Yang perlu Anda ketahui tentang kekurangan zinc

KUTULIS INFOTubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral agar berfungsi optimal. Salah satu mineral penting adalah seng, yang ditemukan dalam jumlah kecil dalam makanan.
Meskipun tubuh tidak memerlukan sejumlah besar seng, adalah mungkin bagi seseorang untuk kekurangan seng.
Jika tubuh tidak memiliki seng yang dibutuhkannya, seseorang bisa mengalami gejala yang berhubungan dengan defisiensi seng.
Fakta cepat tentang defisiensi seng:
  • Tubuh menggunakan seng untuk beberapa proses penting.
  • National Institutes of Healthmengatakan defisiensi seng langka di Amerika Serikat. Namun, jika seseorang memiliki pola makan yang buruk, mereka cenderung kurang.
  • Dokter sering merekomendasikan suplemen untuk kekurangan zat besi.
Yang perlu Anda ketahui tentang kekurangan zinc

Apa yang dilakukan seng di tubuh?

Zinc mendukung fungsi sel, membantu sekitar 100 enzim - molekul yang membuat reaksi kimia terjadi - melakukan tugasnya.
Seng memainkan peran tambahan di tubuh, termasuk:
  • meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
  • membantu sel membelah
  • menjaga indera penciuman dan rasa
  • mempromosikan penyembuhan luka
Seng juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Dengan demikian, ini adalah mineral penting bagi wanita hamil dan juga anak-anak yang sedang tumbuh.
Tubuh seseorang tidak menyimpan seng, yang berarti mendapatkan cukup banyak mineral dari makanan sangat penting dalam mencegah kekurangan.

Gejala defisiensi seng

Gejala kekurangan zinc cenderung dikaitkan dengan peran yang dilakukan seng dalam tubuh. Beberapa gejala kekurangan seng yang paling umum meliputi:
  • kehilangan nafsu makan
  • lebih lambat dari perkiraan pertumbuhan
  • Fungsi sistem kekebalan tubuh yang buruk
Defisiensi seng yang parah dapat menyebabkan gejala yang lebih banyak lagi.Contohnya meliputi:
  • keterlambatan seksual tertunda
  • diare
  • lesi mata dan kulit
  • merasa lesu
  • Sensasi rasa lucu
  • rambut rontok
  • penyembuhan luka yang buruk
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
Pria dan anak laki-laki juga bisa mengalami impotensi dan hipogonadisme, yaitu saat tubuh pria tidak menghasilkan cukup testosteron .

Apa penyebabnya?

Di seluruh dunia, sekitar 1,1 miliar orang kekurangan seng karena asupan makanan yang tidak memadai, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports .
Namun, ada tiga penyebab utama defisiensi seng yang mendasarinya:
  • tidak mengkonsumsi cukup seng melalui makanan seseorang
  • kehilangan jumlah seng berlebih dari tubuh, seperti melalui penyerapan yang buruk
  • orang dengan kondisi kronis
Orang dengan kondisi kronis berikut mungkin mengalami defisiensi seng:
  • kecanduan alkohol
  • kanker
  • Penyakit celiac
  • diare kronis
  • penyakit ginjal kronis
  • penyakit hati kronis
  • Penyakit Crohn
  • diabetes
  • penyakit pankreas
  • penyakit sel sabit
  • kolitis ulserativa

Link ke vegetarianisme

Vegetarian secara tradisional memiliki kadar seng lebih rendah karena tubuh memecah seng yang ditemukan di daging lebih efisien.
Vegetarian cenderung mengonsumsi kacang polong, kedelai, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan produk makanan whole grain yang lebih tinggi. Sementara mereka pilihan makanan sehat, mereka dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap seng karena adanya phytates. Zat ini berikatan dengan seng, sehingga tubuh tidak bisa menyerapnya.

Link ke usia

Orang dewasa yang lebih tua berisiko mengalami defisiensi zinc karena mereka mungkin tidak makan atau memiliki akses terhadap berbagai jenis makanan.Mengambil beberapa obat juga dapat meningkatkan pelepasan seng tubuh.
Contohnya termasuk penggunaan diuretik thiazide, seperti chlorthalidone atau hydrochlorothiazide.
Ada juga kelainan medis langka yang disebut acrodermatitis enteropathica, yang mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap seng.

Diagnosa

Sementara dokter dapat memesan tes darah atau tes urine untuk memeriksa kadar seng, ini mungkin tidak memberikan hasil yang pasti. Hal ini karena seng hanya hadir dalam jumlah kecil di sel tubuh.
Dalam mendiagnosa defisiensi zinc, dokter perlu mengambil riwayat kesehatan penuh.Mereka akan mengajukan pertanyaan tentang asupan makanan seseorang. Jika seseorang tidak mengkonsumsi cukup kalorisetiap hari atau cukup makan berbagai makanan, mungkin saja kekurangan zat besi bisa menjadi penyebab yang mendasarinya.

Pengobatan

Suplemen tersedia di kebanyakan apotek dan toko kesehatan. Suplemen dapat mengandung sejumlah unsur seng yang berbeda (berat molekul seng sebenarnya) dan diberi label sebagai seng glukonat, seng sulfat, atau seng asetat.
Setiap suplemen harus memiliki informasi tentang berapa seng unsur tersedia di setiap jenis. Zinc juga merupakan komponen umum dari tenggorokan, karena seng dianggap membantu mengobati flu biasa.
Seseorang juga bisa mencoba menambah asupan makanan yang mengandung seng.Contohnya meliputi:
  • tiram
  • daging sapi chuck panggang
  • sereal sarapan yang diperkaya
  • Kacang panggang
  • yogurt
  • buncis
  • instan, oatmeal biasa
  • susu
Seseorang yang makan berbagai jenis makanan lebih cenderung mengkonsumsi seng dalam makanan sehari-hari mereka. Ini termasuk daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, dan produk susu.

Tip untuk mencegah defisiensi seng

Ada cara seseorang bisa menyiapkan dan mengonsumsi makanan untuk membuat seng lebih banyak tersedia dalam makanan sehari-hari mereka.
Misalnya, seseorang bisa merendam kacang dalam air sebelum memasaknya. Hal ini mengurangi kehadiran phytate, sehingga memudahkan tubuh memproses zinc.
Memilih produk gandum beragi juga bisa membantu mengurangi jumlah phytate, meningkatkan jumlah seng bagi tubuh untuk digunakan.

Bawa pulang

Sama seperti ada masalah dengan defisiensi zinc, seseorang juga bisa menyerap terlalu banyak seng. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mengkonsumsi suplemen seng berlebih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.
Terlalu banyak asupan seng dapat menyebabkan gejala yang berkisar dari mual dan muntah hingga gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh. Untuk alasan ini, orang dewasa yang lebih tua dari usia 19 seharusnya tidak mengkonsumsi lebih dari 40 miligram (mg) seng sehari.
Jika seseorang berpikir bahwa mereka mungkin kekurangan zinc, mereka harus berbicara dengan dokter mereka tentang suplemen atau perawatan lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yang perlu Anda ketahui tentang kekurangan zinc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel