Bagaimana tidur nyenyak bisa melindungi diri dari rasa takut

KUTULIS INFOPenelitian baru menemukan bahwa tidur berkualitas lebih baik terhubung dengan aktivitas berkurang di daerah otak yang terlibat dalam pembelajaran ketakutan.Dengan demikian, waktu yang dihabiskan dalam gerakan mata yang cepat tidur bisa menjadi indikator yang baik dari kerentanan terhadap gangguan stres pascatrauma.
Gangguan tidur terkait dengan kualitas hidup yang buruk secara keseluruhan, dan seringkali dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan mental , termasuk depresi dan kecemasan .
Kondisi lain, seperti epilepsi , juga terkait dengan tidak tidur, dan sebuah studi baru-baru ini yang dicakup oleh Medical News Today bahkan menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan kausal antara gangguan tidur dan ADHD .

Bagaimana tidur nyenyak bisa melindungi diri dari rasa takut

Dr. Itamar Lerner, Shira Lupkin, dan peneliti lainnya dari Rutgers University di Newark, NJ, kini telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa tidur berkualitas lebih tinggi terkait dengan aktivitas otak yang tidak teratur di daerah yang terikat pada pembelajaran ketakutan.
Proses belajar ketakutan adalah mekanisme dimana kita mencoba untuk memprediksi paparan terhadap situasi yang mengancam sehingga kita bereaksi dengan tepat untuk menjaga keselamatan kita.
Dr. Lerner dan tim melakukan studi mereka pada kohort orang dewasa muda, dan temuan mereka dipublikasikan kemarin di Journal of Neuroscience .

Tidur REM mempengaruhi aktivitas otak yang berkaitan dengan ketakutan

Para peneliti didorong untuk melakukan penelitian mereka dengan penelitian yang ada tentang hubungan antara gangguan stres pasca trauma (PTSD) dan gangguan tidur.
Penelitian sebelumnya bertujuan untuk memahami hubungan antara kenangan ketakutan yang mapan - yang telah mengakar dalam pikiran - dan tidur dalam konteks PTSD.
Tujuan studi saat ini, sebaliknya, adalah untuk menentukan apakah pola tidur seseorang sebelum menyaksikan peristiwa traumatis bisa menjadi prediktor yang baik apakah kenangan ketakutan akan terbentuk di tempat pertama.
Hal ini, pada gilirannya, dapat mengindikasikan apakah pola tidur aktivitas otak yang terkait dengan pembelajaran ketakutan dapat dikaitkan dengan kerentanan individu terhadap PTSD.
Dalam studi mereka, Dr. Lerner dan rekan-rekannya bertanya kepada para peserta - yang terdiri dari 17 siswa Universitas Rutgers yang sehat, dimana lima di antaranya adalah perempuan - untuk memantau aktivitas otak mereka sendiri selama tidur selama kurang lebih 1 minggu.
Untuk tujuan ini, mereka menggunakan perangkat yang tidak mencolok seperti ikat kepala yang memungkinkan mereka mengukur gelombang otak dan gerakan lengan perekam gelang. Peserta juga menggunakan log tidur untuk mencatat kebiasaan dan pola tidur mereka.
Selain pemantauan diri, para partisipan terlibat dalam eksperimen neuroimaging yang mengkondisikan mereka untuk menghubungkan citra netral - dari lampu berwarna - dengan induksi kejutan listrik ringan.
Para periset menemukan bahwa mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam fase tidur cepat (REM) fase tidur - yang terkait dengan bermimpi - juga telah mengurangi aktivitas, serta mengurangi konektivitas antara, amigdala, hippocampus, dan prefrontal ventromedial. korteks saat takut belajar
Ketiga wilayah otak ini beragam terlibat dalam respons kita terhadap faktor stres , begitu pula dalam memori dan pembelajaran.
Misalnya, amigdala dan hippocampus diketahui bekerja sama dalam konteks respons "fight-or-flight" - yaitu bagaimana kita bereaksi terhadap sumber ancaman yang dirasakan - dan juga dalam proses pembentukan memori .
Korteks prefrontal ventromedial telah dikaitkan dengan konsolidasi memori , dan, bersamaan dengan amigdala dan hippocampus, telah dikatakan bertanggung jawab untuk memicu gejala terkait PTSD .

REM dapat menurunkan kadar norepinephrine

Untuk mengkonsolidasikan temuan mereka, tim tersebut ingin, dan melakukan, meniru hasil awal mereka dalam penelitian lain dengan menggunakan pemantauan tidur polysomnographic - merekam gelombang otak, detak jantung, dan gerakan mata - sebelum eksperimen pengkondisian ketakutan.
Setelah tes mereka, para periset percaya bahwa lebih banyak waktu yang dihabiskan dalam fase tidur REM memiliki peran tingkat moderat dari neurotransmiter norepinephrine , yang juga dikenal sebagai "noradrenalin" di otak.
Norepinephrine terkait dengan regulasi respons fight-or-flight, sehingga mereka percaya bahwa tingkat norepinefrin yang lebih rendah dapat menjelaskan kerentanan yang berkurang terhadap rangsangan stres yang biasanya akan menyebabkan rasa takut.
"Akhirnya," mereka menyimpulkan, "hasil kami mungkin menunjukkan bahwa tidur REM awal dapat berfungsi sebagai biomarker non-invasif untuk ketahanan, atau kerentanan, terhadap trauma."

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana tidur nyenyak bisa melindungi diri dari rasa takut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel