Apa manfaat dari konjak?

KUTULIS INFOKonjac adalah tanaman yang digunakan untuk membuat suplemen makanan berlemak tinggi, jeli, dan tepung. Ini digunakan secara tradisional dalam masakan Jepang dan pengobatan Cina. Tapi apakah konjac punya manfaat kesehatan terbukti?
Nama yang tepat untuk tanaman konjak adalah Amorphophallus , tapi kadang kala disebut konjaku, gajah yam, lidah iblis, telapak tangan ular, dan lily voodoo.
Artikel ini membahas potensi manfaat kesehatan konjak yang didukung oleh bukti ilmiah. Ini juga melihat bagaimana menggunakan konjac dan apakah ada risiko yang harus dipertimbangkan sebelum mengambilnya.

Apa manfaat dari konjak?

Isi dari artikel ini:
  1. Apa itu konjac?
  2. Enam manfaat kesehatan konjak
  3. Cara menggunakan konjac
  4. Resiko dan pertimbangan
  5. Bawa pulang

Apa itu konjac?

Tanaman konjak memiliki akar tepung yang disebut corm, yang kaya akan serat makanan yang disebut glukomanan. Ini adalah bagian tanaman yang digunakan sebagai suplemen makanan dan untuk membuat tepung dan jeli berserat tinggi.
Berbagai produk berbeda bisa dibuat dari konjac corm, diantaranya:
  • Tepung Konjac : Ini dibuat dengan menggiling cumi konjac kering untuk membuat tepung yang bisa digunakan untuk membuat mie.
  • Konjac jelly : Setelah diproses lebih lanjut, tepung konjak bisa digunakan untuk membuat jeli atau permen karet.Ini bisa digunakan sebagai pengganti gelatin untuk menebalkan makanan.
  • Serat Konjac larut : Bila konjac jelly dimurnikan lebih lanjut, bisa dibuat menjadi serat larut yang biasa digunakan sebagai suplemen makanan.

Enam manfaat kesehatan konjak

Konjac memiliki sejumlah potensi manfaat kesehatan yang dieksplorasi di bawah ini.Banyak dari manfaat ini berhubungan dengan kandungan gllucomannan yang tinggi, serat makanan larut yang ada di pabrik konjak.

1. Manajemen diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi campuran glucomannan dan ginseng Amerika menunjukkan perbaikan moderat pada manajemen diabetes tipe 2 .
Sebuah ulasan tahun 2015 juga mencatat penderita glukomanan membuat penderita diabetes cenderung tidak mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darahnya. Ini karena membuat mereka merasa kenyang lebih lama.

2. Penurunan berat badan

Glucomannan yang terbuat dari konjak bisa bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.
Sebuah studi di tahun 2005 menemukan bahwa suplemen serat makanan larut membantu orang-orang yang kelebihan berat badan untuk mengurangi berat badanmereka. Orang-orang mengambil suplemen tersebut sebagai bagian dari diet seimbang dan terkontrol kalori. Serat jenis ini membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pengosongan lambung.
Periset membandingkan efek suplemen glucomannan dengan suplemen guar gum.Mereka menemukan bahwa suplemen glukomanan meningkatkan penurunan berat badan sedangkan suplemen guar gum tidak.
Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari diet serat tinggi, termasuk menggunakan konjak, untuk menurunkan berat badan.

3. Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi berarti orang lebih cenderung mengalami penyakit jantung atau terkena stroke . Serat larut air direkomendasikan untuk membantu pengelolaan kolesterol dan berat badan.
Suplemen glukomanan dapat membantu orang untuk menjaga kadar kolesterol mereka di cek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa glucomannan memiliki efek menguntungkan pada kadar kolesterol keseluruhan.
Sebuah studi lebih lanjut pada tahun 2017melihat dosis gllucomannan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kadar kolesterol. Periset menemukan 3 gram per hari menjadi dosis yang menguntungkan.

4. Konstipasi

Mengambil suplemen glukomanan dapat membantu mengatur pergerakan usus seseorang dan mencegahnya menjadi sembelit.
Sebuah studi di tahun 2006 menemukan bahwa dosis sederhana gllucomannan memperbaiki pergerakan usus pada orang dewasa sebesar 30 persen. Peneliti juga menemukan suplemen serat makanan larut membantu memperbaiki kesehatan usus pada orang yang mengalami konstipasi .
Sebuah tinjauan baru-baru ini dari tahun 2017 menemukan bahwa mengkonsumsi glukomanan meningkatkan frekuensi pergerakan usus pada anak-anak dengan konstipasi.
Namun, periset mencatat bahwa mengkonsumsi glukomanan tidak selalu memperbaiki konsistensi tinja atau tingkat keberhasilan pengobatan secara keseluruhan.

5. Kulit sehat

Glucomannan juga dapat membantu orang yang ingin memperbaiki kesehatan kulit mereka.
Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa glucomannan mungkin bermanfaat sebagai terapi topikal untuk jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

6. Penyembuhan luka

Serta mendukung kesehatan kulit, glucomannan juga bisa membantu tubuh menyembuhkan luka lebih cepat.
Sebuah studi tahun 2015 pada tikus menemukan bahwa suplemen glukomanan dapat mendorong penyembuhan luka karena cara mereka mendukung sistem kekebalan tubuh. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan bahwa glucomannan efektif untuk penyembuhan luka pada manusia.

Cara menggunakan konjac

Suplemen diet Glucomannan yang terbuat dari konjak tersedia di sebagian besar toko makanan kesehatan. Dosis konjac yang tepat yang harus diambil seseorang bergantung pada alasan mengapa mereka menggunakannya, serta usia dan kesehatan mereka secara keseluruhan.
Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) tidak mengatur suplemen konjac, jadi penting untuk membelinya dari pengecer terkemuka.
Bubuk yang terbuat dari konjac corms terkadang digunakan sebagai alternatif makanan laut dalam makanan vegan.
Konjac juga digunakan untuk membuat spons wajah bagi orang yang ingin memanfaatkan manfaat kesehatan yang dimilikinya untuk kulit.
Produk konjac lainnya meliputi:
  • buah jeli
  • tepung
  • Mie

Resiko dan pertimbangan

Saat dimakan sebagai buah jeli, konjak bisa menimbulkan risiko tersedak, terutama pada anak-anak. Hal ini karena menyerap banyak air dan tidak larut dengan mudah.Penting untuk mengunyah konjac jelly secara menyeluruh untuk memastikan bisa mudah tertelan.
Suplemen konjac dapat berdampak pada kadar gula darah, sehingga penderita diabetes harus berbicara dengan dokter sebelum menggunakannya.
Karena cara konjak mempengaruhi usus dan mengurangi sembelit, beberapa orang mungkin mengalami diare saat mereka mengkonsumsi suplemen konjak.

Bawa pulang

Produk Konjac memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Mereka dapat membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol tetap rendah, memperbaiki kesehatan kulit dan usus, membantu menyembuhkan luka, dan meningkatkan penurunan berat badan.
Seperti halnya semua suplemen diet yang tidak diatur, yang terbaik adalah berbicara dengan dokter sebelum mengkonsumsi konjak. Seseorang juga harus mendiskusikan konjak dengan dokter sebelum memberikannya kepada anak untuk konstipasi atau masalah lainnya. Konjac harus selalu dikonsumsi dengan air untuk menghindari bahaya tersedak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa manfaat dari konjak?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel