Bisakah penderita diabetes makan semangka?

KUTULIS INFOSeperti semua buah, semangka mengandung banyak gula alami. Sementara semangka biasanya aman bagi seseorang dengan diabetes untuk makan sebagai bagian dari makanan mereka, seberapa banyak dan seberapa sering mereka dapat melakukannya tergantung pada beberapa faktor.
Orang dengan diabetes menyadari kebutuhan untuk mendidik diri mereka sendiri tentang jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi guna menjaga kadar gula darah yang stabil.
Mengonsumsi makanan tinggi buah dan sayuran dianjurkan, tapi buah mengandung gula alami, dan karena itu bisa membingungkan untuk mengetahui berapa banyak penderita diabetes yang bisa makan.

Bisakah penderita diabetes makan semangka?

American Diabetes Association merekomendasikan bahwa "tidak ada distribusi kalori ideal diet antara karbohidrat , lemak, dan protein untuk diabetisi, distribusi makronutrien harus disesuaikan dengan selera dan kalori total."
Tidak ada jawaban "ya" atau "tidak" sederhana tentang apakah buah-buahan, seperti semangka, menyehatkan orang yang menderita diabetes. Pada artikel ini, kita melihat manfaat gizi dan kesehatan semangka, serta faktor lain yang harus dipertimbangkan oleh penderita diabetes.
Isi dari artikel ini:
  1. Manfaat kesehatan semangka
  2. Semangka dan indeks glisemik
  3. Buah baik lainnya untuk diabetes
  4. Pandangan

Manfaat kesehatan semangka

Semangka adalah buah yang menyegarkan dan berair dan merupakan pilihan makanan sehat yang umum di musim panas. Tapi apa isinya?
Semangka adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk:
  • vitamin A
  • vitamin C
  • kalium
  • magnesium
  • vitamin B1 dan B6
  • serat
  • besi
  • kalsium
  • lycopene
Vitamin A membantu menjaga jantung, ginjal, dan paru-paru berfungsi dengan baik.Ini juga mendukung visi dan kesehatan mata. Sebanyak 280 g porsi semangka menyediakan 31 persen vitamin A harian yang direkomendasikan seseorang.
Vitamin C adalah antioksidan yang kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat mengurangi pilek dan infeksi, dan dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker . Satu porsi 280 g semangka mengandung 37 persen vitamin C harian yang direkomendasikan.
Diet yang tinggi serat akan menjaga agar sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik dan juga membantu tubuh mengeluarkan racun. Buah ini sering kaya serat bermanfaat.
Semangka lebih dari 90 persen air, yang berarti merupakan pilihan tepat untuk hidrasi. Selain itu, magnesium dan potassium dapat memperbaiki sirkulasi darah dan membantu fungsi ginjal. Satu porsi semangka mengandung sekitar 170 miligram (mg) potassium.
Semangka juga mengandung asam amino non-esensial yang disebut citrulline, yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi . Diet yang rutin mengandung semangka atau ekstrak semangka diperkirakan menghentikan tekanan darah tinggi dari perburukan seiring waktu.

Semangka dan indeks glisemik

Indeks glikemik (GI) adalah ukuran seberapa cepat gula dari makanan memasuki aliran darah. Semakin cepat hal ini terjadi, semakin besar kemungkinan kadar gula darah seseorang akan meningkat atau meningkat dengan cepat.
Makanan diberi angka atau GI antara 1 dan 100. Semakin tinggi jumlahnya, semakin cepat gula memasuki aliran darah.
Semangka memiliki GI 72 per 100 g porsi.Setiap makanan dengan GI 70 atau lebih dianggap tinggi. Karena itu, penderita diabetes harus hati-hati memikirkan berapa banyak semangka yang mereka konsumsi.
Selain itu, penderita diabetes harus mencoba mengonsumsinya dengan lemak atau protein yang sehat, seperti kacang atau biji. Kombinasi ini dapat membantu mereka tetap kenyang lebih lama dan menurunkan dampaknya pada kadar gula darahnya.

Buah baik lainnya untuk diabetes

Seseorang dengan diabetes harus mencoba untuk makan makanan seimbang dan sehat yang mengandung setidaknya 5 porsi buah dan sayuran. Karena gula pada buah-buahan terjadi secara alami, penderita diabetes tidak perlu memantaunya sedekat gula tambahan.
Namun, masih penting untuk mengetahui berapa banyak gula dan karbohidrat dalam buah yang dimakan. Demikian pula dianjurkan untuk tidak terlalu banyak makan buah, untuk menghindari menyebabkan kadar gula darah melonjak.
Memilih buah dengan tingkat gula dan karbohidrat rendah dan berhati-hati dalam mengkonsumsi cairan manis, seperti jus buah dan smoothies, dianjurkan.
Sebagai aturan umum, buah dengan kadar karbohidrat rendah memiliki GI yang lebih rendah, sehingga penderita diabetes bisa makan lebih banyak.
Buah dengan GI rendah meliputi:
  • plum - GI 24
  • grapefruits - GI 25
  • persik - GI 28
  • aprikot - GI 34
  • pears -GI 37

Pandangan

Semangka dapat memberikan banyak manfaat bagi penderita diabetes, asalkan dikonsumsi secukupnya dan perhatian diberikan pada makanan lain yang dimakan di sampingnya.
Berbicara dengan dokter dapat membantu menentukan berapa banyak gula yang dikonsumsi seseorang dalam makanan mereka dan berapa banyak mereka harus makan, dan makanan mana yang paling sesuai untuk diet diabetes.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisakah penderita diabetes makan semangka?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel