Apa itu overpronation?

KUTULIS INFOBila lengkungan kaki runtuh terlalu ke bawah atau ke dalam, ini dikenal sebagai overpronation. Terkadang, orang menyebut kondisi ini dengan kaki yang rata.
Cara kaki seseorang menyerang tanah dapat memiliki efek signifikan pada tubuh mereka.Orang dengan kaki rata atau yang overpronate mungkin rentan terhadap luka lebih banyak daripada orang dengan pronasi normal.
Namun, ada perawatan sederhana yang tersedia untuk mencegah cedera akibat overpronasi.

Pronasi dan overpronasi

Pronasi mengacu pada cara alami kaki bergerak dari satu sisi ke sisi lain saat seseorang berjalan atau berlari.
Hal itu terjadi saat beban dipindahkan dari tumit ke bola kaki saat seseorang melewati langkah berjalan atau berlari.
Pronasi juga terjadi saat berdiri, dan dalam kasus ini, pronasi mengacu pada jumlah kaki yang masuk ke dalam menuju lengkungan.
Beberapa pronasi normal. Overpronasi adalah saat kaki menggelinding ke arah dalam menuju lengkungan secara berlebihan dan bisa menyebabkan berbagai luka.

Apa itu overpronation?


Overpronasi dan luka-luka

Overpronasi membuat orang berisiko tinggi mengalami cedera tertentu. Hal ini karena mengganggu keselarasan alami tubuh dan menyebabkan dampak meningkat saat kaki menabrak tanah.
Atlet dengan overpronasi, terutama pelari, melihat kemungkinan peningkatan cedera berlebihan.
Cedera yang sering terjadi pada orang dengan overpronasi meliputi:
  • shin splints
  • bunions
  • tumit sakit
  • plantar fasciitis
  • Sindrom iliotibial band, radangligamen di bagian luar lutut
  • Nyeri punggung bawah yang kronis
  • Fraktur stres di kaki atau kaki bagian bawah
  • sindrom nyeri patellofemoral
  • Achilles tendonitis

Penyebab

Overpronasi umumnya disebabkan oleh kaki datar dan sangat fleksibel.
Terkadang, orang terlahir dengan kaki rata.Namun, ada juga kondisi dan situasi yang dapat meningkatkan peluang seseorang untuk mengembangkan kaki datar atau lengkungan yang lemah, yang dapat menyebabkan overpronasi.
Kondisi dan situasi ini meliputi:
  • Sedang hamil
  • kelebihan berat badan atau obesitas
  • mengambil bagian dalam aktivitas apapun, seperti berlari, yang melibatkan berulang kali memukul kaki di permukaan yang keras untuk waktu yang lama

Diagnosa

Banyak orang yang overpronate tahu mereka memiliki kaki yang rata tanpa menemui dokter.
Jika seseorang berpikir bahwa mereka mungkin terlalu banyak melakukan kesalahan, maka mereka dapat menilai sendiri terlebih dahulu dengan menggunakan salah satu dari tiga metode berikut:
  1. Mereka pertama-tama harus melihat kaki mereka sambil berdiri. Jika tidak ada ruang yang jelas antara kaki dan lantai tempat lengkungan itu, orang tersebut kemungkinan overpronate.
  2. Jika seseorang adalah pelari, mereka bisa mengecek keadaan sepatu lari mereka. Jika sebagian besar keausan ada di bagian dalam sepatu lari, kemungkinan besar ada orang yang memiliki overpronasi.
  3. Mereka juga bisa memeriksa jejak kaki mereka setelah menempuh beberapa langkah dengan kaki telanjang dan basah. Seseorang dengan pronasi normal akan melihat karya cetak mereka yang terhubung ke toeprints dengan sekitar setengah dari lebar kaki mereka. Seseorang yang melampaui batas akan melihat karya cetak mereka terhubung dengan lebar penuh kaki mereka.
Jika seseorang mencoba ketiga metode ini dan masih belum yakin apakah mereka terlalu banyak, mereka mungkin memilih untuk mengunjungi toko lari, ahli penyakit kaki, atau ahli bedah ortopedi khusus. Pada beberapa toko lari khusus, panitera dilatih untuk memeriksa overrondasi.
Seorang podiatrist, ahli bedah ortopedi, atau ahli terapi fisik dapat membuat diagnosis yang pasti. Seseorang harus menemui dokter spesialis untuk overpronasi jika mereka mengalami sakit atau cedera kronis, terutama jika mereka telah mencoba memperbaiki sendiri masalahnya di masa lalu.
Spesialis dapat merekomendasikan pilihan pengobatan yang dapat membantu memecahkan masalah.

Pilihan pengobatan

Ada banyak pilihan pengobatan yang berbeda yang tersedia untuk overpronasi.Pilihan pengobatan utama adalah:
  • memilih sepatu yang mendukung
  • memakai orthotics
  • melakukan latihan yang memperkuat lengkungan dan otot di sekitar mereka

Memilih sepatu suportif

Seseorang dengan overpronasi harus berhati-hati saat memilih sepatu, terutama saat memetik sepatu untuk aktivitas apa pun yang melibatkan pemogokan kaki berulang-ulang, seperti berlari atau berjalan.
Siapapun dengan overpronation harus mencari sepatu yang menawarkan dukungan ekstra dan kestabilan sehingga sepatu meminimalkan dampak dari setiap langkah.
Seseorang dengan overpronasi yang mencari sepatu pendukung mungkin ingin melakukan hal berikut saat memilih sepatu:
  • memiliki kedua kaki diukur
  • berbelanja di penghujung hari dan akhir minggu saat kaki sedikit bengkak
  • kenakan kaus kaki tipis saat berbelanja
  • cari sepatu yang menawarkan dukungan lengkungan ekstra
Toko lari yang menawarkan beberapa bentuk analisis gaya berjalan, ahli bedah kaki atau bedah ortopedi dapat merekomendasikan sepatu yang bagus.

Latihan untuk overpronasi

Terkadang, seseorang dengan overpronasi akan dirujuk ke ahli terapi fisik untuk memperkuat latihan.
Latihan ini dapat membantu mendukung lengkungan kaki mereka dan otot-otot yang membantu menunjang lengkungan.
Seorang terapis fisik dapat merekomendasikan bahwa seseorang dengan overpronasi dan cedera terkait dapat menambahkan latihan berikut ke rutinitas mereka:
  • Posisi pertama demi plié : Dengan jumlah pemilih dari pinggul, maka sudut kaki ke luar dan tumit saling berdekatan, tekuk lutut sambil tetap tumit di lantai.
  • Menggulung kaki : Sambil berdiri dengan kaki selebar pinggul, gerakkan berat badan Anda ke bagian luar kaki lalu kembali ke posisi normal berulang-ulang.
  • Peregangan betis yang dibesarkan : Otot betis yang kencang dapat memberi tekanan terlalu banyak pada tendon Achilles, memburuknya kaki yang rata.Peregangan otot betis dengan duduk dengan kaki terbentang di depan Anda dengan kaki tertekuk. Kemudian engsel maju di pinggang dan meraih jari kaki Anda.

Mengenakan orthotics

Orthotics adalah sisipan khusus yang masuk ke sepatu untuk menawarkan dukungan lengkungan ekstra dan membantu meminimalkan dampak dari cara seseorang berjalan.
Lebih banyak orthotics generik tersedia tanpa resep dan dapat memberikan dukungan yang cukup untuk mencegah cedera akibat overpronasi.
Namun, dalam beberapa kasus, seseorang dengan overpronasi mungkin memerlukan orthotics custom, yang dapat dilakukan podiatrist berdasarkan analisis gaya berjalan seseorang.

Pencegahan

Beberapa orang tidak bisa mencegah overpronasi namun bisa mengurangi efeknya melalui penggunaan orthotics dan alas kaki yang tepat.
Orang-orang ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera terkait dengan overpronasi dengan melakukan latihan yang direkomendasikan.
Orang lain mungkin bisa mencegah overpronasi berkembang dengan mempertahankan berat badan yang sehat.

Pandangan

Siapa pun yang mengalami rasa sakit atau cedera berulang karena overwronation harus menemui dokter. Seorang dokter bisa merekomendasikan banyak pilihan untuk seseorang yang bisa menghilangkan rasa sakit dan mencegah re-injury.
Orang-orang dengan cedera yang terkait dengan penundaan dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah cedera lebih lanjut di masa depan.
Bagi banyak orang dengan overpronasi, solusinya sesederhana memakai orthotics atau mengganti alas kaki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu overpronation?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel