Apa manfaat kesehatan dari nasi ungu?

KUTULIS INFOManfaat kesehatan dari beras ungu telah banyak mendapat perhatian media akhir-akhir ini, meski makanan pokok berwarna ini bukanlah hal baru. Orang Tionghoa kuno diduga memuja nasi ungu atau beras hitam, sehingga hanya kaisar yang diizinkan memakannya, memberinya nama 'nasi terlarang'.
Beras ungu adalah satu dari lebih 40.000 varietas padi. Sementara nilai gizi bervariasi, semua varietas beras merupakan sumber karbohidrat yang baik , hampir tidak memiliki lemak atau kolesterol , dan juga merupakan sumber protein.
Nasi ungu ini tumbuh terutama di Asia dan memiliki warna hitam tua yang berubah ungu saat dimasak. Ini sedikit kenyal dan memiliki rasa pedas.


Isi dari artikel ini:
  1. Keuntungan sehat
  2. Apa itu nasi ungu?
  3. Gangguan nutrisi
  4. Cara memasak nasi ungu
Fakta cepat tentang beras ungu:
  • Ini sepenuhnya bebas alergi dan bebas gluten.
  • Ini bisa digunakan dalam makanan pencuci mulut, dan di India adalah fitur pesta masyarakat.
  • Warna ungunya berasal dari antioksidan antosianin, yang juga ditemukan pada blueberry .
  • Nasi ungu bisa digunakan dalam resep yang memanggil nasi.

Keuntungan sehat

Beberapa manfaat kesehatan dikaitkan dengan nasi ungu, beberapa di antaranya dijelaskan di sini

Kesehatan jantung dan kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry , beras ungu mengandung lebih banyak senyawa antioksidan daripada nasi putih.
Antioksidan telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker . Mereka membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas berbahaya.
Mengenai kesehatan jantung, penelitian telah menemukan nasi ungu, ketika bagian dari gaya hidup sehat, membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) yang baik di tubuh.
Kolesterol HDL sangat penting untuk sistem kardiovaskular yang sehat. Hal ini juga telah terbukti dapat menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di arteri yang dapat menyebabkan gagal jantung .

Pencernaan

Sebagai sumber serat makanan yang kaya, nasi ungu dapat membantu menjaga agar sistem pencernaan tetap berfungsi dengan baik, mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya (lihat di bawah).

Fungsi hati

Ada sekumpulan bukti kecil, beberapa di antaranya dari penelitian hewan, bahwa sifat antioksidan dari beras ungu dapat membantu memperbaiki fungsi hati, termasuk mengembalikan fungsi setelah kerusakan alkohol.

Apa itu nasi ungu?

Nasi ungu memiliki jumlah kalori yang sama dengan nasi putih atau coklat, namun memiliki lebih banyak protein dan serat.

Protein

British Nutrition Foundation menyatakan bahwa protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh, serta pemeliharaan kesehatan yang baik.
Semua sel dan jaringan di dalam tubuh mengandung protein, yang terlibat dalam berbagai macam interaksi metabolik.
Protein memberi orang dengan 10 sampai 15 persen energi diet mereka dan merupakan salah satu senyawa paling melimpah di dalam tubuh, kedua setelah air.
Di Amerika Serikat, orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi 0,8 gram (g) protein per kilogram berat badan, yaitu sebesar 0,36 g per pon berat badan .

Serat

Serat makanan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk mengurangi penyakit jantung dan risiko diabetes serta membantu menurunkan berat badan.
Hal ini juga penting untuk kesehatan pencernaan yang dapat membantu mencegah sembelit dan juga melindungi dari kanker kolorektal .

Besi

Besi dibutuhkan untuk membuat sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Diet yang kekurangan mineral dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi .Pria berusia 19 sampai 64 tahun dan wanita pasca menopause harus mengkonsumsi 8,7 miligram (mg) sehari.
Wanita yang lebih muda, atau mereka yang kehilangan banyak darah selama periode bulanannya, membutuhkan lebih banyak zat besi dan harus mengonsumsi 14,8 mg sehari melalui makanan mereka.

Gangguan nutrisi

Seperempat cangkir atau 50 g porsi nasi ungu mengandung sekitar 180 kalori, 6 g protein, 2,5 g serat dan 1 g besi.
Sebagai perbandingan, 50 g beras merah mengandung 180 kalori, 3,77 g protein, 1,8 g serat, dan 0,65 g besi. Jumlah nasi putih yang sama memiliki sekitar 180 kalori, 3,56 g protein, 0,7 g serat, dan 2,15 g besi.
Nilai gizi lengkap per 50 g nasi mentah mentah dan tidak dimasak:
Nasi unguberas merahnasi putih
Energi (kkal)186184182
Protein (g)5.823,773.56
Karbohidrat (g)39.5338.1239.98
Serat (g)2.41.80,7
Gula (g)1,170,330,06
Besi (mg)0,880,652.15

Cara memasak nasi ungu

Bumbu ungu harus dibilas tiga atau empat kali dalam air dingin sebelum dimasak.
Gunakan 2 cangkir air untuk masing-masing cangkir beras dan bawa panci ke dalam biskuit lembut dengan satu sendok makan minyak zaitun atau mentega, dan sedikit garam. Bisa juga direbus dalam stok, atau di air kelapa untuk rasa manis.


Tutup panci dan biarkan mendidih sampai semua cairan diserap, yang biasanya memakan waktu sekitar 20 menit. Angkat dari api, jaga agar lubang tertutup, dan biarkan selama 5 menit.
Untuk nasi yang lebih lembut, gunakan seperempat cangkir air dan masak dengan api kecil selama 10 menit lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa manfaat kesehatan dari nasi ungu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel