Makanan mana yang terbaik untuk kesehatan mental?

KUTULIS INFODaging, buah, dan sayuran - penelitian menunjukkan bahwa makanan ini berpotensi meningkatkan mood dan kesehatan mental. Tapi mana yang terbaik?Nah, menurut penelitian baru, efek makanan spesifik pada kesejahteraan psikologis sangat bergantung pada usia seseorang.
Periset dari Universitas Negeri New York di Binghamton telah menemukan bahwa makanan tertentu mempengaruhi mood dan kesehatan mental orang dewasa muda berbeda dengan orang dewasa yang lebih tua, dan sebaliknya.
Rekan penulis studi Lina Begdache, yang adalah asisten profesor studi kesehatan dan kesejahteraan di Binghamton, dan rekan-rekannya percaya bahwa temuan mereka dapat membantu individu membuat pilihan makanan yang menguntungkan kesehatan mental mereka.
Tim baru-baru ini melaporkan hasilnya di jurnal Nutritional Neuroscience .
Dalam beberapa tahun terakhir, para periset telah menetapkan bahwa apa yang kita makan dapat memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan mental kita. Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh Medical News Today awal tahun ini, misalnya, menyarankan agar meningkatkan asupan buah dan sayuran dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis hanya dalam 2 minggu, sementara penelitian lain menyarankan adanya hubungan antara asupan daging merah dan penurunan risiko depresi. .

Makanan mana yang terbaik untuk kesehatan mental?

Hal ini diyakini bahwa manfaat tersebut turun ke bagaimana makanan tertentu memodifikasi kimia otak kita, yang dapat mempengaruhi kesehatan psikologis. Tapi Begdache dan rekan membuat poin penting: struktur otak kita tidak sama sepanjang seluruh masa hidup kita.
Seperti yang dicatat oleh para peneliti, "Pematangan otak mungkin tidak selesai sampai usia 30 tahun, yang dapat menjelaskan perbedaan kontrol emosi, pola pikir, dan ketahanan antara orang dewasa muda dan orang dewasa yang matang."
"Akibatnya, faktor makanan dapat mempengaruhi kesehatan mental secara berbeda pada kedua populasi ini."
Untuk mengetahui apakah hal ini terjadi, para ilmuwan menggunakan platform media sosial untuk mengirimkan Kuisioner Makanan-Mood online (FMQ). Responden dibagi menjadi dua kelompok: dewasa muda (umur 18-29) dan dewasa dewasa (berusia 30 atau lebih).

Daging merah, unggas bermanfaat bagi orang dewasa muda

Dengan menggunakan data FMQ, Begdache dan rekannya melihat kaitan antara diet, olahraga, dan tekanan mental pada kedua kelompok.
Mereka menemukan bahwa asupan unggas dan daging merah yang lebih tinggi - yang keduanya meningkatkan kadar bahan kimia penguat mood di otak, termasuk serotonin dan dopamin - dikaitkan dengan suasana hati dan kesehatan mental yang lebih baik pada orang dewasa muda, namun bukan dewasa dewasa.
"Olahraga teratur menyebabkan penumpukan ini dan neurotransmitter lainnya juga," catat Begdache. "Dengan kata lain, orang dewasa muda yang makan daging (merah atau putih) kurang dari tiga kali seminggu dan berolahraga kurang dari tiga kali minggu menunjukkan tekanan mental yang signifikan."
Tim tersebut mengatakan bahwa temuan ini menunjukkan bahwa otak orang dewasa muda mungkin lebih sensitif terhadap peningkatan zat kimia otak yang meningkatkan mood.
Menariknya, mereka juga menemukan bahwa kesehatan psikologis orang dewasa meningkat dengan asupan buah dan sayuran yang lebih besar. Tim tersebut mencatat bahwa makanan ini kaya akan antioksidan, yang dapat memerangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
"Dengan penuaan," tambah Begdache, "ada peningkatan pembentukan radikal bebas (oksidan), jadi kebutuhan antioksidanmeningkat. Radikal bebas menyebabkan gangguan pada otak, yang meningkatkan risiko tekanan mental."

Usia 'mungkin memerlukan penyesuaian diet'

Para ilmuwan juga menemukan bahwa berpantang makanan dan minuman yang mengaktifkan respons "fight-or-flight", atau respons stres - seperti makanan kaya kopidan karbohidrat - dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik pada orang dewasa dewasa.
"[...] Kemampuan kita untuk mengatur stres berkurang [dengan penuaan], jadi jika kita mengkonsumsi makanan yang mengaktifkan respons stres, kita cenderung mengalami tekanan mental," kata Begdache.
Secara keseluruhan, para periset percaya bahwa hasilnya menunjukkan bahwa usia seseorang mempengaruhi efek diet terhadap kesejahteraan psikologis.
Penulis menyimpulkan:
" Tingkat pematangan otak dan perubahan terkait usia pada morfologi dan fungsi otak mungkin memerlukan penyesuaian diet untuk meningkatkan kesehatan mental."
Tim sekarang berencana untuk menyelidiki apakah atau tidak efek diet makanan terhadap kesehatan mental bervariasi menurut jenis kelamin, mengingat pria dan wanita memiliki perbedaan dalam struktur otak.

0 Response to "Makanan mana yang terbaik untuk kesehatan mental?"

Post a Comment