapis mereka, tentang apa yang memberi makna hidup mereka, apa yang membantu mereka untuk hidup dengan rasa tujuan, dan apa nilai-nilai pribadi mereka. adalah. Hal ini dapat membantu mengatasi konteks spesifik mereka untuk kondisinya.
Cara lain di mana praktik logotherpeutic dapat membantu, beberapa berpendapat, adalah untuk mencegah atau mengobati sindrom kelelahan. Meskipun kondisi ini saat ini tidak tercantum dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental , namun dikaitkan dengan depresi dan kadang-kadang disebut sebagai bentuk gangguan stres pascatrauma .
Burnout ditandai oleh kelelahan fisik dan mental setelah overinvolvement jangka panjang, biasanya dalam pekerjaan atau proyek. Kelelahan ini bisa meliputi kelelahan , kurang motivasi, dan rasa keterasingan.
Monika Ulrichová - yang adalah asisten profesor di Universitas Hradec Králové di Republik Ceko - berpendapat bahwa logoterapi membantu mencegah atau mengobati kelelahan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan penting yang akan memungkinkan mereka mengubah kerangka pemikiran di tempat mereka beroperasi.
"Bagian [substansial] dalam pencegahan dan pengobatan sindrom kehabisan nafsu adalah menghargai nilai-nilai masyarakat - dalam hubungan, dalam keluarga, tetapi juga dalam hal-hal kecil yang kecil. Orang harus bergerak dalam batas 'Saya inginkan dan saya dapat bertindak berbeda '. "
Prof. Monika Ulrichová
"Orang harus menjalani refleksi diri dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 'Apakah saya benar-benar harus ?,' 'Apa yang akan terjadi, jika saya tidak melakukannya ?,' 'Konsekuensi apa yang akan terjadi ?,' 'Apakah saya benar-benar harus? ', "tambahnya.

Artinya, tujuan, dan persepsi

Tentu, menemukan makna dalam hidup jika Anda terjebak di tempat yang sulit adalah masalah yang kompleks, dan tidak ada resep yang ditetapkan. Kita semua akan memiliki motivasi yang berbeda, dan strategi yang sama untuk menemukan suatu tujuan tidak akan berhasil untuk semua orang.
Namun, dalam buku The Doctor and the Soul, Frankl menyarankan bahwa ada tiga tipe nilai utama yang dapat digunakan orang untuk dapat mengidentifikasi makna kehidupan mereka:
  • nilai kreatif, atau "nilai yang diwujudkan dalam tindakan kreatif"
  • nilai pengalaman, yang bisa "diwujudkan dalam penerimaan terhadap dunia - misalnya, dalam penyerahan diri terhadap keindahan alam atau seni"
  • nilai sikap, mengacu pada respons seseorang terhadap hambatan terhadap potensi mereka.
Dengan kata lain, aktivitas kreatif yang melibatkan talenta kita, keterbukaan untuk menemukan kesenangan dan keindahan di dunia, dan kemampuan untuk menguasai tanggapan kita terhadap keadaan di luar kendali kita adalah cara hidup yang baik dengan sengaja dan menjadi lebih tangguh.
Satu studi , misalnya, menemukan bahwa walaupun stres berdampak pada kesehatan kita, bagaimana kita memandang stres juga dapat memantapkan keseimbangan terhadap kita; Jika kita berlama-lama tentang bagaimana paparan stres membuat dampak negatif pada kita, dampak pada kesehatan kita mungkin akan lebih besar lagi.
Baca juga :



Meskipun tidak ada jalan pintas yang nyata untuk belajar bagaimana menemukan tujuan hidup kita dan bagaimana menjadi tangguh dalam menghadapi rintangan, Adam Leipzig - seorang produser dan penulis film dan teater - mengemukakan bahwa bertanya kepada diri kita sendiri lima pertanyaan sederhana dapat membawa kita ke arah yang benar. .
Dalam ceramah TED-nya (yang dapat Anda tonton di sini ), dia menyarankan agar kita semua mengambil beberapa menit untuk bertanya kepada diri kita sendiri siapa diri kita, apa yang kita lakukan, siapa yang kita lakukan untuk itu, apa yang diinginkan atau diinginkan oleh penerima manfaat ini, dan apa keuntungan akhir kita adalah .
Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, sarannya, dapat membantu kita untuk lebih sadar akan aktivitas apa yang membuat kita terus berjalan, dan mengapa kita pada akhirnya ingin terus melakukannya.
Apa strategi Anda untuk menemukan - atau mengingatkan diri Anda - tujuan hidup Anda? Dan apakah memiliki satu membantu Anda untuk mengatasi masalah dan kapan mereka muncul? Beritahu kami.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mencari tujuan? Logoterapi bisa membantu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel