September 30, 2017

Fructooligosaccharides: Potensi manfaat dan risiko

KUTULIS INFOFructooligosaccharides adalah bentuk karbohidrat. Istilah sakarida adalah kata lain untuk gula, dan oligosakarida adalah molekul yang terdiri dari sekelompok kecil gula ini.
Fructo berasal dari akar kata yang berarti tanaman.
Ada beberapa manfaat potensial yang terkait dengan penggunaan fructooligosaccharides. Mungkin juga ada beberapa risiko dan efek samping dari penggunaannya.

Fructooligosaccharides

Fakta cepat tentang fructooligosaccharides:
  • Fructooligosaccharides adalah bentuk oligosakarida dan berasal dari sumber alami.
  • Rasa manis mereka membuat mereka menjadi pilihan umum bagi pemanis alternatif.
  • Terlalu sering menggunakan fructooligosaccharides dapat menyebabkan efek samping, termasuk gangguan pencernaan dan tekanan abdomen.
  • Secara umum, cara terbaik untuk menambahkannya pada diet adalah dengan mengonsumsi makanan bervariasi yang kaya akan keseluruhan makanan yang mengandungnya.

Pertama, bagaimana kata yang diucapkan?

Fructooligosaccharide sendiri bisa menjadi seteguk untuk dikatakan, dan mungkin membantu memecahnya.
Hal itu bisa diucapkan sebagai frook-tahl-ih-go-sack-uh-ride, dengan penekanan biasanya pada "tahl." Beruntung, ini sering disebut sebagai FOS.

Apakah bermanfaat sebagai pemanis alternatif?

Sebagai bahan makanan, FOS cocok dengan beberapa kategori yang berbeda.Ini adalah karbohidrat tapi biasanya terdaftar di bawah serat. Ini juga digunakan sebagai pemanis.
Sebuah catatan menarik tentang FOS adalah bahwa ia melewati usus yang belum tercerna.
FOS tidak menyebabkan lonjakan gula darah seseorang seperti pemanis lainnya, dan juga rendah kalori . Untuk alasan ini, FOS mungkin ideal untuk orang yang mencari pemanis alternatif.

Baca Juga : Diet golongan darah O positif (dan O negatif)

Manfaat lain dari FOS

Sementara FOS biasanya ditambahkan ke minuman, sirup, dan makanan, sebagai pemanis, ada juga banyak manfaat mengkonsumsi FOS termasuk:

Prebiotik

Kompleks FOS dianggap prebiotik. Tak perlu bingung dengan probiotik, prebiotik membantu memberi makan bakteri baik di dalam usus.
FOS sering digunakan dalam formula bayi untuk membantu memberi makan bakteri menguntungkan yang dibutuhkan usus.

Sumber serat larut

Serat larut membantu menyerap air di usus dan memberi kotoran secara konsisten. Peningkatan kadar serat larut dalam makanan dari FOS telah terbukti mengurangi atau menghilangkan masalah pencernaan, seperti sembelit atau diare .Efek pengaturan ini juga dapat disebabkan sebagian oleh FOS memberi makan bakteri baik di usus besar.

Menurunkan kolesterol

Sebuah tinjauan baru-baru ini di Acta Cirurgica Brasileira menemukan bahwa FOS dapat mengurangi kadar kolesterolpada penelitian hewan. Memperkenalkan FOS ke dalam diet yang dibatasi kalori juga membantu hewan-hewan ini untuk mengurangi penambahan berat badan.
Para peneliti mencatat kemungkinan suplementasi FOS baik untuk menurunkan kolesterol pada manusia juga.

Mengurangi gula darah

FOS mungkin juga menjadi berita bagus bagi penderita diabetes . Sebuah tinjauandi jurnal Nutrisi mencatat kemampuan potensial FOS untuk membantu menyeimbangkan gula darah seseorang.Para peneliti mengamati korelasi positif antara asupan FOS dan penurunan kadar glukosa serum.
Penggunaan FOS juga nampaknya merangsang sekresi insulin di pankreas.Diperlukan lebih banyak penelitian manusia untuk membuktikan temuan ini.

Baca Juga : Bagaimana agar otak Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia

Tidak memberi makan sel kanker

Sementara ada perdebatan seputar keamanan menggunakan pemanis, FOS mungkin tidak disertakan dalam campuran dalam beberapa kasus. FOS tidak bersifat karsinogenik, dan ini memiliki sedikit potensi untuk mengganggu atau merusak pertumbuhan sel normal. Mengkonsumsi FOS tidak akan memberi makan sel kanker atau berkontribusi pada pertumbuhannya.

Apa saja jenis yang tersedia?

Di alam, FOS ditemukan di berbagai tanaman, termasuk tanaman umum seperti:
  • pisang
  • artichoke
  • Bawang
  • chicory
  • Bawang putih
  • asparagus
  • akar yacon
  • agave biru
FOS juga banyak ditemukan di spesies tumbuhan lainnya.
FOS dipecah dalam berbagai cara, dan ini menghasilkan produk akhir yang berbeda yang memiliki kegunaan dan manfaat berbeda. FOS hadir dalam beberapa bentuk yang berbeda, dan masing-masing dapat digunakan untuk tujuan tertentu.

Sirup

Beberapa jenis FOS dipecah dan dibuat menjadi sirup. Contoh umum termasuk sirup akar yacon dan sirup agave biru. Ini bisa diencerkan dalam air dan diminum sebagai suplemen atau bisa ditambahkan kekuatan penuh untuk resep atau ditambahkan ke makanan dan minuman, sebagai pemanis.

Bubuk

Akar chicory adalah contoh paling umum dari makanan yang mengandung FOS berubah menjadi bubuk. Akar sawar biasa digunakan sebagai alternatif kopi .Mencampur sesendok ke air hangat memberi rasa yang sama terhadap kopi tanpa banyak rangsangan.

Ekstrak

Banyak jenis FOS lainnya dibuat menjadi ekstrak dengan berbagai kekuatan atau konsentrasi. Ini mungkin berasal dari sumber makanan utuh, seperti artichoke atau sawi putih. Mereka mungkin juga dibuat melalui proses kimia daripada melalui yang alami, yang mungkin membuat mereka kurang bermanfaat.

Efek samping dan faktor risiko penggunaan FOS

Efek samping potensial penggunaan FOS meliputi:
  • kram
  • mual
  • kembung
  • gas
  • diare
Beberapa orang mungkin lebih peka terhadap efek FOS. Pada orang-orang ini, efek samping bisa dirasakan bahkan setelah menggunakan sejumlah kecil FOS.Reaksi alergi bisa meliputi:
  • gatal di tenggorokan
  • bengkak di mata, wajah, dan mulut
  • pusing, pusing, dan pingsan
  • gatal -gatal, gatal, dan eksim
Reaksi alergi yang parah dapat menyebabkan syok anafilaksis , yang merupakan respons yang berpotensi fatal.Setiap tanda reaksi alergi adalah suatu penyebab untuk menghubungi dokter.
Orang dengan gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS) mungkin ingin menghindari penggunaan FOS, karena sistem pencernaan mereka mungkin tidak merespons efeknya dengan baik. Ada sedikit penelitian saat ini, bagaimanapun, tentang topik ini.
Karena bakteri pakan FOS, ada juga kemungkinan mereka bisa memberi makan bakteri yang tidak bersahabat di usus. Organisme tertentu, termasuk E. Coli dan K. Pneumonia , mungkin makan FOS dan menyebar di usus. Ini mungkin lebih mungkin terjadi jika mereka melemah.

Baca Juga : Pneumonia pada anak-anak: Gejala dan pengobatan

Haruskah pemanis digunakan sama sekali?

Perdebatan tentang penggunaan gula dan pemanis lainnya sedang berlangsung.
Menurut penelitian di Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutics , pemanis, seperti gula dan sirup jagung fruktosa tinggi, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan yang meliputi masalah obesitas dan gigi.Beberapa teori kontroversial menunjukkan bahwa gula juga berperan dalam beberapa penyakit degeneratif.
Pemanis alternatif menduplikat efek gula tanpa banyak kalori sehingga, secara teori, mereka harus sehat.
Susunan kimiawi banyak pemanis alternatif berbeda, dan penelitian baru saja mulai menggores permukaan pada kemungkinan manfaat kesehatan atau efek sampingnya. Sejumlah penelitian telah dilakukan pada pemanis ini, dengan berbagai hasil. Ada yang bilang mereka tidak berbahaya, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka harus benar-benar dihindari.
Sementara FOS dapat memberi beberapa orang pemanis bermanfaat atau bentuk prebiotik yang mudah untuk memperbaiki kesehatan usus mereka, mungkin tidak bijak untuk mengonsumsi ekstrak ini secara berlebihan.Mengkonsumsi makanan kaya makanan yang mengandung FOS mungkin cara terbaik untuk menikmati manfaat tanpa menelan kelebihannya.
Advertisement

No comments:

Post a Comment