Apa cara terbaik untuk membuat diri bersendawa?

KUTULIS INFOBurping adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan kembung. Ini membantu menghilangkan ketidaknyamanan gas dan dapat dipicu pada permintaan.
Burping juga dikenal sebagai bersendawa.Ini melibatkan pelepasan gas dari saluran pencernaan ke mulut. Burps terjadi saat udara tertelan saat makan atau minum dan kemudian dikeluarkan.
Udara yang dilepaskan adalah campuran oksigen dan nitrogen.
Fakta cepat tentang bagaimana membuat diri bersendawa:
  • Ketidakmampuan untuk bersendawa jarang terjadi, namun beberapa orang sehat tidak dapat melakukannya.
  • Burping bisa mengurangi ketidaknyamanan gas dan perut.
  • Kebanyakan orang mengalami gas setelah makan dan melepaskannya melalui bersendawa atau perut kembung .


Apa ketidakmampuan untuk bersendawa?

Tidak bisa bersendawa terjadi saat sfingter esofagus bagian atas sementara kehilangan kemampuannya untuk melepaskan udara.
Sfingter esofagus bagian atas adalah katup berotot yang mengelilingi bagian atas kerongkongan (pipa makanan) tepat di bawah lorong tenggorokan.
Otot sphincter relaks selama menelan, tapi sisa waktu itu, kontraknya. Saat seseorang bersendawa, otot sphincter perlu santai sejenak agar udara bisa luput.
Penting bagi otot sfingter untuk melepaskan ke bawah untuk menelan. Juga penting agar otot sfingter melepaskan udara ke atas saat bersendawa.
Tidak bisa bersendawa bisa membuat seseorang merasa sengsara. Mungkin terasa seperti gelembung udara yang berada di otot sfingter tanpa ada tempat untuk pergi.Ketidakmampuan untuk bersendawa mungkin menyakitkan, dan menyebabkan sakit perut dan kembung.

Metode untuk memicu bersendawa

Saat dipicu, bersendawa bisa membawa relaksasi dan membuat seseorang merasa lebih cepat.

1. Minuman berkarbonasi

Soda, bir, dan minuman berkarbonasi lainnya bergembira dan berawa. Minum minuman berkarbonasi menyebabkan penumpukan gas di perut, memicu bersendawa, dan mengurangi rasa sakit pada perut.
Menghirup minuman tidak cukup. Penting untuk minum dalam jumlah besar dengan cepat untuk memaksa menelan lebih banyak udara dan meningkatkan kemungkinan bersendawa.

2. Gerakan

Gerakan bisa memberi tekanan pada udara di perut dan memaksanya ke atas, berpotensi menyebabkan seseorang bersendawa. Jika seseorang duduk, mereka harus berdiri. Jika mereka berdiri, mereka harus duduk. Berbaring dan cepat berdiri adalah pilihan lain.
Di lain waktu, lebih banyak tindakan dibutuhkan. Berjalan, jogging, melompat-lompat, atau peregangan bisa mendorong udara keluar dari perut.

3. Makan makanan yang mempromosikan gas

Mengonsumsi makanan yang mempromosikan gas dapat membantu membangun tekanan gas di perut, sehingga menghasilkan bersendawa setelah dikonsumsi. Makanan yang bisa mempromosikan belching meliputi:
  • beberapa buah, termasuk apel, pir, dan buah persik
  • wortel
  • permen keras
  • mengunyah permen karet
  • roti gandum utuh

4. Antasida

Suplemen kalsium karbonat kunyah, seperti Tums and Rolaids, dirancang untuk mengurangi konsumsi asam. Burping adalah efek samping antasida yang tak terduga.

5. Memaksa udara

Memaksa udara ke tenggorokan Anda adalah salah satu cara agar otot sfingter berkontraksi.
Pertama, hirup udara ke dalam mulut sampai titik memperluas rahang dan tenggorokan. Seseorang harus tetap mengisap udara dengan cara ini sampai gelembung udara terbentuk di tenggorokan.
Langkah selanjutnya adalah memblok mulut dengan lidah dengan menyentuh bagian atas bulan dengan lidah. Selanjutnya, lepaskan udara dengan perlahan menurunkan lidah dan bibir berpisah.

6. Menelan udara

Menelan udara adalah cara lain untuk menimbulkan bersendawa, dan mudah dilakukan. Buang napas sampai paru-paru kosong. Kemudian hirup dalam-dalam dan tahan selama mungkin. Buang napas dan tarik napas lagi, dan telanlah udara.
Minum segelas air atau mencubit hidung bisa membuat ini lebih mudah.

7. Memicu refleks gag

Memicu refleks muntah bisa memaksa bersendawa, tapi itu harus dianggap sebagai upaya terakhir. Seseorang bisa memicu bersendawa dengan menyentuh bagian belakang mulut mereka dengan jari yang bersih. Sentuhan harus ringan dan hanya cukup untuk melepaskan udara ke atas.
Tujuannya hanya untuk bersendawa, jangan sampai muntah. Terlalu banyak kekuatan bisa menyebabkan muntah, jadi penting untuk bersikap lembut.

Kondisi gas dan kembung

Kebanyakan orang melewatkan gas hingga 21 kali sehari , menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).
Ada beberapa kondisi kesehatan, bagaimanapun, yang menyebabkan orang mengalami gas dan kembung lebih sering.Orang-orang ini bisa mendapat keuntungan dari pemberontakan terpicu.

Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan memecah laktosa, sejenis gula yang biasa ditemukan pada susu dan produk susu lainnya. Orang dengan kondisi ini mungkin mengalami gas atau kembung dan berjuang untuk bersendawa sesekali.
Menghindari susu dapat membantu meminimalkan gejala, dan mendorong bersendawa bisa membantu saat merasa kembung, berawa, dan tidak dapat bersendawa.

Gangguan gastrointestinal bagian atas

Banyak kelainan gastrointestinal bagian atas dapat menyebabkan sering bersendawa, atau ketidakmampuan untuk bersendawa.Ini termasuk tukak lambung , acid reflux , atau gastroparesis. Kondisi ini bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa teknik untuk menginduksi bersendawa.
Ulkus peptik adalah luka yang bisa terjadi pada pipa makanan, perut, atau usus kecil.
Asam surutnya adalah penyakit dimana asam lambung mengiritasi lapisan pipa makanan. Gejalanya meliputi gas dan kembung setelah makan yang memburuk dengan berbaring.
Gastroparesis mempengaruhi otot perut dan membuat sulit untuk mengosongkan perut.Ini juga mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan kembung dan perasaan kenyang bahkan ketika seseorang telah makan sedikit makanan.

Disfungsi refleks belch

Disfungsi refleks belch jarang terjadi, dan sebagian besar literatur medis di atasnya tidak lancar.
Satu artikel di jurnal medis, Gastroenterology , melaporkan pada seorang wanita berusia 25 tahun yang mengeluhkan melemahkan nyeri dada akibat disfungsi esofagus esofagus bagian atas (UES). Dia memiliki riwayat nyeri dada, termasuk menggelegak di dadanya, dan ketidakmampuan untuk bersendawa saat episode nyeri.
Studi tentang kelainan dan disfungsi UEStidak secara khusus menyebutkan ketidakmampuan untuk bersendawa sebagai gejala, sehingga sulit untuk mengetahui prevalensi kondisi ini.Meskipun demikian, kemungkinan memicu otot sfingter bisa membantu menimbulkan perselingkuhan.

Dispepsia

Dispepsia bukan kondisi medis yang spesifik.Sebaliknya, istilah medis menggambarkan rasa terbakar atau menggerogoti di dada atau perut bagian atas, biasanya setelah makan.
Kebanyakan orang menggambarkan perasaan itu sebagai "gas", dan gejala lainnya mungkin meliputi gemuruh perut, bersendawa, atau ketidakmampuan untuk bersendawa, dan meningkatkan gas di perut atau usus. Penyebab dispepsia bisa kecil atau parah.

Mengurangi masalah gas, kembung, dan bersendawa

Siapa pun yang mengalami gas yang menyakitkan, kembung dan masalah dengan bersendawa, dapat mengurangi gejala ini dengan:
  • menghindari makanan yang menyebabkan gas
  • minum air putih sebelum makan
  • makan dan minum perlahan
  • menghindari merokok, mengunyah permen karet atau minum sedotan
  • menghindari pemanis buatan, karena ini diketahui menyebabkan gas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa cara terbaik untuk membuat diri bersendawa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel