Bagaimana cara menghentikan stres makan?

KUTULIS INFO - Makan emosional adalah pola makan dimana orang menggunakan makanan untuk membantu mereka menghadapi situasi yang penuh tekanan.
Banyak orang mengalami makan emosional pada satu waktu atau lainnya. Ini bisa menunjukkan dirinya sebagai makan sekantong keripik saat bosan atau makan cokelat setelah seharian bekerja.
Namun, ketika makan emosional sering terjadi atau menjadi cara utama seseorang berurusan dengan emosi mereka, maka kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan berat badan mereka dapat terpengaruh secara negatif.
Fakta cepat tentang makan emosional:
  • Ada penyebab fisik dan psikologis untuk makan emosional.
  • Seringkali, makan emosional dipicu oleh stres atau emosi kuat lainnya.
  • Strategi mengatasi bisa membantu seseorang yang mencoba meringankan gejala yang paling parah.

Pemicu untuk menghindari

Emosi, seperti stres, bukan satu-satunya pemicu untuk makan emosional. Pemicu umum lainnya yang dilaporkan orang meliputi:
  • Kebosanan : Menjadi bosan atau tidak melakukan apapun adalah pemicu makan emosional bersama. Banyak orang menjalani kehidupan yang sangat menstimulasi dan aktif, dan bila tidak ada yang bisa dilakukan akan beralih ke makanan untuk mengisi kekosongan itu.
  • Kebiasaan : Ini sering digerakkan oleh nostalgia atau hal-hal yang terjadi di masa kecil seseorang. Contohnya mungkin, minum es krim setelah mendapat rapor bagus atau memanggang kue dengan kakek dan nenek.
  • Kelelahan : Lebih mudah makan berlebihan atau makan tanpa berpikir saat lelah, apalagi saat bosan melakukan tugas yang tidak menyenangkan. Makanan bisa tampak seperti jawaban untuk tidak ingin melakukan aktivitas tertentu lagi.
  • Pengaruh sosial : Setiap orang memiliki teman yang mendorong mereka untuk mendapatkan pizza setelah semalam keluar, pergi makan malam atau minum setelah hari yang sulit, atau sebagai hadiah untuk hari yang baik. Bisa jadi mudah makan berlebihan saat bersama teman atau keluarga.

Strategi mengatasi


Bagaimana cara menghentikan stres makan?

Langkah pertama yang perlu diambil seseorang untuk membebaskan diri dari makan emosional adalah mengenali pemicu dan situasi yang berlaku dalam kehidupan mereka.
Menjaga buku harian makanan atau jurnal dapat membantu mengidentifikasi situasi ketika seseorang lebih cenderung makan karena emosional dan bukan kelaparan fisik.
Melacak perilaku mereka adalah cara lain agar seseorang bisa mendapatkan wawasan tentang kebiasaan makan mereka.
Perilaku yang mereka catat bisa meliputi:
  • pola tingkat kelaparan, mungkin pada skala 1-10
  • apa yang mereka lakukan dan jika itu membosankan dan tidak menyenangkan
  • apa yang mereka rasakan, apakah bosan atau marah,
Selanjutnya, mereka mungkin ingin melakukan brainstorming gagasan untuk mengatasi serangan yang mereka identifikasi. Sebagai contoh:
  • Seseorang yang makan saat bosan mungkin ingin mencari buku baru yang terdengar seru untuk mulai membaca, atau memulai hobi baru yang bisa memberi tantangan.
  • Seseorang yang makan karena stres bisa mencoba yoga , bermeditasi, atau berjalan-jalan untuk membantu diri mereka mengatasi emosi.
  • Seseorang yang makan saat mereka depresi mungkin ingin menelepon teman, membawa anjing itu lari, atau merencanakan jalan-jalan untuk mengatasi perasaan negatif mereka.
Hal ini juga dapat membantu untuk berbicara dengan seorang terapis atau psikolog untuk mendiskusikan cara lain untuk memutus siklus makan emosional.
Seorang ahli gizi atau dokter mungkin juga bisa memberikan rujukan ke ahli atau informasi tambahan tentang menciptakan kebiasaan makan yang positif dan hubungan yang lebih baik dengan makanan.
Makan emosional bukan hanya masalah seseorang yang kurang disiplin diri atau perlu makan lebih sedikit. Demikian juga, orang yang makan untuk mengatasi stres jangan hanya kekurangan kontrol diri.
Penyebabnya rumit dan mungkin melibatkan beberapa hal berikut:

Perkembangan masa kanak-kanak

Bagi sebagian orang, makan emosional adalah perilaku terpelajar. Selama masa kanak-kanak, orang tua mereka memberi mereka makanan untuk membantu mereka menghadapi hari atau situasi yang sulit, atau sebagai hadiah untuk sesuatu yang baik.
Seiring waktu, anak yang meraih kue setelah mendapatkan nilai buruk dalam tes bisa menjadi orang dewasa yang meraih sekotak kue kering setelah seharian bekerja keras.
Dalam contoh seperti ini, akar makan emosional itu dalam, yang bisa membuat kebiasaan melanggar sangat menantang.

Kesulitan berurusan dengan emosi

Adalah umum bagi orang-orang untuk juga berjuang dengan perasaan dan emosi yang sulit atau tidak nyaman. Ada naluri atau perlu cepat memperbaiki atau menghancurkan perasaan negatif ini, yang bisa berujung pada perilaku tidak sehat.
Dan makan emosional tidak hanya terkait dengan emosi negatif. Mengkonsumsi banyak permen pada pesta Halloween yang menyenangkan, atau terlalu banyak pada hari Thanksgiving adalah contoh makan karena acara liburan itu sendiri.

Dampak fisik stres

Ada juga beberapa alasan fisik mengapa stres dan emosi yang kuat dapat menyebabkan seseorang makan berlebihan:
  • Kortisol tingkat tinggi : Awalnya, stres menyebabkan nafsu makan berkurang sehingga tubuh bisa mengatasi situasi.Jika stres tidak hilang, hormon lain yang disebut kortisol dilepaskan.Kortisol meningkatkan nafsu makan dan bisa menyebabkan seseorang makan berlebihan.
  • Mengidam : Kortisol tingkat tinggi dari stres dapat meningkatkan hasrat makanan untuk makanan bergula atau berlemak. Stres juga terkait dengan meningkatnya hormon kelaparan, yang juga dapat menyebabkan hasrat untuk makanan yang tidak sehat.
  • Jenis Kelamin : Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih cenderung menggunakan makanan untuk mengatasi stres daripada pria, sementara pria lebih mungkin daripada wanita merokok atau menggunakan alkohol.

Kelaparan fisik vs emosional

Sangat mudah untuk mengeliminasi kelaparan emosional karena kelaparan fisik.Tapi ada karakteristik yang membedakan mereka.
Mengetahui perbedaan halus ini adalah langkah pertama untuk membantu menghentikan pola makan emosional.

Apakah kelaparan datang dengan cepat atau bertahap?

Rasa lapar emosional cenderung cepat memukul dan tiba-tiba dan terasa mendesak. Kelaparan fisik biasanya tidak begitu mendesak atau mendadak kecuali sudah lama sejak seseorang makan.

Apakah keinginan makanan untuk makanan tertentu?

Rasa lapar emosional biasanya terkait dengan hasrat junk food atau sesuatu yang tidak sehat. Seseorang yang lapar secara fisik akan sering makan apapun, sementara seseorang yang lapar secara emosional akan menginginkan sesuatu yang spesifik, seperti kentang goreng atau pizza.

Apakah ada yang namanya makan tanpa berpikir?

Makan tanpa berpikir adalah saat seseorang makan tanpa memperhatikan atau menikmati apa yang mereka konsumsi.
Contohnya adalah makan seluruh wadah es krim sambil menonton televisi, karena tidak bermaksud makan sebanyak itu. Perilaku ini biasanya terjadi dengan makan emosional, bukan makan melalui rasa lapar.

Apakah lapar itu berasal dari perut atau kepala?

Kelaparan emosional tidak berasal dari perut, seperti perut gemuruh atau menggeram. Kelaparan emosional cenderung dimulai saat seseorang berpikir tentang keinginan atau menginginkan sesuatu yang spesifik untuk dimakan.

Adakah perasaan menyesal atau bersalah setelah makan emosional?

Memberi keinginan, atau makan karena stres bisa menyebabkan perasaan menyesal, malu, atau bersalah. Respons ini cenderung terkait dengan kelaparan emosional.
Di sisi lain, memuaskan kelaparan fisik memberi tubuh nutrisi atau kalori yang dibutuhkan untuk berfungsi dan tidak terkait dengan perasaan negatif.

Bawa pulang

Makan emosional adalah pengalaman umum dan biasanya tidak terkait dengan kelaparan fisik. Beberapa orang kadang-kadang mengeluh sementara orang lain dapat merasakannya berdampak pada kehidupan mereka dan bahkan dapat mengancam kesehatan dan kesejahteraan mental mereka.
Siapa pun yang mengalami emosi negatif seputar kebiasaan makan mereka harus mengatur kunjungan ke dokter mereka untuk mendiskusikan masalah mereka.Mereka mungkin juga ingin berkonsultasi dengan ahli gizi terdaftar atau terapis lain untuk membantu mereka menemukan solusi atau mekanisme penanganan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana cara menghentikan stres makan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel