10 makanan yang mudah dicerna

KUTULIS INFOMakanan tertentu cenderung lebih mudah dicerna daripada yang lain, sesuatu yang kebanyakan kita alami untuk diri kita sendiri. Meski tubuh membutuhkan berbagai nutrisi, termasuk serat, protein, dan lemak, beberapa makanan yang mengandung ini bisa berkontribusi pada masalah perut.
Contoh teka-teki ini adalah makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran dan gandum, tapi yang mungkin lebih sulit dicerna daripada karbohidrat sederhana.
Selain itu, makanan berlemak dan beberapa protein berbasis hewan memerlukan waktu bagi tubuh untuk memecah dan bisa berarti kerja keras untuk sistem pencernaan.
Jadi, makanan yang baik untuk seseorang sering kebalikan dari apa yang bisa mereka nikmati saat mereka menderita penyakit akut.
Pada artikel ini, kita melihat 10 makanan mudah dicerna yang dapat membantu orang yang mengalami atau pulih dari penyakit.


Isi dari artikel ini:
  1. Sepuluh makanan mudah dicerna
  2. Kondisi makanan yang mudah dicerna dapat membantu
  3. Makanan yang umumnya menyebabkan gangguan pencernaan
  4. Bawa pulang

Sepuluh makanan mudah dicerna

Makanan yang tercantum di bawah ini biasanya lebih mudah dicerna daripada makanan lain yang lebih kompleks yang membutuhkan energi dalam jumlah yang lebih banyak untuk dipecah.

1. Roti panggang

Roti panggang seringkali merupakan makanan pokok yang hambar. Salah satu alasannya adalah bahwa hal itu cenderung mudah bagi perut dan usus untuk mencerna.
Roti panggang bisa membantu mengurangi mual dan mengurangi sakit maag . Tapi tidak semua roti adalah sama.
Roti gandum utuh mengandung serat tinggi dan bisa sulit bagi beberapa orang untuk dicerna. Jadi, untuk menghindari masalah pencernaan, seseorang bisa menempel roti putih dan melewatkan mentega saat mereka tidak sehat.
Jika seseorang memiliki intoleransi terhadap makanan yang mengandung gandum atau gluten, mereka dapat memilih roti gandum atau pilihan roti bebas gluten.

2. nasi putih

Beras adalah butiran yang merupakan sumber energi yang baik untuk kebutuhan tubuh. Tapi tidak semua biji-bijian mudah dicerna. Serat tinggi, seperti beras merah, bisa berkontribusi pada masalah pencernaan, seperti diare , kembung, dan gas.
Saat mencari biji-bijian yang mudah di sistem pencernaan, nasi putih daripada nasi merah bisa menjadi pilihan yang lebih baik yang juga akan memberi karbohidrat untuk energi.

3. Kacang asin

Biskuit garam sering disarankan untuk mengobati mual dan gangguan pencernaan , serta morning sickness . Kerupuk mengandung karbohidrat untuk energi dan hambar, yang membuat mereka mudah digunakan untuk pencernaan.

4. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik yang bisa dicerna dengan mudah oleh kebanyakan orang. Pada pisang matang, karbohidrat ini bahkan lebih mudah diakses.
Pisang juga merupakan pilihan yang baik karena mereka menyediakan tubuh dengan potasium , yang bisa hilang saat diare.

5. saus apel

Buah adalah bagian dari makanan sehat.Tapi karena kandungan seratnya, bisa menyebabkan masalah pencernaan.Applesauce adalah pilihan yang sangat baik untuk sumber buah yang lebih mudah dicerna. Meski mengandung beberapa serat, ia memiliki kurang dari satu apel utuh yang bisa lebih keras di perut.
Juga, saus apel mengandung pektin, yang merupakan serat larut yang bisa membantu mengobati diare.
Gula dan karbohidrat juga memberi dorongan energi.
Apel dan saus apel mengandung karbohidrat yang dapat difermentasi atau gula yang baik yang memberi makan bakteri usus, namun ini bisa memperparah gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Jika seseorang memiliki IBS, mereka bisa mengganti apel dengan blueberry atau anggur.

6. Telur

Telur menyediakan protein dan mineral yang membantu menjaga kesehatan tubuh.Telur orak-arik lembut, sederhana dan mudah dipecah, yang membuat mereka menguntungkan bagi orang yang terkena virus perut atau peradangan mual.
Baik putih dan kuning telur biasanya ditoleransi dengan baik dan mudah dicerna.

7. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber serat larut yang baik, yang bisa lebih mudah pada sistem pencernaan daripada serat yang tidak larut.Selanjutnya, serat larut meningkatkan bakteri baik di usus, yang berkontribusi terhadap sistem pencernaan yang sehat.
Sekali lagi, ubi jalar mengandung potasium, yang merupakan elektrolit yang sering hilang saat gangguan pencernaan.

8. Ayam

Ayam menyediakan sumber protein tanpa lemak yang baik, yang membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri.
Ayam cenderung mudah dicerna. Ini juga tidak mengandung serat, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk orang-orang dengan masalah pencernaan, seperti IBS.
Cara terbaik adalah tetap berpegang pada ayam tanpa kulit yang telah dipanggang atau dipanggang daripada digoreng. Dalam kasus ayam goreng, minyak bisa menyebabkan sakit perut dan memperparah masalah pencernaan.

9. Salmon

Salmon adalah pilihan yang sangat baik saat mempertimbangkan ikan yang mudah dicerna. Tingginya protein asam lemak omega-3 dan anti-inflamasi. Salmon panggang biasanya merupakan cara terbaik untuk melayaninya agar pencernaan tetap sederhana.

10. Gelatin

Gelatin sering merupakan makanan pertama yang bisa dimakan seseorang di rumah sakit setelah operasi. Mudah pada sistem pencernaan dan bisa membantu mengobati dehidrasi yang berhubungan dengan muntah dan diare.
Gelatin juga tidak mengandung minyak atau lemak dan merupakan tekstur sederhana yang turun dengan lancar.

Kondisi makanan yang mudah dicerna dapat membantu

Berbagai kondisi usus dapat menyebabkan masalah pencernaan. Memilih makanan yang mudah dicerna dapat membantu meringankan beberapa gejala yang dapat dialami seseorang dan mencegah orang lain berkembang.
Makanan yang mudah dicerna mungkin sangat membantu untuk masalah pencernaan berikut ini:
  • operasi usus
  • flu perut
  • IBS
  • mulas
  • diare
  • gangguan pencernaan

Makanan yang umumnya menyebabkan gangguan pencernaan

Alergi dan intoleransi adalah dua indikator terbaik untuk makanan yang kurang dicerna, dan bervariasi dari orang ke orang.
Misalnya, susu dapat menyebabkan masalah pencernaan pada orang yang tidak toleran terhadap laktosa dan memiliki masalah mencerna gula yang terdapat pada produk susu.
Gluten, yang merupakan protein yang ditemukan dalam gandum hitam, jelai, dan gandum juga sulit bagi beberapa orang untuk dicerna. Biji-bijian lain mengandung lektin, yang merupakan protein yang mungkin juga bermasalah.
Ketidakmampuan mencerna gluten dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk kembung, kram perut, dan diare.
Bahkan orang yang tidak memiliki kepekaan makanan mungkin menemukan makanan tertentu yang sulit dicerna daripada yang lain.
Jenis makanan berikut biasanya menyebabkan masalah pencernaan:
  • Makanan pedas : Makanan pedas, seperti paprika panas, bisa menyulitkan sistem pencernaan dan membuat sakit maag lebih buruk.
  • Makanan berlemak : Makananberlemak, seperti es krim, mentega dan daging merah dapat memperburuk diare dan berkontribusi pada kembung.
  • Makanan yang digoreng: Makanangorengan, seperti kentang goreng dan onion ring, sekali lagi mengandung lemak dan lemak tinggi, yang bisa menyebabkan kram perut, kembung dan diare.
  • Makanan asam: Makanan asam yang meliputi jeruk, tomat, dan jeruk bali bisa sulit dicerna dan bisa menyebabkan gejala pencernaan yang buruk.
  • Pemanis buatan dan alkohol gula : Mual, diare dan gejala pencernaan merupakan efek samping yang umum dari mengkonsumsi pemanis tambahan ini.

Bawa pulang

Tidak semua perut perut bereaksi dengan baik terhadap semua makanan yang mereka makan. Beberapa makanan mungkin sulit bagi orang-orang tertentu meski tidak mengganggu orang lain.
Makanan yang sulit dicerna bisa membuat gejala intoleransi dan alergi memburuk.Mungkin perlu sedikit trial and error untuk menentukan apa yang mengganggu dan mana yang tidak.
Ini membantu jika orang mengingat bahwa makanan tertentu mungkin bermanfaat bagi kesehatan mereka secara keseluruhan namun mungkin masih menyebabkan masalah pencernaan.
Penting bagi seseorang untuk mencegah gejala gangguan pencernaan mereka tanpa merobek nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka.
Sebelum seseorang menghilangkan kelompok makanan dari makanan mereka, mungkin akan sangat membantu jika berbicara dengan dokter untuk memastikan semua kebutuhan nutrisi mereka masih terpenuhi.
Bukan hanya makanan tertentu yang bisa menyebabkan masalah pencernaan.Kebiasaan makan yang buruk, seperti tidak mengunyah dengan baik, makan terlalu cepat, atau makan saat stres juga bisa menyumbang. Perlu diingat bahwa mempraktikkan kebiasaan makan yang baik dapat mengurangi keluhan pencernaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel