Yang perlu Anda ketahui tentang mengapa Anda marah

KUTULIS INFOKemarahan adalah emosi yang kuat dan kuat yang berkisar dari sedikit terganggu dengan amarah. Dalam kebanyakan kasus, kemarahan adalah perasaan normal dan sehat.
Namun, jika seseorang memiliki kemarahan yang menyebabkan kehilangan kendali, hal itu bisa merusak dan menimbulkan masalah dalam kehidupan, hubungan, dan karir mereka.

Yang perlu Anda ketahui tentang mengapa Anda marah

Isi dari artikel ini:
  1. Mengapa orang marah?
  2. Komplikasi kemarahan
  3. Kapan kemarahan menjadi masalah?
  4. Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi
  5. Manajemen kemarahan
  6. Bawa pulang
Fakta cepat tentang kemarahan:
  • Ada banyak alasan mengapa orang marah.
  • Alasan mengapa seseorang marah disebut pemicu.
  • Banyak orang bertanya-tanya pada tahap apa kemarahan normal menjadi masalah yang perlu dihadapi.
  • Teknik manajemen kemarahan bisa sangat berguna dalam membantu seseorang mengatasi kemarahan yang meningkat.

Mengapa orang marah?

Pemicu dapat bervariasi dan dapat mencakup kejadian seperti terjebak dalam lalu lintas, dihina oleh teman, atau persepsi diperlakukan tidak adil.
Namun, tidak semua orang menjadi marah pada hal yang sama dengan cara yang sama.Banyak karakteristik dan faktor yang berinteraksi membuat seseorang lebih cenderung menjadi marah. Ini mungkin termasuk:

Kepribadian orang tersebut

Orang yang memiliki ciri kepribadian tertentu, seperti narsisme atau daya saing, lebih cenderung menjadi marah. Juga, beberapa orang secara alami lebih cepat bereaksi dan mudah marah.
Di sisi lain, beberapa orang secara alami lebih santai dan kurang terganggu oleh pemicu yang sama.

Masa kanak-kanak dan asuhan

Anak-anak belajar pada usia yang sangat muda bagaimana mengekspresikan dan mengatasi kemarahan mereka, dengan mengamati orang tua mereka dan orang-orang di sekitar mereka. Seorang anak yang melihat orang tua meledak atau menggunakan ungkapan kemarahan fisik - seperti merajuk atau memukul dinding - lebih cenderung menggunakan perilaku yang sama atau kehilangan kendali atas kemarahan mereka.
Demikian pula, seorang anak yang mengamati orang tua mereka menghadapi kemarahan dengan tenang lebih cenderung melakukan hal yang sama.

Membangun pemicu

Itu tidak selalu merupakan kejadian langsung yang memicu kemarahan; Hal ini sering merupakan hasil dari perasaan psikologis dan biologis yang dialami seseorang sebelum pemicu terjadi.
Misalnya, seseorang yang sudah frustrasi dengan situasi di tempat kerja, atau yang lapar atau lelah lebih cenderung marah.

Misevaluating situasi

Bagaimana seseorang mengevaluasi situasi adalah salah satu faktor paling penting yang menentukan kapan seseorang menjadi marah. Misalnya, jika seseorang terputus dalam lalu lintas, mereka mungkin frustrasi, tapi pahamilah bahwa pembalap lain mungkin tidak terbiasa dengan area tersebut atau terburu-buru untuk mendapatkan suatu tempat yang penting.
Orang lain yang terputus, dengan cara yang sama, mungkin marah karena mereka mengevaluasi situasinya secara berbeda, percaya bahwa pengemudi memotongnya dengan sengaja.

Komplikasi kemarahan

Meskipun amarah adalah emosi yang sehat dan umum, kemarahan yang berlebihan atau berubah menjadi agresi dapat memiliki beberapa konsekuensi buruk pada kehidupan seseorang.
Kemarahan bisa mempengaruhi kesehatan juga; Ini membangkitkan sistem saraf dan menghasilkan perubahan hormonal dan neurologis, yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh.
Seiring berjalannya waktu, perubahan ini dapat meningkatkan risiko beberapa komplikasi kesehatan serius, seperti:
  • serangan jantung
  • tekanan darah tinggi
  • pukulan
  • penyakit jantung
  • tukak lambung
  • penyakit usus
  • penyembuhan luka lebih lambat
Kemarahan juga dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan seseorang dengan mempengaruhi kemampuan mereka untuk menahan pekerjaan atau menjaga persahabatan pribadi dan hubungan.
Kemarahan yang ekstrem bahkan bisa menimbulkan masalah hukum jika hal itu menyebabkan seseorang menyerang atau dengan keras mengekspresikan kemarahan.

Kapan kemarahan menjadi masalah?

Ada beberapa tanda yang mungkin berarti seseorang perlu mendapat bantuan dalam menghadapi kemarahan yang berlebihan.Pertanyaan berikut dapat membantu menentukan apakah ini masalahnya:
  • Apakah kemarahan berdampak negatif pada orang lain?
  • Apakah orang tersebut merasa malu setelah ledakan amarah?
  • Apakah orang lain mengomentari kemarahan?
  • Apakah orang tersebut kehilangan hubungan karena mereka terlalu marah?
  • Apakah kemarahan mempengaruhi kinerja atau efisiensi?
  • Apakah kesehatan atau kualitas hidup menderita?
  • Apakah orang tersebut merasa mereka terlalu marah?
Menjawab pertanyaan "ya" terhadap salah satu dari pertanyaan ini mungkin akan bermanfaat bagi seseorang untuk mencari dukungan dari seorang profesional yang dapat membantu mereka mengendalikan emosi marah mereka. Ini mungkin termasuk terapi, kelompok pendukung, atau teknik manajemen kemarahan.

Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi

Stres , kegelisahan , depresi , dan kemarahan sering dikaitkan. Stres dan kecemasan bisa menyebabkan kemarahan, yang selanjutnya dapat meningkatkan kecemasan, depresi, dan stres. Belajar cara mengelola perasaan ini juga bisa membantu meminimalisasi kemarahan.
Ada banyak strategi yang orang dapat mempekerjakan untuk membantu mengatasi stres atau situasi stres termasuk:
  • menulis di jurnal
  • memanggil seorang teman
  • bermeditasi
  • bernapas dalam-dalam
  • berolahraga secara teratur
  • berjalan pergi selama beberapa menit
  • jalan-jalan
Belajar untuk mengidentifikasi situasi yang penuh tekanan dan berurusan dengan mereka secara produktif mengurangi kemarahan dan mengurangi reaksi seseorang terhadap pemicu yang mungkin menyebabkan reaksi intens.
Depresi dan kecemasan biasanya paling baik ditangani dengan melihat terapis untuk perawatan. Obat atau terapi bicara sering dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini dengan benar. Seperti stres, mengurangi depresi dan kecemasan bisa meminimalkan reaksi marah.

Manajemen kemarahan

Beberapa strategi dasar meliputi:
  • mengenali kemarahan sebelum mengintensifkan
  • menghitung sampai 10
  • bernapas perlahan dan dalam
  • berolahraga
  • membuat waktu untuk bersantai
  • menemukan outlet kreatif
  • Berbicara dengan seseorang tentang perasaan Anda
Orang yang berjuang dengan kemarahan atau menemukan cara yang tepat untuk mengatasi kemarahan mereka harus menghubungi dokter mereka. Dokter dapat memberikan rujukan ke spesialis atau bahkan merekomendasikan program manajemen kemarahan lokal untuk membantu mengajar dan memperkuat teknik ini dan teknik lainnya.

Bawa pulang

Kemarahan adalah emosi yang normal, tapi bila tidak diekspresikan dengan tepat, ia bisa cepat lepas kendali. Namun, banyak strategi tersedia untuk membantu mengatasi kemarahan sebelum hal ini terjadi.
Tapi, langkah pertama dan paling penting adalah mengenali bahwa kemarahan adalah masalah dan secara aktif belajar mengendalikannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yang perlu Anda ketahui tentang mengapa Anda marah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel