Latihan kekuatan otot bisa menurunkan risiko dini kematian

KUTULIS INFOSebuah studi baru dari University of Sydney di Australia menunjukkan bahwa latihan yang meningkatkan kekuatan otot mungkin sama pentingnya untuk menjaga kesehatan sebagai latihan aerobik. Sebenarnya, ini bisa membantu menurunkan risiko kematian akibat semua penyebab dan kanker.
Latihan membangun kekuatan, seperti pengangkatan beban, push-up, dan squat, kadang-kadang tampak kurang menarik daripada aktivitas aerobik - seperti berlari, berenang, atau bersepeda - karena mereka lebih kuat dan menuntut.
Selain itu, latihan aerobik telah menerima banyak penghargaan selama bertahun-tahun, karena banyak penelitian menunjukkan berbagai manfaat kesehatannya, termasuk peningkatan fungsi eksekutif dan kebugaran kardiovaskular .
Latihan kekuatan otot  bisa menurunkan risiko dini kematian

Baru-baru ini, bagaimanapun, lebih banyak peneliti mengalihkan perhatian mereka ke latihan yang berfokus pada kekuatan, menyelidiki bagaimana kaitannya dengan kesehatan dan kesejahteraan.
Sebuah studi baru dari University of Sydney, yang dipimpin oleh Dr. Emmanuel Stamatakis-profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Pusat Perkins Charles - menunjukkan bahwa latihan kekuatan sama pentingnya dengan aerobik, dan bahkan mungkin diikat dengan pengurangan risiko kematian akibat semua penyebab dan kanker.
Temuan penelitian baru-baru ini diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology .

Pelatihan kekuatan terkait dengan menurunkan risiko kematian

Studi Dr. Stamatakis dan rekan menganalisis data yang bersumber dari sampel populasi inti dari 80.306 orang dewasa berusia 30 tahun ke atas. Informasi tersebut berasal dari Survei Kesehatan untuk Inggris, dan juga Survei Kesehatan Skotlandia, dan dilengkapi dengan data dari NHS Central Mortality Register.
Meskipun ini adalah penelitian observasional, para peneliti memastikan bahwa hasilnya akan konsisten dengan menyesuaikan variabel perancu, termasuk usia, jenis kelamin biologis, kondisi kesehatan keseluruhan, tingkat pendidikan, dan perilaku terkait gaya hidup.
Peserta dengan penyakit kardiovaskular terdiagnosis sebelumnya atau kanker , serta peserta yang meninggal dalam 2 tahun pertama penelitian dikeluarkan dari analisis.
Dr Stamatakis dan tim menemukan bahwa individu yang melakukan latihan kekuatan memiliki risiko kematian sebesar 23 persen lebih rendah karena semua penyebabnya, dan 31 persen lebih rendah risiko kematian akibat kanker.
"Studi ini menunjukkan latihan yang mempromosikan kekuatan otot mungkin sama pentingnya bagi kesehatan seperti aktivitas aerobik seperti jogging atau bersepeda," jelas Dr. Stamatakis.
Belum jelas apakah hubungan itu kausal, namun para periset berpikir bahwa temuan ini cukup untuk memberi dorongan lebih besar bagi orang untuk berlatih latihan kekuatan.
"[A] menjawab temuan kami mencerminkan hubungan sebab dan akibat," Dr Stamatakis menambahkan, "latihan [kekuatan] mungkin lebih penting dalam hal mengurangi risiko kematian akibat kanker."

'Siapapun bisa melakukan latihan kekuatan klasik'

Menurut peneliti utama, otoritas kesehatan masyarakat harus lebih berupaya mempromosikan latihan berbasis kekuatan.Mereka juga menunjukkan bahwa populasi umum sudah kehilangan target aktivitas fisik yang disarankan, yang dengan sendirinya menjadi perhatian.
Dr Stamatakis menunjuk pada data yang diungkap oleh Australian National Nutrition and Physical Activity Survey , yang melaporkan bahwa bahkan keterlibatan dalam pelatihan dengan intensitas rendah (aerobik) tidak termasuk di bawah standar, dengan 85 persen populasi berolahraga di bawah tingkat yang disarankan.
Peneliti berpikir sudah saatnya kita meningkatkan permainan kita dalam hal aktivitas fisik.
"Pesan kami sampai saat ini baru untuk diputar tapi penelitian ini mendorong pemikiran ulang tentang kapan diperlukan, memperluas jenis latihan yang kami dorong untuk kesehatan jangka panjang dan kesejahteraan," katanya.
Bagi kami yang khawatir pergi ke gym dan menggunakan peralatan khusus, para periset mengatakan tidak ada alasan untuk khawatir. Latihan kekuatan dasar - seperti jongkok, push-up, atau situps - dilakukan di rumah harus dilakukan triknya.
"Ketika orang memikirkan latihan kekuatan mereka langsung berpikir untuk melakukan beban di gym, tapi itu tidak harus terjadi," meyakinkan peneliti utama.
" Banyak orang diintimidasi oleh gym, biaya atau budaya yang mereka promosikan, jadi sangat bagus untuk mengetahui bahwa setiap orang dapat melakukan latihan klasik seperti trisep, permainan duduk, push-up atau menerjang di rumah atau taman lokal mereka sendiri dan berpotensi menuai manfaat kesehatan yang sama. "
Dr. Emmanuel Stamatakis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Latihan kekuatan otot bisa menurunkan risiko dini kematian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel