Lima cara untuk meningkatkan ingatan Anda

KUTULIS INFOSiapapun bisa memperbaiki ingatan mereka, kecuali jika mereka mengalami kehilangan memori sebagai bagian dari kondisi medis.Apakah Anda ingin menguji sains Anda, masuk ke World Memory Championships, atau mempertahankan dan meningkatkan memori Anda seiring bertambahnya usia, kami memiliki beberapa tip untuk meningkatkan memori yang mungkin bisa membantu.
Kenangan adalah blok bangunan dari biografi internal kita. Mereka memberi tahu kita apa yang telah kita lakukan selama masa hidup kita dan yang telah kita hubungkan sepanjang jalan. Kenangan memainkan peran penting dalam membuat kita sebagai manusia, karena itulah kehilangan ingatan terkait usia bisa menandakan kehilangan rasa diri kita.


Banyak orang khawatir dengan menurunnya memori dan kemampuan berpikir. Tapi apa yang membuat beberapa individu mengalami kehilangan ingatan dari waktu ke waktu sementara yang lain tetap tajam? Gen berkontribusi pada seberapa utuh ingatan kita tetap tinggal, tapi juga pilihan gaya hidup.
Mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, mengawasi kadar kolesterol , tekanan darah , dan kadar gula darah kita, dan tidak merokok semuanya telah terbukti melindungi ingatan. Dengan cara yang sama otot menjadi lebih kuat dengan penggunaan, ingatan dan keterampilan kognitif juga.
Pepatah kuno "Anda tidak bisa mengajarkan trik baru anjing tua" tidak berlaku untuk otak; itu bisa beradaptasi dan terus berubah, bahkan sampai usia tua. Otak Anda berpotensi menciptakan sel baru dan koneksi saraf jika dilengkapi dengan rangsangan yang tepat. Kemampuan otak untuk berubah, tumbuh, dan membaik sepanjang hidup dikenal sebagai neuroplastisitas.
Kebiasaan harian Anda mempengaruhi seberapa baik otak Anda bekerja. Ada banyak langkah yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan kemampuan otak Anda untuk mengubah dan memperbaiki ingatan Anda. Berikut adalah trik Medical News Today untuk membantu Anda menghidupkan ingatan dan retensi otak Anda.

1. Makan makanan yang meningkatkan otak

Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk berfungsi dengan baik, dan ini juga berlaku untuk otak. Mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari yang salah bisa menjadi strategi efektif untuk menyalakan otak Anda dan tetap fit dan sehat seumur hidup.

Diet Mediterania

Diet Mediterania dikategorikan sebagai salah satu makanan paling sehat di planet ini. Hal ini didasarkan pada asupan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang polong, lemak sehat - seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan - dan protein tanpa lemak.
Penelitian menunjukkan bahwa makanan Mediterania mencegah penyakit kronis utama dan membantu Anda untuk hidup lebih lama. Ini juga telah terbukti memiliki dampak positif jangka panjang pada fungsi kognitif dan dikaitkan dengan penurunan kognitif dan memori dan perhatian yang kurang.
Konsumsi minyak zaitun extra-virgin, yang merupakan bagian utama dari diet Mediterania, telah ditemukan untuk melindungi kemampuan memori dan pembelajaran serta perlindungan terhadap penurunan kognitif.

Ketogenik diet

Diet ketogenik mendapat perhatian publik untuk berbagai macam manfaat kesehatan dan klaim penurunan berat badan. Diet ketogenik rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Secara drastis mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak membuat tubuh Anda menjadi keadaan metabolik yang dikenal sebagai ketosis .
Ketosis meningkatkan efisiensi tubuh dalam membakar lemak untuk energi dan menciptakan keton dari lemak di hati, yang memasok energi ke otak.
Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa pada hewan yang lebih tua, makanan ketogenik meningkatkan daya ingat, menjaga fungsi otak, dan meningkatkan kemungkinan hewan tersebut akan hidup sampai usia tua.

Memperbaiki memori makanan

Meskipun diet yang menekankan pada makan "nyata" daripada makanan olahan, hindari lemak trans dan gula, dan makan lemak sehat akan membantu memicu ingatan dan otak Anda, makanan tertentu lebih banyak daripada yang lain untuk keuntungan mereka.
Berikut adalah beberapa makanan yang penelitian terakhir dipuji sebagai penguat memori.
Konsumsi kenari dikaitkan dengan peningkatan kinerja pada tes fungsi kognitif untuk memori, konsentrasi, dan kecepatan pemrosesan informasi.
Konsentrat Blueberry memperbaiki fungsi otak, memori kerja, aliran darah ke otak, dan aktivasi otak saat melakukan tes kognitif.
Lutein ditemukan di kangkung dan bayam, serta alpukat dan telur, dapat melawanpenuaan kognitif dan memperbaiki pembelajaran dan ingatan.
Alpukat meningkatkan fungsi kognitif dalam tes yang mengevaluasi memori, kecepatan pemrosesan, dan tingkat perhatian.
Kakao dan cokelat meningkatkan kinerja memori kerja dan pemrosesan informasi visual, dan mereka mengatasi gangguan kognitif yang kurang tidur. Lemak flavanols diet juga telah ditemukan untuk membalikkan penurunan memori terkait usia.
Kafein - setara dengan lima cangkir kopi per hari - membalikkan gangguan memori pada tikus yang dikembangbiakkan untuk mengembangkan gejala penyakit Alzheimer.
Cinnamon mempromosikan perbaikan memori dan mungkin menargetkan gangguan kognitif dan penyakit Alzheimer.
Teh peppermint secara signifikan meningkatkan memori jangka panjang dan kerja, serta kewaspadaan, dibandingkan dengan chamomile dan air panas.

2. Aktif secara fisik

Jika Anda ingin agar ingatan Anda tetap tajam, penting untuk tetap aktif. Olahraga meningkatkan kadar oksigen di otak Anda, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes - yang menyebabkan kehilangan memori - menurunkan kadar hormon stres , dan meningkatkan efek bahan kimia otak yang membantu.
Bekerja juga memfasilitasi neuroplastisitas struktur tertentu di otak, yang meningkatkan fungsi kognitif.
Dalam sebuah analisis yang menyelidiki kesehatan otak di atas usia 50-an, para periset menemukan bahwa latihan aerobik dan latihan resistensi dikombinasikan untuk meningkatkan kekuatan otak. Aktivitas aerobik meningkatkan kemampuan kognitif, sementara pelatihan ketahanan meningkatkan memori, memori kerja, dan fungsi eksekutif.
Latihan aerobik pada orang dewasa muda juga telah terbukti menjadi prediktor memori pengenal.
Hormon khusus yang meningkat saat berolahraga, disebut faktor pertumbuhan, membantu meningkatkan daya ingat. Faktor pertumbuhan memediasi hubungan antara olahraga dan kesehatan otak melalui hippocampus - yang merupakan wilayah otak yang bertanggung jawab untuk belajar dan mengingat.
Memasukkan unsur latihan aerobik intensitas rendah dan hambatan setidaknya selama 45 menit per sesi, dan pada hari-hari dalam seminggu yang dapat Anda kelola, kemungkinan akan bermanfaat bagi kemampuan kognitif dan memori Anda.
Penelitian juga mengisyaratkan bahwa jika Anda ingin mengingat sesuatu yang baru saja Anda pelajari, Anda harus berlatih 4 jam kemudian. Individu yang berolahraga 4 jam setelah sesi belajar lebih baik dalam mempertahankan informasi 2 hari kemudian daripada individu yang berolahraga segera setelah belajar atau tidak sama sekali.
Latihan tidak harus berjalan dan beban;Berkuda telah ditunjukkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dan menari dapat membalikkan tanda-tanda penuaan otak.

3. Tidur siang

Apakah Anda berpikir bahwa meningkatkan ingatan Anda akan menantang? Pikirkan lagi; Anda bisa tidur siang dengan cara Anda menuju memori yang superior.
Orang dewasa membutuhkan tidur 7-9 jamper malam untuk menjaga kesehatan fisik dan mental . Tidur membantu kita untuk memperkuat dan mengkonsolidasikan memori jangka pendek ke ingatan jangka panjang. Setelah tidur, orang cenderung memperbaiki retensi informasi dan tampil lebih baik dalam tes memori. Melewatkan jumlah tidur yang disarankan, bagaimanapun, mengganggu kemampuan otak untuk membentuk ingatan baru.
Tidur bisa menjadi cara yang bebas masalah untuk memperbaiki retensi informasi jangka panjang. Peserta penelitian yang tidur di antara sesi belajar dapat mengingat 10 sampai 16 kata pada tes memori, sementara mereka yang tidak tidur hanya mengingat 7,5 kata rata-rata.
Penelitian lain menemukan bahwa pada orang dewasa berusia 65 dan lebih tua, tidur siang selama berjam-jam di siang hari memperbaiki kinerja tes kognitif dibandingkan dengan orang yang tidak tidur siang.
Mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih lama, atau yang tidak tidur siang sama sekali, menunjukkan penurunan kemampuan mental mereka sama dengan perkiraan usia 5 tahun.

4. Berikan otak Anda sebuah latihan

Popularitas aplikasi pelatihan otak telah mengubah industri menjadi bisnis bernilai miliaran dolar. Namun, apakah program latihan otak benar-benar bekerja? Buktisemakin menunjukkan bahwa mereka tidak.
Program pelatihan otak mengarah pada perbaikan dalam tugas yang telah Anda latih, namun tidak tampak memperkuat kemampuan ingatan, kecerdasan, atau kognitif.
Namun, ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda belajar menyandikan dan mengingat informasi penting, dan ini disebut perangkat mnemonik. Metode ini bisa menjadi superpower Anda saat perlu mengingat nama orang - pada acara besar, misalnya.
Perangkat mnemonik adalah jalan pintas yang membantu kita untuk menghubungkan informasi yang ingin kita ingat dengan sebuah kata, gambar, atau kalimat. Ini adalah metode untuk menghafal informasi yang membuatnya bertahan di otak kita lebih lama dan mudah diingat dengan lebih mudah.
Jenis perangkat mnemonik meliputi:
  • Metode lokus , yang mengharuskan Anda membayangkan barang yang ingin Anda ingat sepanjang rute yang sudah Anda kenal. Kaitkan kata atau konsep dengan salah satu lokasi Anda sepanjang jalan agar lebih mudah diingat nanti.
  • Akronim dapat digunakan sebagai alat untuk mengingat sesuatu dari warna pelangi pada item pada daftar belanja Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan akronim "CAKE" untuk membantu Anda mengingat bahwa Anda perlu mengumpulkan keju, apel, kangkung, dan telur dari toko.
  • Rhymes dapat membantu Anda untuk mengingat informasi seperti berapa hari yang ada di bulan Juni: "Tiga puluh hari telah berlangsung selama bulan September, April, Juni, dan November."
  • Chunking adalah cara untuk memecah sejumlah besar informasi menjadi potongan informasi yang lebih kecil dan lebih mudah diatur, seperti memecah nomor telepon di Amerika Serikat menjadi tiga bagian, daripada mencoba mengingat semua 10 digit secara terpisah.
  • Citra bisa membantu Anda mengingat pasang kata-kata, seperti air biru, kuning matahari, dan rumput hijau.Dengan mengingat gambar tertentu, ini bisa membantu kita mengingat informasi yang terkait dengan gambar itu.
Semakin Anda melatih otak Anda, semakin mudah Anda menemukannya untuk memproses dan mengingat informasi.Latihan terbaik untuk mengembangkan jalur otak baru adalah pola yang baru dan menantang.

5. Tendang ke belakang dan rileks

Stres kronis memiliki efek buruk pada otak.Seiring waktu, stres menghancurkan sel-sel otak, merusak hippocampus, dan terkait dengan kehilangan ingatan. Mengelola stres karena itu bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi ingatan Anda.
Meditasi dan mendengarkan musik mungkin merupakan strategi efektif untuk menghilangkan stres dan membalikkan kehilangan ingatan dini pada orang dewasa yang lebih tua dengan penurunan kognitif.
Dalam sebuah penelitian , meditasi dan mendengarkan musik selama periode 3 bulan secara signifikan meningkatkan fungsi memori subyektif dan kinerja kognitif objektif. Kenaikan memori dan kognisi masih ada atau meningkat lebih lanjut selama 3 bulan setelah intervensi.
Hanya 25 menit meditasi mindfulness dan yoga Hatha per hari juga telah ditemukanmemiliki efek positif pada suasana hati dan meningkatkan fungsi otak dan kemampuan kognitif.


Apakah Anda menikmati corat-coret atau berfoto? Hobi ini bisa digunakan sebagai alat untuk membantu mengingat ingatan.Pencabutan saat melakukan tugas yang membosankan meningkatkan daya ingat sebesar 29 persen dibandingkan non-doodlers dalam satu studi, sambil mengambil foto meningkatkan kinerjadalam tugas memori visual dalam studi lain.
Terakhir, jika Anda merasa bersantai dengan aroma tertentu, Anda mungkin ingin mencoba minyak esensial rosemary. Anak-anak yang mengambil bagian dalam permainan memori setelah berada di ruang rosemary-diffused secara signifikan lebih tinggi daripada anak-anak yang berada di ruangan tanpa aroma.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lima cara untuk meningkatkan ingatan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel