Apa manfaat nutrisi dari polenta?

KUTULIS INFOPolenta dimasak tepung jagung yang bisa dimakan sebagai sisi atau digunakan dalam berbagai resep, dari roti hingga makanan pencuci mulut. Ini adalah makanan serbaguna yang bisa disajikan dingin atau hangat.
Polenta adalah pilihan makanan sehat dengan beberapa manfaat gizi. Pada artikel ini, kita melihat delapan manfaat nutrisi polenta, begitu juga cara menggunakannya.

Apa manfaat nutrisi dari polenta?

Isi dari artikel ini:
  1. Apa itu polenta?
  2. Manfaat nutrisi polenta
  3. Cara menggunakan polenta
  4. Bawa pulang

Apa itu polenta?

Secara tradisional, polenta dikaitkan dengan Italia dan digunakan dalam berbagai hidangan dari negara tersebut.
Sekarang, bagaimanapun, juga biasa dimakan di banyak bagian dunia, termasuk di tempat lain di Eropa dan Amerika Serikat.
Polenta biasanya terbuat dari jagung kuning.Jagung ditumbuk kasar menjadi tepung jagung untuk membuat polenta. Grinds halus membuat polenta yang lembut sementara grinds kasar membuat polenta tegas.
Setelah digiling, tepung jagung direbus dalam air, susu, atau kaldu. Biasanya, rasio untuk memasak polenta adalah 4 cangkir cairan sampai 1 cangkir tepung jagung. Saat dimasak, ia memiliki konsistensi bubur kental.
Metode tradisional pembuatan polenta melibatkan pengadukannya dalam pot selama sekitar 40 sampai 50 menit, yang bisa memakan waktu. Bagi mereka yang mencari sesuatu yang lebih mudah, polenta juga dijual dalam bentuk masakan cepat atau instan.
Polenta memasak cepat dimasak dan dikeringkan sebelum dijual, jadi dibutuhkan sekitar 5 sampai 10 menit untuk mempersiapkannya.
Polenta matang juga tersedia di toko kelontong. Biasanya dijual dalam bentuk tabung seperti. Karena cenderung kencang, bisa diiris dan kemudian digoreng atau dipanggang.

Manfaat nutrisi polenta

Varietas polenta tertentu diperkaya dengan mineral dan vitamin untuk meningkatkan nilai gizi. Pembuatan polenta dengan susu bukan air bisa menambah nutrisi yang berharga.
Secara umum, polenta adalah pilihan makanan yang baik karena manfaat sebagai berikut:

1. Sumber serat dan protein

Polenta mengandung protein dan serat untuk membantu seseorang merasa kenyang. Serat juga dianjurkan agar sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik, untuk memberi makan bakteri usus sehat, dan untuk mencegah sembelit .

2. Polenta bebas gluten

Bagi orang yang mencari hidangan bebas gluten, polenta adalah pilihan yang baik.Banyak sumber serat, seperti gandum, couscous, dan rye, mengandung gluten.
Polenta biasanya aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac atau kepekaan gluten. Tapi orang harus memeriksa daftar bahan untuk aditif lainnya.

Kaya akan karbohidrat kompleks

Polenta adalah sumber karbohidratkompleks yang sangat baik.
Karbohidrat sederhana dipecah dengan cepat dan bisa menyebabkan kadar gula darah seseorang melonjak. Seringkali, karbohidrat sederhana juga tidak mengandung banyak nutrisi. Kue, biskuit, dan roti putih adalah contoh karbohidrat sederhana.
Karbohidrat kompleks di polenta dipecah perlahan, yang berarti mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Pelepasan lambat ini bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Mengandung vitamin A

Meski tidak mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral, polenta memang mengandung beberapa vitamin A.
Menurut National Institutes of Health , vitamin A diperlukan untuk berfungsinya ginjal, paru-paru, dan jantung dengan baik.

5. Sumber karotenoid

Polenta mengandung jagung giling, yang merupakan sumber karotenoid yang baik.
Karotenoid diperkirakan dapat menurunkan risiko penyakit tertentu, seperti beberapa jenis kondisi mata dan beberapa jenis kanker .

6. Rendah lemak

Polenta secara alami rendah lemak dan bisa dimakan sebagai bagian dari diet sehat jantung.
Seseorang yang ingin mengurangi asupan lemak jenuh mereka harus memasak polenta dengan air, susu tanaman, atau kaldu bukan susu susu, dan hindari menambahkan keju atau mentega.

7. Mengandung mineral penting

Besi, magnesium , dan seng adalah mineral penting. Meski polenta tidak menyediakan sejumlah besar mineral ini, mereka tetap mengandalkan diet sehat.

8. Rendah kalori

Polenta rendah kalori, sama halnya dengan biji-bijian lainnya yang dimasak dalam cairan. Ini menyediakan sekitar 70 kaloriper 100 gram (g) sajian matang.
Bergizi, seluruh makanan yang rendah kalori, seperti polenta, bisa menjadi pilihan yang baik bagi orang yang ingin kehilangan atau mempertahankan berat badan.

Cara menggunakan polenta

Polenta memiliki rasa jagung ringan, menjadikannya dasar yang baik untuk menambahkan herbal, sayuran, atau keju.Ini bisa digunakan sebagai lauk pauk dan dimakan bersama ikan atau daging lainnya.
Meski polenta memiliki konsistensi bubur seperti saat dimasak, bisa jadi cukup kuat untuk mengirisnya saat sedang dingin.Irisan bisa diletakkan di atas panggangan atau di oven dengan berbagai topping, termasuk keju atau saus.
Polenta yang tidak dimasak juga bisa digunakan saat memanggang kue dan roti menggantikan beberapa tepung dengan resep tertentu. Menggunakan polenta dalam resep yang dipanggang dapat menambahkan nilai gizi dan konsistensi yang lembab.

Resep

Polenta bisa dimakan saat makan siang atau sebagai sisi, misalnya dengan kangkung, jamur, dan tomat tumis . Atau bisa juga digunakan sebagai pengganti adonan pizza dalam margarita wajan pizza polenta .
Untuk membuat dasar polenta sederhana dan lembut untuk dimakan sendiri atau di piring lainnya, seseorang dapat mengikuti resepnya di sini .
Untuk hidangan utama yang kaya dan mengisi, polenta bisa digunakan untuk membuat lasagna pesto ini.

Bawa pulang

Polenta adalah alternatif sehat untuk lauk pauk lainnya, seperti kentang, pasta, dan nasi. Karena tidak memiliki rasa yang kuat, ia bisa menemani berbagai makanan.
Untuk mendapatkan polenta yang paling bergizi, seseorang harus mempertimbangkan untuk membeli tepung jagung yang merupakan batu dasar. Proses tanah batu memungkinkan lebih banyak nutrisi dipertahankan.
Orang dengan penyakit seliaka, sensitivitas gluten, atau yang menjalani diet eliminasi mungkin menganggap polenta sebagai pengganti yang baik untuk hidangan gandum. Kadang juga bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu saat dipanggang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa manfaat nutrisi dari polenta?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel