Kacang Hijau: Fakta, Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Penggunaan

Akhir-akhir ini, saya telah melihat banyak kacang hijau di pasar petani. Mereka "musim" sepanjang tahun ini - dari musim panas sampai awal musim gugur. Saya sangat suka mengukus dan menumisnya dengan bawang putih, garam, dan bumbu lainnya.

Jika Anda menikmatinya sama seperti saya, Anda akan senang mendengar tentang nutrisi kacang hijau.

Kacang Hijau: Fakta, Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Penggunaan

Mereka mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Akibatnya, kacang hijau bermanfaat untuk mencegah dan melawan kanker, mengelola diabetes, melindungi terhadap penyakit jantung, dan banyak lagi.

Artikel ini adalah panduan untuk segala hal tentang kacang hijau, termasuk sejarah, manfaat kesehatan, dan cara menggunakannya.

Fakta Menarik dan Sejarah Kacang Hijau


Kacang hijau termasuk dalam klasifikasi Phaseolus vulgaris dari kacang, yang merupakan jenis kacang-kacangan. Klasifikasi ini berasal dari famili Fabaceae.

Meski nama ilmiah mereka adalah Phaseolus vulgaris, nama pastinya juga mengacu pada jenis kacang lainnya, termasuk pinto, ginjal, putih, dan merah.

Kacang hijau juga disebut kacang snap atau kacang panjang. Ada lebih dari 130 jenis kacang hijau yang terbagi dalam dua kategori: tiang dan semak.

Biji hijau yang paling umum Anda mungkin akan melihat di pasar adalah kacang hijau Perancis atau haricot vert. Ini memiliki polong panjang, tipis, dan lembut.

Kacang dan kacang merupakan bagian yang dapat dimakan dari kacang hijau. Dengan mengatakan bahwa, mereka bukan satu-satunya bagian tanaman kacang hijau. Ada juga bunga yang bisa ungu, pink, atau putih, dan hijau atau daun ungu.

Kacang hijau berasal dari Peru sekitar 7.000 tahun yang lalu, dan hari ini diproduksi di seluruh dunia.

Produsen utama termasuk China, India, dan Indonesia, sementara jumlah besar juga diproduksi di Asia. 

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan, kacang hijau juga membunuh jamur yang bertanggung jawab atas banyak jenis tanaman mati.

Nutrisi Kacang Hijau


Apa fakta nutrisi kacang hijau kunci? Mereka mengandung sejumlah tinggi berbagai protein, karotenoid, dan antioksidan lainnya.

Kacang hijau juga tinggi serat dan zat gizi mikro penting. Secara khusus, mereka adalah sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, dan mangan yang sangat baik.

Kacang hijau juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, potasium, besi, dan magnesium yang layak. Ada juga jejak jumlah vitamin B5, kalsium, seng, tembaga, dan selenium.

Berikut ini adalah grafik nutrisi kacang hijau komprehensif dengan informasi untuk satu cangkir kacang hijau mentah atau 110 gram (g) kacang-kacangan.

Kacang Hijau: Fakta, Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Penggunaan
Kacang Hijau: Fakta, Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Penggunaan


4 Manfaat Kesehatan Utama Kacang Hijau


Apa manfaat kesehatan kacang hijau? Sebagai permulaan, kandungan vitamin K yang tinggi di dalamnya dapat membantu Anda membangun dan mempertahankan tulang yang kuat.

Serat dalam kacang hijau melindungi lapisan saluran cerna akibat kerusakan, sehingga membantu mencegah berbagai masalah pencernaan. Pada saat yang sama, kacang hijau dan kacang polong, secara umum, merupakan sumber nutrisi yang hebat bagi orang-orang yang berisiko mengalami infertilitas karena mengandung kadar zat besi dan folat yang signifikan.

Kacang hijau dikenal dengan sifat anti-inflamasi, antimikroba, neuroprotektif, dan antidiabetes.

Akibatnya, mereka berperan dalam mencegah dan melawan kanker, mengelola diabetes dan masalah berat terkait, melindungi jantung dari penyakit, dan mengurangi penyebaran HIV (human immunodeficiency virus).

Mari kita lebih lanjut memeriksa manfaat kesehatan mereka yang mengesankan.

1. Mencegah dan Melawan Pertumbuhan Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau dapat mencegah dan menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker. Sebagian, hal ini disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Sebuah ikhtisar penelitian menemukan bahwa aktivitas anticarcinogenic kacang dikaitkan dengan pati tahan, serat larut dan larut, senyawa fenolik, protease inhibitor, saponin, dan asam fitat.

Konsumsi kacang hijau secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar, payudara, dan prostat. Dan memakan varietas Phaseolus vulgaris yang berbeda terkait dengan memperlambat atau menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, leukemia, dan limfoma.

Beberapa nutrisi dalam sayuran hijau mengandung sifat melawan kanker, termasuk anti karotenoid antioksidan yang disebut lutein, serta vitamin C dan vitamin K.

2. Mengatur Diabetes dan Masalah Berat

Kacang hijau dianggap rendah pada indeks glikemik.

Diet glikemik rendah membantu mengatur sensitivitas insulin. Akibatnya, mereka dapat membantu Anda mengelola diabetes, dan merupakan tambahan yang disambut baik terhadap rencana diet diabetes.

Makanan hipoglikemik seperti kacang hijau telah ditemukan untuk mengurangi kurva toleransi glukosa hampir lima persen lebih banyak daripada obat yang paling umum yang diresepkan untuk diabetes. 

Sebuah studi yang dipublikasikan di Plant Foods for Human Nutrition pada tahun 2013 menemukan bahwa ketika kacang dimasak diberikan pada tikus diabetes, ada penurunan gula darah yang signifikan sesuai dengan perlindungan sel beta di pankreas. Penderita diabetes sering mengalami kerusakan sel beta di pankreas, sedangkan sel-sel ini berarti tubuh memproduksi lebih sedikit insulin dan gagal melepaskan insulin yang sudah ada di dalam tubuh.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kacang-kacangan pada spesies Phaseolus vulgaris dapat mengurangi peradangan yang berhubungan dengan diabetes.

Kacang hijau juga bisa membantu menurunkan berat badan bila ditambahkan ke diet seimbang. Hal itu dilakukan dengan mengurangi kadar gula darah dan membuat Anda merasa kenyang dengan memperlambat sekresi hormon kelaparan yang disebut ghrelin.

3. Melindungi Hati

Konsumsi kacang-kacangan empat kali atau lebih setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 22% dibandingkan dengan memakannya hanya sekali seminggu, menurut penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2006.

Studi lain menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga perempat cangkir kacang setiap hari dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 38%.

Kacang hijau juga mengandung vitamin K dan lutein, yang bisa melindungi jantung. Vitamin K mencegah endapan kalsium besar dari kalsifikasi arteri. Tingkat lutein rendah terkait dengan pengerasan dinding arteri, sedangkan lutein tinggi dalam darah mengurangi serangan jantung dan penyakit koroner.

4. Mengurangi Penyebaran HIV

Sebuah studi yang dipublikasikan di Phytomedicine pada tahun 2010 meneliti efek dari nutrisi spesifik yang disebut hemaglutinin dalam kacang hijau Prancis pada jamur, tumor, dan HIV. Kacang hijau memiliki efek positif pada ketiganya, namun efek yang paling menarik adalah bagaimana mereka menghambat HIV.

Kacang hijau Prancis secara signifikan menghambat reverse transcription pada sel HIV-1, yang merupakan HIV paling umum ditemukan di seluruh dunia. Studi tersebut menunjukkan bahwa kacang hijau, bersama dengan terapi antiretroviral dan makanan berkelahi HIV lainnya seperti spirulina, dapat menjadi bagian dari solusi pengobatan jangka panjang untuk pasien HIV.

Ketika tidak diobati, HIV dapat berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

Cara Menggunakan Kacang Hijau


Pasar petani lokal adalah tempat terbaik untuk menemukan kacang hijau organik. Carilah kacang dengan warna hijau yang semarak dan tekstur yang halus. Kacang Anda harus bebas dari bercak coklat atau memar.

Kacang hijau yang baik akan kencang dan membuat suara gertakan saat Anda membukanya. Kacang yang tidak dicuci dan segar akan disimpan di kulkas Anda dalam kantong plastik selama sekitar satu minggu.

Anda juga bisa menjaga nilai gizi dari pembekuan kacang hijau hingga enam bulan. Pendekatan yang baik adalah mengepul kacang segar dan membiarkannya dingin dan kering sebelum membekukannya. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membeli frozen green beans jika membeli segar bukan pilihan.

Ada banyak cara untuk memasak dengan kacang hijau. Tapi sebelum memasaknya, jalankan di bawah air dingin dan potong ujungnya.

Mengukus kacang hijau adalah metode persiapan yang paling umum. Setelah mengukus, saya juga suka menumisnya di ghee dan bawang putih.

Simak resep sederhana saya di bawah ini.

Sautéed Bawang Putih Resep Kacang Hijau
Bahan:
  • 1 pon kacang hijau organik segar
  • 3 sendok makan ghee atau mentega organik yang diberi makan rumput
  • 3 siung bawang putih besar
  • Pilihan rempah-rempah: garam laut kasar, lada, oregano, thyme, rosemary, dan sage

Petunjuk :
Kacang yang diolah dengan uap selama delapan sampai 10 menit, atau sampai lunak.

Mencairkan ghee dan cengkeh bawang putih. Lalu tambahkan kacang dan bumbu kukus. Tumis sampai semuanya tergabung dengan baik bersama.

Sajikan sebagai sisi makanan.

Potensi Efek Samping Kacang Hijau


Ada banyak manfaat kesehatan kacang hijau, namun adakah efek samping yang perlu dipertimbangkan?

Nah, mereka mengandung asam oksalat, yang bisa mengkristal dan menyebabkan batu di saluran kemih.

Jadi, yang terbaik adalah minum banyak air untuk membantu mengurangi risiko batu.

Orang dengan kondisi yang menyebabkan kekurangan mineral mungkin ingin membatasi asupan kacang hijau mereka. Alasannya adalah jumlah kecil asam phytic di dalamnya. Memasak kacang hijau atau menghindarinya mentah juga bisa menurunkan jumlah asam fitat yang Anda pertahankan.

Beberapa orang mungkin juga alergi terhadap kacang polong seperti kacang hijau. Berhenti makan mereka segera dan konsultasikan ke dokter jika Anda mencurigai Anda alergi atau sensitif terhadapnya.

Kesimpulan tentang Kacang Hijau


Apa yang harus Anda ambil dengan Anda tentang profil kacang hijau ini? Berikut adalah beberapa poin penting:
Kacang hijau merupakan sumber serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan mangan yang sangat baik.

Antioksidan dalam kacang hijau membantu melawan penyakit seperti kanker, diabetes, HIV, dan penyakit jantung.

Kacang hijau segar dan organik terbaik "musim" di pasar petani mulai musim panas sampai musim gugur yang akan datang.

Kacang hijau paling sering dikukus, tapi Anda juga bisa menumisnya dengan bawang putih, ghee atau mentega, dan bumbu lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kacang Hijau: Fakta, Nutrisi, Manfaat Kesehatan, dan Cara Penggunaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel