Bisakah penderita diabetes mengonsumsi pisang?

KUTULIS INFOBila seseorang menderita diabetes, mereka perlu mempertimbangkan isi setiap makanan dengan hati-hati. Ini bisa terutama berlaku untuk makanan yang mengandung karbohidrat, yang tidak hanya mencakup makanan penutup dan makanan manis lainnya, tapi roti, pasta, dan buah segar.
Satu buah yang secara tradisional ada di daftar "hindari" untuk penderita diabetesadalah pisang . Namun, untuk sebagian besar, pisang yang dimakan secukupnya dapat dinikmati dengan aman saat seseorang menderita diabetes.
Pisang tumbuh pada tanaman pisang yang bisa memiliki 50 sampai 150 pisang di setiap kelompok buah. Pisang individu dijual dalam berbagai ukuran, dari kecil sampai ekstra besar, ukuran gradasi ditentukan oleh panjangnya.

Bisakah penderita diabetes mengonsumsi pisang?

Isi dari artikel ini:
  1. Gangguan nutrisi
  2. Bisakah Anda makan pisang jika Anda menderita diabetes?
  3. Pisang dan diet diabetes
  4. Bawa pulang

Gangguan nutrisi

Secara keseluruhan, pisang rendah lemak jenuh, sodium, dan kolesterol . Mereka juga memiliki campuran nutrisi yang baik, termasuk vitamin B6, potassium , dan mangan.
Namun, beberapa dokter dan ahli diet dapat memberi perhatian yang lebih besar kepada pisang jika mempertimbangkannya untuk penderita diabetes, karena pisang mengandung gula tinggi dibandingkan kalori mereka.
Satu pisang medium memiliki kandungan glikemik yang diperkirakan 11, menurut Harvard Health Publishing mengenai kadar glikemik. Glikemik adalah ukuran dampak makanan pada gula darah. Beban glikemik kurang dari 10 dianggap rendah, sementara satu di atas 20 tinggi.

Bisakah Anda makan pisang jika Anda menderita diabetes?

Contoh pilihan buah rendah gula meliputi apel, anggur, dan pir. Buah dengan kadar gula lebih tinggi termasuk pepaya dan nanas.
Namun, penderita diabetes tidak harus menghilangkan pisang dari makanan mereka, atau buah lainnya dalam hal ini.Nilai gizi mereka yang lain dalam hal vitamin dan mineral dapat menjadikannya pilihan yang sehat bagi mereka yang menderita diabetes saat dikonsumsi secukupnya.
American Diabetes Associationmerekomendasikan memasukkan buah ke dalam makanan diabetes, seperti memiliki sepotong kecil buah utuh atau setengah potong buah besar dengan setiap makanan.

Memasak dan persiapan

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana pisang matang. Sebagai contoh, beberapa produsen makanan akan memasarkan keripik pisang kering, sebagai makanan ringan yang mudah dibawa.
Namun, ini mungkin mengandung gula yang ditambahkan untuk meningkatkan rasa mereka. Jadi, mengonsumsi seukuran keripik pisang bisa meningkatkan gula darah seseorang lebih dari yang diinginkan atau bila dibandingkan dengan mengonsumsi pisang segar berukuran lebih kecil.

Pisang dan diet diabetes

Beberapa cara agar penderita diabetes dapat menggabungkan pisang dalam makanan mereka dengan lebih aman adalah sebagai berikut:

Tahu berapa banyak karbohidrat di bagian Anda

Saat mengelola diabetes, penting untuk mengetahui berapa banyak karbohidratyang dimakan di masing-masing duduk. Satu pisang berukuran sedang memiliki kira-kira 30 gram (g) karbohidrat, yang merupakan jumlah yang tepat untuk camilan.
Namun, jika seseorang memiliki pisang dengan sumber karbohidrat lain, seperti sepotong roti panggang atau sereal, mereka harus memperhitungkannya dan mengurangi jumlah yang mereka makan. Ini akan memastikan mereka tidak terlalu banyak makan karbohidrat dalam satu kali makan atau makanan ringan.

Padukan dengan sumber lemak atau protein "sehat"

Mengonsumsi pisang dengan sumber lemak tak jenuh atau sehat, seperti mentega almond atau segenggam kacang, dapat memberi dampak positif pada gula darah.Plus, kombinasi ini bisa membuat makanan yang sangat lezat.
Ide sehat lainnya adalah memasangkan pisang dengan sumber protein, seperti yogurt Yunani atau irisan kalkun . Ini akan membantu menjaga seseorang kenyang lebih lama dan mengatur gula darah.

Pertimbangkan untuk makan pisang mentah

Periset telah mempelajari kematangan pisang dalam hal gula darah. Mereka menemukan bahwa pisang hijau atau mentah cenderung kurang berdampak pada gula darah karena mereka memiliki sedikit gula dibandingkan dengan rekan mereka yang sudah matang.
Pisang mentah juga memiliki pati "tahan" sehingga tubuh tidak dapat mudah rusak, menghasilkan peningkatan gula darah yang lebih lambat.

Makan pisang berukuran lebih kecil

Kontrol porsi dapat berperan dalam jumlah gula yang dikonsumsi dalam pisang. Jika seseorang memilih pisang yang lebih kecil, mereka akan makan lebih sedikit karbohidrat. Misalnya, pisang kecil yang panjangnya 6-7 inci memiliki 23 g karbohidrat per porsi, sementara pisang ekstra besar memiliki 35 g karbohidrat.

Berapa banyak yang dapat Anda makan per hari?

Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada individu, tingkat aktivitas mereka, dan bagaimana pisang mempengaruhi gula darah mereka. Gula darah beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap pisang daripada yang lain. Mengetahui bagaimana pisang mempengaruhi gula darah seseorang bermanfaat dan dapat membantu seseorang mengelola obat-obatan dan asupan insulin mereka , jika perlu.
Tidak ada jumlah pisang yang bisa dimakan, namun kebanyakan orang bisa menikmati minimal 1 pisang sehari tanpa masalah.

Bawa pulang

Pisang adalah buah yang aman dan bergizi untuk dinikmati penderita diabetes, sehingga mereka melakukannya dengan cara yang moderat, karena mereka memiliki jenis makanan lainnya.
Seseorang dengan diabetes didorong untuk memasukkan pilihan makanan segar, seperti buah dan sayuran, dalam makanan mereka.
Plus, seseorang bisa mendapatkan keuntungan dari nutrisi dan rendahnya kalori yang disantap oleh pisang. Untuk rekomendasi tentang apa yang harus dimakan, dan berapa banyak yang sesuai untuk seseorang, berdasarkan kebutuhan spesifik mereka, ada baiknya Anda berbicara dengan ahli diet terdaftar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel