Latihan apa yang bagus untuk penyakit Parkinson?

KUTULIS INFOOlahraga merupakan bagian vital kehidupan sehari-hari bagi semua orang yang ingin tetap bugar dan sehat. Bagi orang-orang dengan penyakit Parkinson, bagaimanapun, ini lebih dari sekedar sehat. Bagi mereka, latihan yang tepat bisa memperbaiki aspek vital kehidupan sehari-hari, seperti mobilitas dan menjaga keseimbangan.
Pada artikel ini, kami memeriksa mengapa olahraga bermanfaat bagi orang-orang dengan penyakit Parkinson (PD), dan bagaimana pengaruhnya terhadap otak.Kami juga melihat beberapa contoh dan tip untuk berolahraga dengan kondisi ini.

Mengapa latihan bagus untuk orang dengan PD?

Yayasan Parkinson mengatakan bahwa ada bukti tentang manfaat olahraga jangka pendek dan jangka panjang untuk orang-orang dengan PD.
Sebuah studi, yang dikenal sebagai Parkinson's Outcomes Project , oleh organisasi yang sama, menemukan bahwa orang-orang dengan PD yang berolahraga minimal 2,5 jam seminggu mengalami penurunan mobilitas dan kualitas hidup mereka yang lebih lambat daripada yang lain.
Salah satu manfaat utama olahraga untuk orang dengan PD adalah manajemen gejala.Ini termasuk perbaikan dari:
  • berjalan
  • keseimbangan
  • tremor
  • fleksibilitas
  • kekuatan pegangan
  • Koordinasi motor
  • sikap
  • kelakuan 
Latihan apa yang bagus untuk penyakit Parkinson?

Dampak latihan di otak

Olahraga tidak hanya membantu aspek fisik PD tapi juga mental. Telah terbuktimembantu meringankan gejala kelelahan , mood, masalah tidur, dan kesehatan mental .
Dopamin adalah neurotransmiter yang mengendalikan pusat penghargaan dan kesenangan otak, serta mengatur gerakan dan respons emosional. Di PD, ada kekurangan dopamin.
Sementara latihan belum terbukti meningkatkan jumlah dopamin di otak, penelitian menunjukkan bahwa hal itu membantu penggunaannya lebih efisien.

Jenis latihan

Latihan yang dilakukan seseorang dengan PD akan tergantung pada seberapa membatasi gejala mereka. Dalam semua kasus, latihan harus fokus pada tiga area:
  • fleksibilitas dan peregangan
  • aerobik, juga dikenal sebagai cardio
  • resistensi atau menggunakan otot melawan kekuatan lawan
Ada banyak jenis latihan yang melibatkan ketiga bidang ini. Latihan ini meliputi:
  • Tai Chi
  • yoga
  • bersepeda
  • melompati
  • berlari
  • Pilates
  • tarian
Jenis latihan yang dikenal sebagai "latihan acak" telah terbukti bermanfaat bagi orang-orang dengan PD . Ini adalah latihan aerobik yang menantang individu untuk mengubah kecepatan, aktivitas, atau arah.
Hal ini juga penting bagi seseorang dengan PD untuk melakukan aktivitas yang bervariasi. Hal ini karena orang dengan kondisi tersebut mungkin mengalami gangguan dalam mengubah aktivitas dan melakukan dua aktivitas sekaligus.Akibatnya, latihan dan variasi acak akan membantu untuk menantang gejala tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan

Tidak ada program latihan khusus yang harus dilakukan PD seseorang. Latihan terbaik yang harus dilakukan akan mempertimbangkan gejala individu.
Dukungan amal Parkinson di Inggrismenyarankan agar orang dengan gejala ringan harus fokus pada olahraga yang kuat, seperti berolahraga di gym.
Orang dengan gejala sedang harus fokus pada latihan yang menargetkan gejala tersebut. Individu dengan gejala yang lebih kompleks hanya perlu fokus menggunakan latihan untuk membantu mereka menyelesaikan aktivitas sehari-hari yang bermasalah.
Perlu dicatat bahwa bersepeda, khususnya, memerlukan keseimbangan dan waktu reaksi. Kedua kualitas ini keduanya terganggu oleh PD. Akibatnya, menggunakan sepeda tradisional bisa menjadi risiko keselamatan. Alternatifnya termasuk sepeda roda tiga dan tandem.
University of California juga mengatakan bahwa latihan beban bukanlah pilihan terbaik bagi orang-orang dengan PD, walaupun latihan penguatan memang memiliki nilai.
Penguatan latihan yang merupakan alternatif untuk latihan beban meliputi:
  • mendorong naik ke atas jari kaki
  • jongkok dimodifikasi
  • berulang kali bangkit dari dan duduk di kursi
  • mengenakan beban di pergelangan kaki dan pergelangan tangan di rumah atau di jalan-jalan
  • push-up atau push-up dinding
Berenang adalah latihan yang bagus untuk berkoordinasi, namun tidak memerlukan keseimbangan. Dengan demikian, ini mungkin bukan latihan terbaik untuk orang dengan PD.
Waktu yang ideal bagi seseorang dengan PD untuk berolahraga adalah ketika mobilitas mereka yang terbaik, yang seringkali sekitar satu jam setelah mereka minum obat mereka. Hal ini dapat bervariasi, bagaimanapun, sehingga setiap individu harus bekerja keluar ketika mobilitas mereka adalah yang terbaik.

Tips olahraga untuk PD

Berhati-hatilah
Sebelum seseorang dengan PD memulai program latihan baru, mereka harus berbicara dengan ahli saraf, dokter, dan ahli terapi fisik mereka tentang apa yang terbaik bagi mereka secara individual.
Gunakan pedometer
Juga dikenal sebagai penghitung langkah, ini akan memberi tahu orang tersebut berapa banyak langkah yang mereka lakukan pada hari rata-rata. Mereka kemudian bisa berjalan ke atas dari sana.
Konsistensi
Cara terbaik bagi orang-orang dengan PD untuk melihat manfaat dari berolahraga adalah melakukannya secara konsisten.Orang dengan PD yang telah mengikuti program latihan selama 6 bulan atau lebih telah menunjukkan keuntungan yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang melakukan program yang lebih pendek.
Intensitas lebih besar, manfaatnya lebih besar
Orang dengan PD harus berolahraga sesering mungkin selama mungkin. Jumlah yang dapat mereka lakukan akan bervariasi, tergantung pada gejalanya, namun aturan umumnya adalah semakin banyak orang yang melakukannya, semakin banyak keuntungan yang akan mereka dapatkan.
Integrasi dan variasi
Orang dengan PD dapat mulai menambahkan olahraga ke kehidupan mereka dengan sedikit perubahan, seperti:
  • berjalan bukan mengemudi bila memungkinkan
  • Menaiki tangga bukannya naik lift
  • menghindari lama tidak aktif
Selain itu, memvariasikan latihan dan di mana mereka berada, misalnya di dalam maupun di luar ruangan, tidak hanya akan membantu gejala PD tapi juga memudahkan kebosanan dan meningkatkan motivasi.
Tenang
Membiarkan dingin yang tepat perlahan mengurangi denyut jantung dan menghentikan otot agar tidak kaku.Pemanasan yang tepat dan peregangan juga penting untuk ini.
Selamat bersenang-senang
Kenikmatan berolahraga akan memudahkan untuk melakukan. Kegiatan kelompok, termasuk kelas olahraga, sering bermanfaat untuk hal ini.

Kapan harus menemui terapis fisik

Ketika seseorang pertama kali didiagnosis dengan PD, mereka juga harus memiliki janji dengan ahli terapi fisik untuk menyusun program latihan yang disesuaikan dengan mereka.
Semua orang dengan PD idealnya memiliki program latihan untuk kebutuhan masing-masing. Melihat terapis fisik akan membantu mereka menghindari risiko, dapatkan saran tentang jenis PD mereka yang spesifik, dan beri mereka kepercayaan diri.
Seiring perkembangan penyakit ini, seseorang harus terus bertemu dengan ahli terapi fisik untuk memaksimalkan manfaat dari program latihan mereka dengan mengubahnya kapanpun diperlukan.

Bawa pulang

Ada banyak sekali manfaat latihan untuk orang-orang dengan PD. Mereka yang memiliki kondisi harus berbicara dengan dokter atau kelompok penasihat mereka untuk menyusun sebuah program khusus untuk membantu mereka memulai atau mempertahankan program latihan.
Hal ini juga membantu untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang banyak kelas latihan spesifik PD yang terjadi di seluruh negeri. Mungkin ada kelompok terdekat yang bisa dihubungkan dengan saran dan dukungan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Latihan apa yang bagus untuk penyakit Parkinson?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel