Penelitian Membuktikan bahwa Yoga dapat membantu mengobati Depresi

KUTULIS INFO - Serangkaian studi baru membawa yoga selangkah lebih dekat untuk menjadi pengobatan yang dianjurkan untuk depresi, setelah menemukan bahwa latihan tersebut dapat membantu mengurangi gejala kondisi.

Diperkirakan sekitar 16,1 juta orang dewasa di Amerika Serikat telah mengalami setidaknya satu episode depresi dalam 12 bulan terakhir, membuat depresi menjadi salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum di negara ini.

Penelitian Membuktikan bahwa Yoga dapat membantu mengobati Depresi
Penelitian Membuktikan bahwa Yoga dapat membantu mengobati Depresi

Antidepresan tetap menjadi pengobatan utama untuk depresi, namun terapi ini mungkin tidak menguntungkan semua pasien. Diperkirakan sekitar 10 sampai 30 persen pasien dengan depresi gagal merespons antidepresan atau hanya mengalami perbaikan ringan yang dipasangkan dengan efek samping yang parah.


Dengan pemikiran ini, para periset sedang mencari intervensi baru yang dapat meningkatkan perawatan depresi saat ini. Bisakah yoga memenuhi kebutuhan ini?

Yoga adalah praktik pikiran-tubuh yang telah mengalami kenaikan popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut angka dari National Centre for Complementary and Integrative Health, sekitar 13 juta orang dewasa A.S. telah berlatih yoga dalam 12 bulan terakhir. Dari orang dewasa ini, 58 persen melaporkan berlatih yoga untuk membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Pengendalian nyeri punggung dan stres adalah salah satu alasan paling umum yang dikutip karena berlatih yoga, namun penelitian semakin menunjukkan bahwa hal itu juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi depresi.

Satu studi yang dilaporkan oleh Medical News Today tahun lalu, misalnya, berhubungan dengan yoga berbasis pernapasan dengan perbaikan gejala depresi pada sejumlah kecil pasien dengan kondisi tersebut.

Berbagai studi baru - yang dipresentasikan selama tiga sesi di Konvensi Tahunan ke 125 American Psychological Association, yang diadakan di Washington, DC - memberikan bukti lebih lanjut tentang asosiasi ini.

Manfaat bikram dan hatha yoga


Dalam sebuah penelitian - yang dilakukan oleh Lindsey Hopkins, Ph.D., dari San Francisco Veterans Affairs Medical Center di California, dan rekan - melibatkan 23 veteran laki-laki.

Dua kali seminggu untuk total 8 minggu, masing-masing peserta terlibat dalam sesi yoga hatha, yang merupakan jenis yoga yang berfokus pada kombinasi latihan fisik, meditasi, dan latihan pernapasan.

Para periset menemukan bahwa peserta yang memiliki skor tinggi pada skala depresi sebelum intervensi yoga 8 minggu menunjukkan penurunan skor depresi yang signifikan setelah 8 minggu.

Terlebih lagi, peserta ditemukan menikmati latihan ini, menilai kenikmatan sesi sebagai 9,4 pada skala 1 sampai 10.

Dalam studi lain terhadap 52 wanita berusia 25 sampai 45 tahun, Sarah Shallit - dari Alliant International University di San Francisco, CA - dan rekannya mengelompokkan lebih dari setengah peserta ke sesi yoga Bikram dua kali seminggu dengan total 8 minggu.

Bikram yoga - yang dipopulerkan pada tahun 1970an oleh guru yoga India Bikram Choudhury - adalah jenis yoga yang terdiri dari 26 postur.

Peserta studi yang tersisa menunggu daftar yoga Bikram selama 8 minggu, dan mereka bertindak sebagai kontrol.

Tingkat depresi kedua kelompok dinilai pada empat titik waktu: pada awal penelitian, pada minggu ke 3 dan 8, dan pada 1 minggu setelah sesi yoga berhenti.

Dibandingkan dengan kelompok kontrol, Shallit dan rekannya menemukan bahwa kelompok yoga Bikram mengalami penurunan gejala depresi yang signifikan.

Yoga dapat mengurangi depresi kronis


Studi lain yang dipresentasikan pada konvensi tersebut mengungkapkan bahwa yoga mungkin juga bermanfaat untuk depresi kronis, serta stres dan kecemasan.

Study co-author Nina Vollbehr, dari Center for Integrative Psychiatry di Belanda, dan rekan mendaftarkan 12 orang dewasa yang pernah hidup dengan depresi selama rata-rata 11 tahun.


Untuk penelitian ini, setiap peserta diminta untuk mengikuti program yoga, yang melibatkan sesi yoga 2,5 jam seminggu sekali selama 9 minggu.

Tingkat depresi, kecemasan, stres, ruminasi, dan kekhawatiran dinilai sebelum dan setelah program yoga, serta 4 bulan kemudian.

Para periset menemukan bahwa tingkat depresi, kegelisahan, dan stres menurun sepanjang program yoga, dan hasilnya tetap 4 bulan setelah program berhenti.

Sementara para peserta tidak melihat adanya penurunan dalam ruminasi dan kekhawatiran selama program yoga, ada penurunan di area ini 4 bulan setelah program berakhir.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi berbasis yoga menjanjikan mood tertekan dan mereka layak untuk pasien dengan depresi kronis yang tahan pengobatan," kata Vollbehr.

Secara keseluruhan, para periset percaya bahwa penelitian mereka menunjukkan bahwa yoga mungkin merupakan pilihan pengobatan yang layak untuk depresi, terutama bagi mereka yang mendapat respons buruk terhadap terapi saat ini.

"Pada saat ini, kita hanya bisa merekomendasikan yoga sebagai pendekatan pelengkap, yang kemungkinan paling efektif dalam hubungannya dengan pendekatan standar yang disampaikan oleh terapis berlisensi. Jelas, yoga bukanlah obat penyembuhan. Namun, berdasarkan bukti empiris, tampaknya ada Banyak potensi. " Lindsey Hopkins, Ph.D.

0 Response to "Penelitian Membuktikan bahwa Yoga dapat membantu mengobati Depresi"

Post a Comment